12 Tumbuhan Obat Terkenal di Indonesia dan Khasiatnya “Lengkap dengan Gambar”

5 (100%) 1 vote[s]

Tumbuhan Obat Terkenal di Indonesia dan Khasiatnya Terlengkap

Tumbuhan obat – sejak zaman dahulu, leluhur kita sudah akrab dengan berbagai tumbuhan yang berkhasiat guna menyembuhkan penyakit. Sampai sekarang ini juga tidak sedikit orang yang menyukai konsumsi tumbuhan obat itu daripada menggunakan obat modern. Sebab, obat modern sekarang terkandung bahan-bahan kimia sehingga lama kelamaan berdampak pada ginjal.

Selain itu, tumbuhan obat ini harganya sangat murah sebab dapat ditemukan secara mudah. Hingga sejumlah kalian dapat menanamnya sendiri dirumah. Bagi kalian yang tertarik beralih ke tumbuhan obat, maka simak daftar tumbuhan obat yang sangat terkenal di Indonesia dengan khasiat yang ada didalamnya.

1. Tumbuhan obat daun kumis kucing

Tumbuhan obat ini mudah dijumpai di beberaoa tempat Indonesia. Dengan berbentuk yang cantik sehingga dapat memperindah di halaman rumah kalian.
Daun kumis kucing paling terkenal ampuh guna menyembuhkan penyakit kencing batu serta melancarkan saluran kemih. Selain itu, tumbuhan ini berkhasiat guna mengobati berbagai penyakit seperti rematik, asam urat, batuk, diabetes sampai hipertensi.

2. Tumbuhan obat lidah buaya

Lidah buaya ialah salah satu tumbuhan obat terpopuler serta disukai oleh kalangan masyarakat, khususnya kaum wanita. Tumbuhan lidah buaya banyak sekali manfaatnya guna kecantikan kulit dan rambut, seperti menghilangkan jerawat, menghitamkan rambut serta mengurangi bekas luka.

Baca Juga :  Penemuan Susunan Genetik Kopi Untuk Aroma Kopi Baru

Dagingnya bermanfaat guna kesehatan tubuh misalnya meredakan batuk, sembelit, radang tenggorokan, maupun diabetes. Ketika cuaca yang sanga panas, daging tumbuhan ini dapat dimasak memakai air gula kemudian diberi es batu menadi menuman penyegar tenggorokan.

3. Tumbuhan obat belimbing wuluh

Belimbing wuluh kadang dipakai guna menambahkan rasa asa pada beberapa masakan tradisional yang ada di Indonesia. Selain digunakan pada masakan dapur, ternyata belimbing wuluh dengan ukuran kecil tersebut termasuk kedalam jenis tumbuhan obat.

Sebagai tumbuhan obat, khasiat dari belimbing wuluh ini ialah guna mengobati gusi yang berdarah, godongan, rematik, pegel linu, sariawan, sampai sakit gigi. Batang, buah serta daunnya belimbing wuluh dapat digunakan semuanya.

4. Tumbuhan obat Kunyit

Tumbuhan ini bisa kalian temukan di pedesaan, yakni menjadi salah satu tumbuhan obat paling banyak dimanfaatkan oleh orang dulu guna menyembuhkan penyakit misalnya rasa gatal, kesemutan, dan menyembuhkan luka bakar dll. selain itu, kunyit bermanfaat pula menjaid anti inflamasi, anti mikroba, anti oksidan, penyakit kanker, anti tumor serta membantu dalam menurunkan kadar lemak darah.

5. Tumbuhan obat Sambiloto

Sambiloto ialah jenis tumbuhan yang asalnya dari keluarga acanthacea, ditemukan pertama kali di srilanka dan india. Daun sambiloto ini mempunyai manfaat untuk kesehatan, salah satunya dapat dipercaya sangat mampu melindungi hati terhadap efek negative parasetamol dan galaktosamin. Selain itu, daun sambiloto dipakai pula menjadi obat tradisional penyakit polip. Untuk manfaat lain pada daun ini ialah guna menekan pertumbuhan sel kanker, hal ini disebabkan mempunyai kandungan andrograpolide.

6. Tumbuhan obat Temulawak

Tumbuhan obat berikutnya ialah temulawak. Temulawak sudah tidak menjadi rahasia umum lagi bawah bisa dipakai sebagai tumbuhan obat. Sudah sejak zaman dahulu temulawak ini sering dipakai menjadi salah satu obat guna mencegah penggumpalan darah, menurunkan lemak darah, meningkatkan daya tahan tubuh serta antioksidan.

Baca Juga :  Adaptasi Morfologi Pada Tumbuhan : Pengertian, Ciri dan Contohnya Terlengkap

7. Tumbuhan obat Keji beling

Tumbuhan ini bagi orang jawa lebih dikenal sebagai “sambaing geteh”, yakni mempunyai banyak kandungan kalsium, mineral, natrium serta masih banyak lagi lainnya. Tumbuhan tersebut dipercaya mempunyai manfaat guna mengatasi beragam penyakit antara lain kencing manis, batu ginjal, maag, ambien, diare, liver serta penyakit kronis lainnya.

8. Tumbuhan obat daun dewa

Daun dewa ialah tumbuhan yang termasuk jenis tumbuhan semak dengan hidup di ketinggian 0-1000 meter dari atas permukaan laut. Daun dewa mempunyai efek farmokologis dengan manfaat dapat mempermudah serta mempercepat pembekuan pada darah, membersihkan racun serta menghilangkan panas.

9. Tumbuhan obat Seledri

Jenis tumbuhan selanjutnya ialah seledri, hampir semua orang sudah tidak asing lagi dengan tumbuhan ini. selain dapat digunakan menjadi penyedap rasa pada makanan, ternyata juga mengandung khasiat didalamnya sebagai tumbuhan obat. Hal ini disebabkan seledri mengandung banyak vitamin, zat dan nutrisi yang baik digunakan menjaga kesehatan tubuh. seperti digunakan menjadi obat asam urat, yakni caranya menerebus sejumlah daun seledri dengan segelas air kemudian minum setiap pagi hari.

10. Tumbuhan obat jahe

Tumbuhan obat jahe berkhasiat guna menghangatkan tubuh ketika musim dingin, mengurangi masuk angina, sampai menyembuhkan batuk sebab rasanya sedikit panas dan pedas. Sejumlah hidangan khas Indonesia juga banyak yang memakai ramuan jahe.

11. Tumbuhan obat buah srikaya

Tumbuhan obat srikaya ini mampu mengobati segala penyakit juga. Bagian akar, daun serta kulitnya ini mengandung beragam zat yang sifatnya anti radang serta anti depresi. Sejumlah khasiatnya ialah dapat membunuh cacing usus, lalu mempercepat saat proses menghilangkan bisul, serta melancarkan pencernaan.

12. Tumbuhan obat jarak

Jarak banyak nama lainnya, seperti di Madura bernama kalek, di jawa barat bernama kaliki, dan di sumatera bernama dulang. Tumbuhan ini mempunyai nama latin (ricinus communis) berbiji manis dan pedas, tetapi netral. Biji jarak kerap dipakai guna menyembuhkan berbagai penyakit seperti hernia, TBC, obat rematik dan lainnnya. Saat ingin memanfaatkan tumbuhan obat satu ini kamu harus hati-hati sebab mengonsumsi dengan berlebihan bisa menimbulkan keracunan.

Baca Juga :  Anatomi Daun Dikotil Dan Monokotil : Pengertian, Struktur, Fungsi Beserta Perbedaannya

Bagaimana? Banyak sekali bukan tumbuhan obat di Indonesia ini. Indonesia ini sangat terkenal sekali dengan kekayaan rempah-rempahnya dan tumbuhan obat. Mudah-mudahan sesudah kamu mengetahui berbagai manfaat dari jenis tumbuhan diatas, kalian akan lebih rajin serta lebih mencintai tumbuhan tersebut dengan menggunakan obat berbahan alami ini.

Baca juga:

/* */