Tulang Paha : Bagian Bagian Dan Fungsinya Terlengkap

Rate this post

Tulang Paha : Bagian Bagian Dan Fungsinya Terlengkap

Tulang paha : bagian bagian dan fungsinya – seperti yang sudah kita ketahui bahwa tulang adalah jaringan ikat yang terdapat di dalam tubuh kita yang terdiri dari sel, serat dan matriks seluler yang terdapat dalam tubuh kita. Matriks disini ialah bagian paling luar pada tulang yang menjadi bagian paling luar sebab pembentukan pengendapat mineral dengan tekstur keras serta ada di bagian paling luar tulang kita.

Nah, di dalam tubuh manusia sendiri ada beragam macam tulang dengan berbagai bentuk, macam, tekstur beserta fungsinya pula. Berikut ini kita akan membahas mengenai tulang paha : bagian bagian dan fungsinya.

Pengertian Tulang Paha

Tulang paha ialah bagian dari anggota gerak dalam anatomi rangka manusia. Nama latin dari tulang paha ialah “femur” yang termasuk dalam tulang paling panjang yang dipunyai manusia.
Tulang paha pun merupakan tulang paling kuat yang menghubungkan antara bagian pinggulnya manusia dengan lutut. Mengenai ciri ciri dari tulang paha dibedakan kedalam jenis tulang pipa yang bentuknya silinder, mempunyai dua ujung, menggelembung di bagian ujungnya serta mengandung sum sum kuning.

Bagian Bagian Tulang Paha

Tulang paha sendiri terdiri dari dua bagian utama, yakni :

  1. Proximal femur
    Yakni posisinya dekat dengan tulang pelvis maupun tulang pinggul dan terdiri atas kepala, trochanter, leher, mayo dan minor serta median femur pula.
  2. Distal femur
    Yakni bagian tulang paha yang termasuk tempat dari melekatnya tempurung lutut.
    Sendi yang ada di bagian tulang paha tersebut yang akan menghubungkan dalam tulang pinggul yang letaknya di bagian tulang paha di bagian proximal yang memiliki fungsi guna memproduksi sel darah merah.
    Proses yang berkaitan hal tersebut dikenal sebagai artukilasi asetabulum. Artukilasi asetabulum memiliki sendi bola dan juga sendi gerak yang dapat membuat pergerakan menuju kebagian pinggul.
    Pada bagian trochanter mayor dan minor pada proximal femur terdapat otot yang melekat di tulang paha. Selain tersebut, tulang paha pun yang menggabungkan dengan sejumlah otot yang dapat terhubung dengan tronkanter. Ungsinya tronkanter ialah menghubungkan tulang paha bersama otot besar di bagian bokong dan paha.
Baca Juga :  Indra Penciuman Pada Manusia : Pengertian, Bagian, Fungsi dan Gangguannya Lengkap

Otot Otot Yang Melekat Pada Tulang Paha

Terdapat dua bagian otot yang melekat di tulang paha yang dibagi menjadi insersio dan origo. Berikut ini adalah dari ototnya :

  1. Tulang paha insiro, yakni :
    • Otot iliopsoas
    • Otot tensor fasciae latae
    • Otot gluteus maximus
    • Otot gluteus medius
  2. Tulang paha origo yakni :
    • Otot vastus lateralis
    • Otot vastus intermedius
    • Otot gastrocnemius
    • Otot vastus medialis

Fungsi Tulang Paha

Berikut ini merupakan sejumlah fungsi dari tulang paha, diantaranya sebagai berikut :

  1. Menjadi tempat melekatnya sejumlah otot besar serta pigmen melekat
  2. Menjadi alat penggerak menusia di bagian bawah
  3. Menjadi tempat dari memproduksi sel darah merah
  4. Tulang paha ini menjadi tempat melekatnya tempurung lutut dalam tubuh manusia. Sehingga, tempurung lutut kalian ini melekat pada tulang paha. Nah kalian bisa mengeceknya sendiri.
  5. Tulang paha adalah tulang yang paling kuat dalam tubuh manusia yang dapat menopan badan.
  6. Menjadi penghubung antara tulang paha dan tulang bokong.
  7. Tulang paha dapat membuat otot sendi condylar bersama dengan lutut.
  8. Menjadi tempat memproduksinya sel darah merah pada sum sum tulang
  9. Sebagai penghubung antara pinggul dengan lutut.

Anatomi Fungsi Tulang Paha Dalam Tubuh Manusia

Tulang paha memiliki bagian struktur kepala dan juga leger dibagian proksimal dan distal, yakni dua condyles.

Pada bagian kepala tulang paha mereka akan membentuk sebuah sendi pinggul. Dibagian proksimal lain adalah trochanter majo dan minor yang sebagai tempat perlekatan sejumlah otot.
Di bagian prosimal posterior terdapat tuberositas gultea yakni permukaan kasar di tempat melekatnya otot gluteus maximus. Dibagian dekatnya adalah bagian linea aspera yang termasuk tempat melekatnya dari otot biceps femoris.

Baca Juga :  Gangguan Penglihatan Anak : Pengertian, Tanda - Tanda, Penyebab dan Cara Mengobatinya Lengkap

Pentingnya Menjaga Tulang Paha

Dengan seluruh pembahasa diatas tadi mengenai fungsi dari tulang paha dalam tubuh manusia tersebut banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil. Salah asatunya kita dapat mengenatui bahwa dari tulang paha inilah yang paling berperan aktif guna membuat kita dapat berjalan, berenang, berlari serta melompat. Selain itu, banyak pula otot-otit yang merekat di bagian tulang paha tersebut, khususnya pada otot-otot besar.

Tulang paha ialah tulang yang paling besar dan juga paling kuat di dalam tubuh manusia ini, sehingga sangat banyak jasanya bagi tubuh kita. Kita pun dapat mengetahui pula bahwa fungsi dari tulang paha tersebut terdapat 9 hal yang sudah dibahas diatas.

Maka, dalam menjaga fungsi dari tulang paha tersebut kita pun senantias dalam menjaganya dengan cara rutinitas yang menguntungkan bagi tulang paha, lalu otot yang melekat dna juga sendi sendi yang dapat membantu pada tulang paha agar dapat bergerak.

Tulang paha adalah tulang yang ada di bagian bawah tubuh manusia. Letaknya berada di bawah dan termasuk dalam tulang yang sangat besar dalam tubuh manusia inim tegak dan berdirinya kita sebab berasal dari tulang paha. Oleh karena itu jika tulang paha kita menderita luka maupun cidera maka kita menjadi manusia yang tidak dapat berjalan dalam beberapa hari, bulan bahkan tahun.

Nah, itu tadi pembahasan tentang tulang paha : bagian bagian dan fungsinya terlengkap. Hikmah dari pembahasan pad atulang paha ini banyak sekali. Sebab, kita pun harus tahu bahwa sehebat apapun fungsinya dari tulang paha tersebut tidak akan berdaya jika alat gerak lainnya tidak berfungsi dengan sempurna. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Baca Juga :  12 Fungsi Insulin dalam Tubuh Manusia Beserta Penjelasannya Terlengkap

/* */