Tulang Kepala Belakang : Pengertian, Bagian – Bagian, Struktur dan Fungsinya Lengkap

5 (100%) 1 vote

Pengertian, Struktur, Bagian – Bagian dan Fungsi Tulang Kepala Belakang

Fungsi Tulang kepala belakang – jika kita membahas tentang kepala, pastinya hal ini merupakan sifat yang paling penting dalam tubuh kita. Jika tidak ada kepala, maka mustahil manusia akan bertahan hidup. Oleh sebab itu mari kita mengenal lebih jauh mengenai kepalah, khususnya tulang kepala belakang: penjelasan dan fungsinya.

Kepala adalah organ paling penting di dalam tubuh kita yang menjadi pelindung otak. Sebab otak adalah oragan tubuh yang akan mengatur secara keseluruhan dalam tubuh. Mulai dari sistem pernapasan, lalu sistem peredaran darah dan sistem ekskresi dalam tubuh manusia. Nah, seluruh tulang kepala inilah yang akan berperan dalam melindungi seluruh organ penting ini.

Tulang belakang fungsinya menjadi penyangga kepala, bahu serta tubuh. ia mnejadi penyangga supaya membuat kalian dapat berdiri dengan tegak dan memberikan kelenturan dalam memutar, menekuk leher dan punggung kalian. Ia pun bisa melindungi dari kordinal spinal kalian. Korda spinal ini yang akan menyalurkan sebuah sinyal saraf dari otak ke daerah tujuan misalnya anggota gerak dan sejumlah macam organ tubuh.

Adapun tulang belakang disebut dengan nama Os. Occipitiel. Tulang tersebut adalah membrane yang mempunyai bentuk mirip cawan yang posisinya di bagian belakang dan dibawah tempurung kepala. Adapun bagian ini adalah bagian yang bentuknya trapesum dan dapat berbentuk melengkung mengikuti sebuah pola. Adanya tulang tersebut bisa ditembuskan aperture oval besar dan formen magnum. Hal ini bisa dialami pada rongga tengkorak yang akan berkomunikasi dengan verbal terusan.

Baca Juga :  Kelainan Sistem Ekskresi Manusia : Pengertian, Penyebab, Ciri, Dampak dan Cara Mengatasinya

Fungsi Tulang Belakang

Untuk lebih jelasnya tentang tulang belakang ini maka baiknya kalian mengetahui apa saja fungsi dari tulang belakang. Berikut ini adalah fungsi dari tulang belakang, diantaranya sebagai berikut :

  1. Menjadi tulang yang fungsinya untuk melindungi otak pada bagian belakang
  2. Menjadi tulang yang fungsinya guna melindungi telingan di bagian dalam, sebab memang keduanya ini akan saling berkaitan.
  3. Menjadi tulang yang fungsinya guna memastikan kondisi organ dalam kepala khususnya di bagian dalam supaya terhindar pada benturan.
  4. Menjadi tulang yang fungsinya untuk melindungi bagian otak kecil.
  5. Menjadi tulang yang fungsinya guna melindungi organ sensorik dalam tubuh manusia.

Bagian-Bagian Tulang Belakang

Tulang belakang terdiri dari 3 bagian, yaitu leher (tulang servikal, punggung tengah (tulang thorakal) dan punggung atas, serta punggung bawah (tualng tumbal). Ketika dilihat dari samping ini, bagian bagian tersebut akan membentuk tiga lengkungan secara alami. Lengkungan ini berebntuk seperti huruf C yang ada di bagain leher (tulang servikal) dan juga di punggung bawah (tulang lumbal) bernama lordosis. Bentuk huruf C ini terbalik di bagain punggung atas dan juga tengan (tulang tarokal) bernama kifosis.

Lengkungan tersebut penting menjadi keseimbangan serta membantu kita supaya berdiri tegak. Terdapat rentang normal di masing-masing lengkungan serta lengkungan tersebut tidak membentuk huruf C normal di bagian leher (tulang servikal) serta di bagain punggung bawah (tulang lumbal) sebab terjadinya kerusakan pada tulang belakang. Jika salah satu pada lengkungan tersebut berubah menjadi besar maupun kecil, maka hal ini akan membuat kita kesulitan berdiri dengan tegak serta posisi kita ini menjadi tidak normal.

Lengkungan yang tidak normal disebut dengan deformitas tulang belakang. Kondisi ini mencakup kifosisi pada tulang tarokal (hunchback) serta hilangnya lordosis pada tulang lumbal (flatback).
Lengkungan yang normal bisa terlihat pada bagian sampik dan sebaiknya tidak dipusingkan dengan scoliosis dimana lengkungan yang abnormal bisa terlihat dari belakang bukan dari samping. Scoliosis ialah lengkungan di arah samping yang membuat bagian tulang belakng ini lebih terlihat menjadi huruf S.

Baca Juga :  6 Fungsi Tulang Belikat : Pengertian dan Bagiannya Terlengkap

Struktur Tulang Belakang

Tulang belakang terdiri dari tulang-tualng kecil yang bernama vertebrata dengan saling menumpuk jadi satu bersama lainnya. Jadi menciptakan sebuah lengkungan normal pada tulang belakang kalian. Berikut ini adalah struktur dari tulang belakang:

1. Vertebrata

Tulang-tulang ini ikut bergabung dan membntuk saluran untuk melindungi korda spinal. Tulang servikal tersusun dari 7 buah vertebrata kecil yang dimulai pada dasar tulang tengkorak serta berakhir di bagian atas dada. Tulang servikal tersusun dari 12 tulang yang dimulai dari dada atas dan berhubungan dengan tulang iga.

2. Kordinal dan saraf spinal

Korda spinal ialah perpanjangan pada otak dan berjalan mulai dari bagian tengah masing masing vertebrata yang mempunyai rongga guna mengakomodasikan korda spinal dan saraf saraf spinal. Cabang cabang di saraf keluar dari korda spinal lewat bukaan di vertebrata dan membawa sebuah sinyal antara otak dan otot.

3. Otot dan ligament

Otot dan ligament memberikan dorongan serta stabilitas untuk tulang belakang kalian serta tubuh bagian atas. Ligament yang kuat khususnya di bagian punggung bawah akan menghubungkan tulang bertebrata kalian dan membantuk menjaga tulang bagian belakang di posisi yang benar.

4. Diskusi invertebralis

Diskusi invertebralis antara 200 tulang vertebrata. Diskus tersebut bentuknya pipih dan juga bulat yang ketebalannya kurang lebih ½ inci. Diskusi inverterbrakis ini terdiri dari dua komponen.

5. Sendir faset atau spinal

Diantara dari bagian belakang vertebrata tersebut terdapat sendi sendi yang kecil dan bisa membantu tulang belakang kalian untuk bergerak. Setiap tingkatan tulang belakang ini, kita mempunyai dua sendi yakni faset dan satu diskus invertebralis bernama “kompleks tiga sendi”.

Itulah pembahasan mengenai tulang kepala belakang: penjelasan dan fungsinya. Dengan ini maka penting sekali menjaga kesehatan tulang belakang kita. Yakni dianjurkan untuk rutin berolah raga supaya otot ini menjadi lebih kuat serta membiasakan diri dalam duduk dengan benar dan jangan membawa beban terlalu berat. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Macam Macam Enzim Pada Pencernaan Manusia Terlengkap

Baca juga:

/* */