Vitamin K : Pengertian, Cara Kerja, Fungsi dan Dampak Kekurangannya

5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian Vitamin K, Cara Kerja Dan Fungsinya Terlengkap

Vitamin K : Cara kerja dan fungsinya – seperti yang kita ketahui bahwa ada sejumlah jenis vitamin yang berperan penting bagi tubuh kita. Misalnya seperti vitamin A ini baik bagi mata, lalu E untuk kulit serta D bagi tulang dan gigi. Tetapi, tak banyak orang yang tau pentingnya vitamin K untuk tubuh kita. Oleh karena itu, disini akan kita kupas tentang vitamin K : cara kerja dan fungsinya.

Vitamin K seyogyanga sangat berperan penting untuk menjaga berbagai organ penting di dalam tubuh kita. Vitamin K adalah salah satu jenis vitamin yang bersifat larut dalam lemak. Vitamin K adalah senyawa dalam tubuh yang terdiri atas struktur kimia 2 – metik dan 1 – 4 naphthoquinone.

Dikarenakan larut di dalam lemak, sehingga tubuh pun dapat menyimpan vitamin ini di dalam organ hati dan jaringan lemak yang terdapat dalam tubuh kalian semua. Vitamin yang ini berperan penting dalam tubuh khususnya dalam hal proses pembekuan darah di dalam tubuh.

Cara Kerja Vitamin K Dalam Tubuh

Adapun cara kerjanya dari vitamin K dalam tubuh ialah sebagai berikut :
Vitamin K diperlukan untuk dikarboksilasi yang berasal dari asam glutamate jadi asam gamma karboksiglutamat. Nah, inilah nanti asam gamma karboksiglutamat akan berperan dalam mengikat Ca2+ serta penarikan dari sejumlah faktor koagulasi golongan protombin yang dulu katanya bermanfaat dalam sistem membekukan darah dalam tubuh.

Fungsi Vitamin K Dalam Tubuh

Adapun sejumlah jenis dari fungsi maupun peranan vitamin K untuk tubuh diantaranya :

  1. Membantu proses pembekuan darah
    Fungsi pertama ini penting dalam membekukan darah khususnya dalam prothrombium. Proses disini akan membantu dalam proses pengerasan arteri sebab kekuarangan dari vitamin K. proses pembekuan darah nantinya akan mengalami secara terus menerus di dalam tubuh lewat pembuluh darah.
  2. Menurunkan risikon dari pendarahan dalam tubuh
    Mengenai fungsi kedua ialah menurunkan risiko dari pendarahan dalam tubuh. viamin K ini pun berperan penting guna mencegah pendarahan khususnya dalam organ hati. Vitamin K ini pun membantu tubuh guna dapat memperoleh nutrisi yang cukup di dalam tubuh, mengurangi adanya dampak negative akibat antibiotic dan seluruh masalah maupun virus yang akan menyerang sistem pencernaan.
  3. Menurunkan risiko dari penyakit kanker
    Fungsi yang ketiga ini vitamin K akan masuk di dalam tubuh kita dan akan membantu proses pengaturan dari gula darah dan darah tubuh kita. Bahkan vitamin K dapat membantu pancreas guna menghasilkan hormone insulin untuk membantu menurunkan kadar gula darah.
  4. Mengurangi mual untuk ibu hamil
    Vitamin K juga berfungsi sebagai pertahanan bagi ibu hamil, yakni mengurangi rasa mual. Ibu hami yang memasuki trimester pertama kadang muntah dan mual. Nah inilah fungsi dari vitamin K.
    Selain itu manfaat lainnya ialah mencegah pendarahan lebih, melindungi jantung, membangun tulang, mencegah penyakit alzhemair, meningkatkan sensivitas insulin, mencegah antioksidan, menguatkan imun, dan meredakan nyeri haid.
Baca Juga :  Sistem Sirkulasi pada Manusia : darah, pembuluh darah, dan transfusi darah

Sumber Vitamin K

Pada dasarnya ada 3 jenis vitamin K, yakni K1, K2 dan K3 (buatan manusia). Vitamin K didapat dari sayuran daun hijau seperti bayam, kale, asparagus, peterseli, kubis, asparagus, seledri dan sage ataupun sayuran lain yang berjenis kacang-kacangan serta kedelai.

Sedangkan K2 dapat diperoleh dari daging, keju, telur maupun makanan dari hasil vermentasi. Vitamin K mempunyai sifat larut di dalam lemak, jadi sebaiknya mengonsumsi bersama dengan makanana yang ada kandungannya lemak guna memudahkan penyerapannya.

Vitamin K pun bisa didapatkan dari kurma, minyak zaitun, miso sup, timun, daun bawang, merica hitam, oregano, wortel, cengkeh, serta terong dan cabe, paprika. Buah-buahan yang ada kandungannya vitamin K antara lain anggur, alpukat, kiwi, tomat, blueberry, raspberry, pear, strawberry hingga cranberry, plum. Oleh karena itu dokter akan menyarankan perempuan yang sedang datang bulan memakan buah strawberry guna memperlancar darah dan bebas nyeri.

Efek Kekurangan Vitamin K

Meski tidak dikonsumsi berbentuk suplemen salam setiap harinya, tetapi tubuh akan membutuhkan asupan vitamin K cukup lewat makanan. Orang dewasa jarang yang kekurangan vitamin K, tetapi tidak berrarti bahwa hal ini tidak mungkin terjadi. Lantas apa yang akan terjadi jika tubuh kekurangan vitamin K?
Hal ini akan memicu sejumlah gangguan diantaranya :

  1. Kesemutan sampai mati rasa
  2. Kerusakan sel tubuh sebab oksidasi
  3. Kanker
  4. Merosonya fungsi serta aktivitas tubuh
  5. Nafsu makan menjadi berkurang
  6. Sesak nafas
  7. Gangguan emosional misalnya seperti cemas, tersinggung dan gampang mara
  8. Organ hati maupun wajah ada yang bengkak
  9. Otot kaku
  10. Kulit menjadi kemerana
  11. Sakit kepala sebab tekanan darah turun
  12. Melemahnya detak jantung
  13. Pingsan
  14. Susah menelan
  15. Muncul keringat berlebih

Itulah pembahasan tentang vitamin K : cara kerja dan fungsinya. Dengan mengetahui kepentingan vitamin K ini, maka kita bisa memenuhi kebutuhan vitamin K pada tubuh kita.

Baca Juga :  Sistem Pencernaan Pada Manusia : Pengertian, Proses, Kelenjar dan Gangguan Pencernaan

Baca juga:

/* */