Tulang Kering : Pengertian, Bagian Bagian dan Fungsinya Lengkap

5 (100%) 1 vote

Pengertian Tulang Kering, Bagian Bagian Dan Fungsinya

Tulang kering : bagian bagian dan fungsinya – tulang kering merupakan tulang paling besar yang keberadaannya di tungkai kaki dan menghubungkan diantara pergelangan kaki dan lutut. Tulang kering mempunyai nama lain yakni seruling.


Nah, tidak jauh berbeda dari artikel sebelumnya di kesempatan kali ini kita masih membahas seputar tulang yang terdapat dalam tubuh manusia. Seperti yang telah kita tahu bahwa manusia mempunyai banyak sekali tulang dalam tubuhnya. Semua itu terdiri dari berbagai jenis struktur, bentuk dan fungsi yang berbeda-beda dari satu dan yang lainnya.
Tetapi, pada kesempatan kali ini kita akan fokus mengenai tulang kering : bagian bagian dan fungsinya. Jadi, mari kita simak uraian ini dengan bersama.

Bagian Bagian Tulang Kering

Seperti yang sudah dijelaskan sekilas, bahwa tulang kering ialah jenis tulang besar dan mempunyai struktur kuat yang dapat kita lihat pada bagian kaki bawah yang menghubungkan antara lutut dengan pergelangan kaki. Tulang kering tersebut bentuknya mirip pipa yang dalamnya berisi sumsum merah dengan kaya akan darah merah.
Walaupun terdapat dua tulang pada bagian bawah kaki, yang dikenal dengan nama tulang kering ialah tulang yang ukurannya lebih besar dan mempunyai tekstur lebih kuat. Sementara tulang yang kecil dikenal dengan nama tulang betis maupun fibula dan seperti yang telah kita bahas di artikel sebelumnya. Untuk nama lainnya dari tulang kering ialah Tibia yang asalnya dari bahasa lating dengan arti “seruling”. Tulang tersebut adalah tulang yang kedua paling besar yang terdapat di dalam tubuhnya manusia.

Baca Juga :  Organ Reproduksi Laki Laki : Pengertian, Fungsi, Bagian - bagiannya Lengkap

Fungsi Tulang Kering

Berikut ini sejumlah fungsi dari tulang kering, diantaranya sebagai berikut :

1. Menjadi tulang yang fungsinya untuk menyambung lengan.
2. Menjadi tulang yang fungsinya untuk penghubung antara lutut menuju pergelangan kaki.
3. Menjadi tulang yang fungsinya untuk membentuk bagian dari kerangka kaki bawah dimana keberadaanya tersebut.

Tulang kering atau dikenal dengan nama tibia ini ialah tulang yang memikul beban terberat dibanding dengan jenis tulang lainnya yang terdapat di dalam tubuh kita walaupun mempunyai ukuran lebih kecil dibanding ukuran tulang paha.

Tulang kering atau dikenal dengan nama tibia termasuk menjadi tulang panjang yang sama dengan tulang paha. Tulang tersebut isinya diafisi dan 2 epifisis. Diafisis sendiri adalah bagian tengahnya tulang kering, sedangkan epifisis ialah bagian bulat yang ada di bagian ujung tulang.

Terdapat 4 sendir yang tergolong ke dalam tulang kering tersebut, yaitu :

1. Pergelangan kaki
2. Lutut dan interior lutut
3. Sendir tibiofibular superior

Macam-Macam Kondisi Yang Menurunkan Fungsi Tulang Kering

Kaki adalah bagian tubuh yang paling sering terjadi cedera daripada dengan bagian tubuh lainnya. cedera ringan sampai berat bisa dialami pada bagian tungkai, terutama di bagian tulang kering ini. sejumlah cedera maupun kondisi yang bisa menurunkan dari fungsinya tulang kering, diantaranya :

  1. Cedera tulang kering ( shin splints )
    Cedera di bagian tulang kering ini tandanya terdapat rasa nyeri di sepanjang tulang kering. Cedera tersebut umumnya muncul pada sejumlah atlet plari, anggota militer dan penari. Cedera tulang kering dialami akibat peningkatan dari aktivitas yang dapat membuat sendi, otot, serta jaringan tulang yangbekerja terlalu keras.
  2. Patah tulang kering
    Keadaan ini dialami pada saat tulang kering terbentur maupun terhantam oleh sesuaru yang kekuatannya melebihi tulang tersebut, misalnya seperti patah tulang sebab kecelakaan ketika berkendaraan, jatuh dari ketinggian dan cedera ketika berolahraga.
  3. Infeksi tulang ( osteomyelitis )
    Keadaan ini adalah infeksi tulang yang sangat sering disebabkan oleh sejumlah bakteri staphylococcus aureus. Bakteri tersebut bisa menginveksi pada ulang lewat aliran darah. Secara normal, S.aureus ada di permukaan kulit dan tanpa menimbulkan masalah keseharan. Tetapi, kalian pun harus berhati-hati, sebab bakteri tersebut bisa berbalik menyerang saat sistem kekebalan tubuh mengalami penurunan.
  4. Pelemahan tulang ( osteomalacia )
    Ini ialah keadaan kelaian tulang yang membuat tulang jadi gampang melengkung hingga terjadi patah. Osteomalacia dialami ketika proses pembentukan tulang terganggu, jadi tulang menjadi tidak bisa mengeras. Terkadang osteomalacia ini terjadi sebab kekurangan vitamin D.
  5. Osteoporosis
    Osteoporosis ialah kondisi yang mengakibatkan tulang jadi rapuh dan keropos sebab kekurangan kalsium. Jadi tulang akan mudah menjadi patah. Patahnya tulang akibat osteoporosis sering dialami bagian pinggul, tulang belakang dan pergelangan tangan. Tetapi, dalam sejumlah kasus, terjadinya osteoporosis pada tulang kering ini membuatnya rentan terjadi patah tulang.
Baca Juga :  Sistem Peredaran Darah Manusia : Organ, Mekanisme dan Gangguannya

Cara Mencegah Risiko Cedera Pada Tulang Kering

Dibawah ini terdapat panduan untuk mencegah risiko cedera pada tulang kering yang dapat kalian coba :

  1. Lakukan pemanasan atau peregangan saat sebelum dan setelah berolahraga
  2. Berlarilah di permukaan rata
  3. Pilihlah sepatu lari yang pas dan tepat.
  4. Kombinasikan olahraga fisik berat dan ringan, missal renang dan lari
  5. Turunkan berat badan bila kalian mengalami obesitas

Nah, itu tadi pembahasan seputar tulang kering : bagian bagian dan fungsinya. Jadi, banyak sekali fungsi bagian bagian dari tulang kering dalam tubuh kita. Sayangilah tulang kering kalian dengan mencegah risiko cedera menggunakan tahap-tahap yang sudah dibahas dalam artikel ini. Selain yang disebutkan diatas, kalian bisa merawat kesehatannya dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kalian untuk lebih menjaga kesehatan tubuh kita, terima kasih.

Baca juga:

/* */