Vitamin A: Pengertian, Sumber Dan Manfaatnya Bagi Tubuh Manusia

Rate this post

Vitamin A: Pengertian, Sumber Dan Manfaatnya Bagi Tubuh Manusia

Vitamin A: pengertian, sumber dan manfaatnya bagi tubuh manusia – vitamin merupakan bagian dari vitamin yang mempunyai peranan penting pada perkembangan serta kinerja beragam organ tubuh, seperti kulit, mata, pertumbuhan serta sistem kekebalan tubuh. Vitamin ttersebut bisa dijumpai di berbagai makanan, seperti susu, keju, hati, yogurt, melon, telur dll. Kali ini penulis akan menyampaikan materi tentang Vitamin A: pengertian, sumber dan manfaatnya bagi tubuh manusia.

Pengertian dan Fungsi Vitamin A

Fungsi utama suplemen dari vitamin A ialah untuk mencegah serta mengobati defisiensi vitamin A. Penderita diabetes, penyakit hati dan hipertiroidisme merupakan contoh orang-orang yang kadang menderita penyakit defisiensi vitamin A. Suplemen vitamin A ini tersedia di berbagai merk yang dapat dibeli bebas di apotik.

Untuk memenuhi kecukupan dari asupan vitamin A nasional, maka pemerintah indonesia melaksanakan sebuah progam pemberian kapsul vitamin A di setiap tahun untuk anak usia 6 sampai 59 bulan secara gratis. Pemberian kapsul vitamin ini diberikan pada setiap bulan februari serta agustus di posyandu dan puskesmas. Ada dua jnis kapsul yang diberkan ini, yakni kapsul biru (dosis dari vitamin A 200.000 IU) dipergunakan anak usia 12 sampai 59 bulan dan ibu yang masih masa nifas. Pemberian vitamin dosis tinggi tersebut bisa mengurangi risiko kematian sebab campak anak usia di bawah 2 tahun.

Baca Juga :  5 Tipe Utama Zpt (Zat Pengatur Tubuh) Beserta Penjelasannya Lengkap

Selama ini vitamin A hanya dikenal menjadi vitamin mata. Bila kalian berfikir demikian maka itu adalah pendapat yang salah. Lalu, apa sih vitamin A ini?
Vitamin A adalah jenis viamin yang tergolong dalam kelompok vtamin yang bisa larut di dalam lemak. Vitamin A berarti sama jenis vitamin yang lain, yakni tidak bisa diproduksi tubuh dengan alami, melainkan asalnya dari sumber makanan khusus.

Vitamin A sendiri dibagi ke dalam 2 jenis menurut sumbernya, kedua jenis itu antara lain :

  • Vitamin A retinoid, yaitu vitamin A yang sumbernya dari hewani. Jenis vitamin A ini tergolong ke dalam kelompok retinol.
  • Vitamin A karotenoid, adalah vitamin A yang bersumber dari tumbuh-tumbuhan, jenis vitamin tersebut tergolong ke dalam kelompok beta karoten.
    Secara alamiah, tubuh kita akan mengubah beta karoten jadi sebuah vitamin A yang nantinya bisa berlangsung untuk bekerja sesuai fungsi vitamin A untuk tubuh.

Manfaat Bagi Tubuh Manusia

Vitamin A mempunyai banyak manfaat bagi tubuh manusia guna menjaga kesehatan dan mengatasi beberapa penyakit tubuh. Berikut ini adalah sejumlah vitamin A yang khusus untuk tubuh kalian.

1. Merawat kesehatan mata

Vitamin A seringkali dihubungkan dengan kesehatan mata. Wortel merupakan makanan pada umumnya yang kerap muncul waktu kita membicarakan vitamin A.
Fungsinya untuk kesehatan ini disebabkan vitamin ini merupakan salah satu penyusun pigmen mata. Terpenuhinya asupan vitamin A menjadikan pigmen mata tak terjadi kekurangan apa saja sehingga penglihatan mata terjaga.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tidak hanya vitamin C saja, vitamin A juga termasuk vitamin yang sifatnya bisa menjadi antioksidan. Hal tersebut bisa menghasilkan fungsi dari vitamin ini guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menghalangi serangan radikal bebas yang dapat merusak sel sel tubuh. Untuk menciptakan siste pertahanan tubuh solid, mengkombinasikan vitamin A serta vitamin C harian.

Baca Juga :  Leukosit : Pengelompokan, jenis jenis, fungsi dan Cirinya Lengkap

3. Membantu tumbuh kembang sel tubuh

Fungsi vitamin ini pun meliputi membantu perkembangan dan pertmbuhan tubuh, khususnya sel organ. Sifatnya pun bisa mengoptimalkan proses pertumbuhan, diferensiasi sel dan perkembangan. Maka otomatis bisa membantu vitamin yang lainnya pula.

4. Mengoptimalkan fungsi hormon

Memproduksi serta mengoptimalkan hormon adreline dan sejumlah hormon lain misalnya hormon tiroid serta kelenjar gondok ialah fungsi utama dari vitamin A yang lain yang tak boleh kalian lewatkan. Kurangnya asupan vitamin ini membuat fungsi sejumlah hormon ini jadi tak optimal dan dapat berdampak di penurunan fungsi tubuh.

5. Mencegah kanker

Vitamin A adalah retinoid serta karotenoid yang berdampak besar pad ausaha pencegahan penyakit kanker yang dipicu dari rusaknya sel sebab radikal bebas. Fungsi dari vitamin A ini sudah terbukti oleh beberapa penelitian yang berusaha menyatakan vitamin A efektif ketika memerangi beragam jenis kanker, misalnya :

  • Kanker payudara
  • Kanker serviks
  • Kanker usus
  • Kanker tenggorokan
  • Kanker kulit

6. Mencegah penyakit campak

Campak merupakan penyakit yang diakibatkan kurangnya asupan vitamin A dalam tubuh. Oleh sebab itu, cara menceah campak pastinya dengan melayani asupan vitamin A harian kalian.
Selain untuk mencegah campak, maka vitamin A ini untuk mengobati penyakit campak yang telah terlanjur terjadi. Apalai organisasi dunia merekomondasi memberikan vitamin A kepada si penderita campak untuk mempercepat proses penyembuhan.

Sumber Vitamin A

Vitamin A tak dihasilkan tubuh, yakni berasal dari sumber yang dapat berbentuk daging hewan atau retinoid serta tumbuhan atau karetonoid. Untuk memperoleh manfaat dari vitamin A untuk tubuh, maka kalian dapat mengonsumsi sejumlah makanan sumber vitamin A, diantaranya :

  1. Wortel
  2. Buah buahan (pepaya, pisang, apel dan mangga)
  3. Sayur-sayuran (kankung, bayam dan rumput laut)
  4. Ubi merah
  5. Kacang-kacangan
  6. Dagin sapi
  7. Minyak ikan
  8. Ikan
  9. Susu serta produk olahan susu
Baca Juga :  Jaringan Ikat pada Manusia : Pengertian, Fungsi, dan Macam Macamnya Lengkap

Nah, itu dia informasi menenai Vitamin A: pengertian, sumber dan manfaatnya bagi tubuh manusia. Selain makanan, sumber dari vitamin A ini bisa berwujud suplemen vitamin A. Terdapat 2 jenis suplemen vitamin A, yaitu retinyl palmitate yang di dalamnya tersedia bentuk kapsul. Semoga bermanfaat.

Baca juga: