Waspadalah !! 7 Simbol Bahan Kimia Berbahaya Disekitar Anda

5 (100%) 1 vote[s]

Waspadalah !! 7 Simbol Bahan Kimia Berbahaya Disekitar Anda

7 simbol bahan kimia berbahaya – dewasa ini ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang pesat. Dengan begitu, sejumlah penelitian pun semakin banyak dijalankan di beragam penjuru dunia bagi para ilmuan maupun mahasiswa untuk menciptakan penemuan yang baru. Pada sejumlah penelitian berhubungan dan tak lepas dari bahan kimia yang dipakai menjadi bahan penunjang penelitian tersebut sendiri.

Sebuah symbol merupakan jalan keluar paling baik sebagai pembeda antara bahan kimia yang dianggap berbahaya dan tidak berbahaya. Untuk yang berbahaya ini akan memicu pada kesehatan kita bahkan pada kematian. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan tentang 7 simbol bahan kimia berbahaya.

Symbol symbol bahan kimia yang berbebahaya tersebut adalah sebagai berikut :

1. Dangerous for environmental

Symbol ini mengilustrasikan sebuah symbol bahan kimia dengan arti yang menyatakan berbahaya bagi lingkungan. Sehingga, bahan kimia ini memiliki dampak dengan kurun waktu lama sehingga berefek buruk bagi kelangsungan ekologi (yakni pencemaran air, udara, tanah serta mikroorganisme disekelilingnya).
Contoh bahan kimia ini kadang berhubungam dengan tributil timah klorida, tetraklorometan, dan petroleum hidrokarbon (petroleum bensin dan pentane).

2. Coorsive (korosif)

Symbol ini diartikan sebagai symbol bahwa terdapat dampak yang dapat merusak jairngan sebab memiliki sifat yang korosif. Tingkat keasaman dapat dijadikan tolok ukur guna mengetahui karakteristik bahan kimia itu, jadi dapat secara mudah diartikan.

Baca Juga :  Larutan Elektrolit : Pengertian, Ciri, Macam Beserta Contohnya Terlengkap

Contoh bahan kimia yang biasanya dipakai misalnya asam mineral (H2SO4 dan HCl), basa (larutan NaOH), lalu klor dan belerang oksida. Hindari kontak secara langsung pada bahan kimia tersebut, hingga jangan menghirupnya sebab dapat mengganggu kesehatan kita.

3. Harmful irritant (bahaya iritasi)

Symbol ini menggambarkan pada suatu symbol bahan kimia yang diartikan menjadi symbol dengan dapat yang dapat merusak kesehatan. Bahan kimia tersebut dalam kehidupan sehari hari paling popular dengan dua kode yakni kode Xi/ kode Xn.

Mengenai risiko kesehatan ditunjukkan menggunakan kode Xn yang termasuk kode bias dengan menunjukkan risiko khusus dalam pernapasan serta kontak langsung dengan bahan kimia ini, misalnya peridin. Sementara Xi bias mengakibatkan risiko inflamasi misalnya ammonia serta benzyl klorida. Lalu sejumlah bahan kimia yang mempunyai sifat harmful irritant ialah etilen glikol, tissue destroying substances dan diklorometan.

4. Toxin (beracun)

Symbol ini mengilustrasikan dengan arti menjadi symbol yang menyatakan dapat meracuni. Dampak yang diakibatkan terhadap keracunan ini kadang memiliki sifat akut dan kronis, dan yang sangat parah yakni memicu kematian. Proses keracunan tersbeut terkadang melewati mulut, alat pernapasan maupun kontak langsung.

Nah, usahakan bagi kalian untuk memperhatikan keselamatan diri bila bekerja di area tempat dengan berdampingan bahan bahan kimia ini. pastikan pula untuk selalu memakai masker ketika beraktifitas. Contoh bahan kimia ini yakni arsen triklorida & erkuri klorida, sloven sloven (methanol toksik) & benzene (karsinogenik dan toksik).

5. Flammable (mudah terbakar)

Di symbol ini diartikan menjadi symbol dengan pernyataan mudah terbakar. Jadi bahan tersebut biar sehingga memicu kebakaran akibat ledakan bila berinteraksi maupun bereaksi langsung dengan oksigen (O2).
Flammable dalam kehidupan seharinya dibedakan jadi 2 kategori yakni highly flammable (sangat mudah terbakar) dan extremely flammable (amat sangat mudah terbakar). Wujud bahan ini kadang dalam bentuk gas.
Adapun sejumlah contoh bahan yang sifatya flammable bisa digolongkan sebagai berikut :

  • Zat terbakar langsung – contoh aluminium alkli fosfor.
    Keamanannya dengan menghindari kontak bahan udara
  • Gas amat mudah terbakar – contoh propane dan butane.
    Keamananannya dengan mengindari kontak bahan dengan sumber api dan udara
  • Cairan mudah terbakar – contoh benzene dan aseton.
    Keamanannya dengan menjauhkan dari loncatan bunga api atau sumber api
  • Zat sensitive pada air ialah zat membentuk gas mudah terbakar jika terkena api dan air.
Baca Juga :  Hormon Luteinizing : Pengertian, Cara Kerja dan Fungsinya Lengkap

6. Oxiding (mudah terokdasi)

Symbol ini diartikan menjadi symbol yang menyatakan bahwa bahan tersebut memiliki sifat mudah terbakar dan mudah menguap lewat oksidasi. Bahannya kimia ini ialah yang mudah menghasilkan oksigen. Pada proses penghasilan oksigen, bahan tersebut membutuhkan panas maupun pada suhu kamar.
Peralatan pemadam kebakaran terkadang tidak efektif saat proses pemadaman kebakaran sebab dari bahan kimia tersebut. Alasannya yakni oksigen dapat membuat oksigennya sendiri. Contoh bahan kimia ini seperti hydrogen peroksida serta kalium perklorat.

7. Explosive (mudah meledak)

Symbol ini merupakan sebuah symbol kimia terakhir yang kada diartikan menjadi symbol bahwa bahan bahan tersebut ialah bahan yang mudah meledak (explosive). Bahan bahan tersebut dapat meledak bila mengalami pukulan maupun benturan, gesekan, pemanasan serta reaksi dengan bahan kimia lainnya maupun dikarenakan terdapat interaksi dengan langsung pada sumber percikan api.

Contoh contoh dari bahan kimia tersebut kadang yang memiliki sfat explosive mislanya TNT, nitroselulosa, dan ammonium nitrat. Di dalam dunia kerja, kadang perlu ada pelatihan khusus terlebih dulu tentang perlakukan pada bahan bahan kimia tersebut supaya tidak beresiko mengalami ledakan sampai bisa memicu hal hal yang tidak diharapkan.

Sampai disini dulu, jadi itu pembahasan tentang 7 simbol bahan kimia berbahaya. Diantaranya seperti dangerous for environmental (yakni bahan berbahaya bagi lingkungan), harmful irritant (bahaya iritasi, corrosive (korosif), toxic (beracun), oxidizing (mudah teroksidasi), flammable (mudah terbakar), serta explosive (mudah meledak). Semoga dengan adanya tulisan ini maka kalian dapat berwaspada dengan bahan bahan berbahaya di sekitar lingkungan kalian. Terima kasih.

Baca juga:

Baca Juga :  Sebab Badan Menggigil Saat Kedinginan Secara Biologi

/* */