Vitamin B : Cara Kerja Dan Fungsinya Terlengkap

Rate this post

Vitamin B : Cara Kerja Dan Fungsinya Terlengkap

Vitamin B : cara kerja dan fungsinya – vitamin adalah material baik yang paling dierlukan tubuh kita. Secara umum vitamin ini diperlukan tubuh kita dengan jumlah yang kecil supaya bisa difungsinya di dlam tubuh kita sebagaiman semestinya. Pada kesempatan kali ini penulis akan menyampaikan seputar vitamin B: cara kerja dan fungsinya.

Secara umum, fungsi dari vitamin di dalam tubuh kita terdiri dari 3 tugas yaitu yang pertama menjaid material pembangunan, menjadi pertahanan tubuh/ defende atau maintenance worker di dalam tubuh kita. Lalu fungsinya yang ketiga ini menjalankan tugas serta kwajiban vitamin yang ada di dalam tubuh kita. Oke sobat mari simak selengkapnya di bawah ini.

Adapun yang dimaksud dari vitamin B ialah vitamin yang selayaknya larut di dalam air. Adapun vitamin B tersebut ialah sebha senyawa koenzim dengan membantu enzim di dalam proses tubuh guna menghasilkan energi. Nah, kalian semua yang memang perlu banyak menjalankan aktivitas ini memerlukan energu lebih. Jadi alangkah baiknya bila kalian semuanya rajin dalam mengonsumsi vitamin B.

Cara Kerja Vitamin B

Adapun cara kerja dari vitamin B di mulai dari jenis makanan maupun minuman dengan kandungan vitamin B yang sudah kita konsumsi, lalu sesudah itu vitamin ini akan larut ke dalam air di dalam tubuh kita. Kemudian larutan inilah yang akhirnya tubuh kita memperoleh asupan energi yang diperlukan guna mencukup kepperluan energi di dalam tubuh. Sebenarnya vitamin ini ada lebih dari selusin dengan berbeda semua kerja dan fungsinya. Berikut ini penjelasannya :

Baca Juga :  Vitamin - Pengertian, Macam - Macam Dan Fungsinya Dalam Tubuh Manusia Terlengkap

Sumber Vitamin B Kompleks

  • Vitamin B1 (tiamin). Tergolong dalam jenis vitamin B kompleks. Vitamin ini yang dapat dijumpai di dalam sereal (gandum dan padi) kacang-kacangan (lentil dan almond) sayuran hijau (bayam, slada, asparagus dan kubis). Sementara sumbernya hewani bisa diperoleh dari susu, telur, daging dan ikan.
  • Vitamin B2 (riboflavin. Sejumlah sumber paling baik ialah ikan, telur dan ayam maupun kacang-kacangan. Susu, keju dan yogurt ini kaya akan fiboflavin juga. Sementara sumber dari nabati sayuran yang daunnya hijau brokoli, bayam, asparagus serta sereal guna menyediakan beberapa riblofin guna kesehatan.
  • Vitamin B3 (niacin). Banyak sekali kita temukan dalam ayam, salmon serta ikan yang mirip tuna serta salmon. Sementara untuk para vegetarian dapat memperoleh dari sumber niacin yakni pasta dan gandum utuh serta kacang-kacangan.
  • Vitamin b6 (piridoksin) makanan misalnya seperti kacang-kacangan, kentang, daging merah, unggas, telur serta sereal dengan kandungan tinggi vitamin B6 serta sereal dengan kandungan tinggi akan vitamin B6

Manfaat Vitamin B Bagi Tubuh

Sama halnya pada vitamin lain, vitamin B kompleks ini pun mengandung beragam manfaat kesehatan baik untuk tubuh kalian. Antara lain :

1. Meningkatkan energi

Tubuh memerlukan bantuan dari vitamin B kompleks waktu mengubah karbohidrat jadi glukosa yang kemudian menghasilkan energi pada waktu beraktifitas maupun latihan. Bila tubuh mengalami kekurangan vitamin tersebut, maka proses produksi ini tak berjalan optimal serta kalian dapat terjadi cepat lelah serta penurunan vitalitas ketika latihan serta beraktifitas.

2. Membantu proses metabolisme

Sebab larut di dalam air, vitamin B kompleks dapat memperbaiki pencernaan serta produksi asam klorida yang fungsinya memecah lemak, karbohidrat serta protein. Vitamin B1, B2, B3 dan B6 penting sekali dalam menjaga pencernaan jadi kekurangan vitamin tersebut bisa memicu masalahh encernaan parah.

Baca Juga :  DNA : Pengertian, Sifat, Fungsi, Struktur, dan Replika DNA Terlengkap

3. Menigkatkan fungsi otak

Vitamin B kompleks pun fungsiya untuk meningkatkan fungsi memory serta konsentrasi. Vitamin ini bisa membangun perisai pelindung saraf otak terhadapp nacaman homosistein yang terknella menjadi racun untuk sel sel saraf.

4. Mencegah penuaan dini

Kesehatan kulit, kuku dan rambut bergantung dengan sistesis RNA dan DNA yang terjadi sesudah dibantu dengan vitamin B kompleks. Gangguan kulit mislanya seperti dermatitit, ketombe, kulit kering, kulit berminyak, dan kulit keriput adalah akibat dari kekurangan vitamin ini.

5. Menurunkan kadar kolestrol

Vitamin B kompleks pun mempunnyai kandungan unsur niacin yang bisa membantu menurunkan kolestrol jahat dalam tubuh serta meningkatkan kolestrol yang baik. Selain itu, vitamin tersebut fungsinya mencegah pengerasan dari pembuluh darah yang bisa mengakibatkan serangan jantung serta strok.

Daging, biji-bijian serta ikan seperti beras nan gandum mengandung seluruh vitamin B kompleks akan tetapi vitamin tersebut banyak di jumpai pad abagian luar makanan tersebut. Artinya bahwa beras di ples sudah banyak kehilangan vitamin tersebut.

Jika kalian tidak memperoleh vitamin B kompleks yang berasal dari makanan, maka kalian bisa memperolehnya dari suplementasi multivitamin serta mineral. Sebagian besar multivitamin serta suplemen mineral mengandung banyak vitamin B kompleks serta didukung komposisi vitamin yang lain dengan lebih lengkap.

Setiap anggota B kompleks ini mempunyai struktur serta menjalankan fungsinya sendiri di dalam tubuh manusia. Vitamin B1, B2, B3 serta biotin bagian dalam produksi energi, vitamin B6 pun penting guna metabolisme asam amino serta vitamin B12 serta asam folat yang bisa membantu dalam pembelahan sel. Masing-masing vitamin tersebut mempunyai banyak fungsi tambahan. Akan tetapi, tak ada fungsi dengan mengharukan seluruh vitamijn B kompleks di konsumsi dengan bersamaan.

Baca Juga :  12 Manfaat Biologi di Bidang Industri Makanan dan Contohnya Lengkap

Demikianlah informasi yang dapat penulis bagikan untuk kalian semua tentang Vitamin B : cara kerja dan fungsinya. Vitamin B kompleks ini sangat banyak sekali manfaatnya bagi tubuh, salah satunya bisa menurunkan kadar kolestrol. Semoga artikel ini dapat membantu serta membawa banyak manfaat untuk kalian semua.

Baca juga: