12 Tanaman Berakar Serabut : Pengertian, Contoh Beserta Penjelasannya Terlengkjap

4.5 (90%) 2 vote[s]

Pengertian dan Contoh Tanaman Berakar Serabut

Tanaman berakar serabut dan penjelasannya – tanaman berakar serabut adalah salah satu ciri dari pengelompokan tumbuhan menurut jenis akarnya. Tumbuhan monokotil banyak yang mempunyai akar serabut serta berbiji tunggal. Biji ini nantinya akan berkecambah dan menghasilkan akar lembaga lalu tumbuh menjadi akar primer.

Akar primer tersebut akan mengecil selanjutnya digantikan dengan akar baru berukuran hampir mirip bersama keluarnya dari pangkal batang dan bentuknya berserabut. Nah berikut ini penjelasan tentang tanaman berakar serabut dan penjelasannya.

Pengertian Akar Berserabut

Akar serabut ialah akar yang tumbuh di pangkal tumbuhan. Panjang dan ukurannya relative sama. Sistem perakaran akan membentuk ketika akar primer membentuk beberapa cabang dalam jumlah yang lumayan banyak. Cabang akar tidak dapat tumbuh besar, tetapi tumbuh akar lagi.

Akar serabut secara umum dimiliki oleh tumbuhan monokotil (tumbuhan berdaun berlembaga satu). Akar serabut juga ada di tumbuhan dikotil namun yang dicangkok.

Struktur serta fungsi jaringan dari akar serabut di tumbuhan monokotil ialah agar batang tumbuhan berdiri dengan kokoh. Selain itu, juga berfungsi untuk penyerap air serta mineral dalam tanah. Akar serabut bisa menahan kikisan tanah dari air, sehingga bermanfaat untuk mencegah erosi.

Baca Juga :  Alang-alang : Klasifikasi, Deskripsi, dan Kegunaannya Bagi Kesehatan Terlengkap

Contoh Tanaman Berakar Serabut

1. Pohon kelapa/ Cocos nucifera

Pohon kelapa akarnya serabut, berkayu dan tebal, berkerumun sehingga membentuk bonggol, beruas-ruas dan berkayu. Daunnya tunggal berpertulangan menyirip, dan bertoreh paling dalam sehingga terlihat seperti daun majemuk. Buahnya bulat, besar, dengan diameter 10-20 cm hingga lebih, dan warnanya kuning, hijau kecokelatan.

2. Pohon Pisang/ Musa Paradisiaca

Daun pisang cenderung berwarna hijau muda sampai tua, berukuran besar, panjang dan lebar. Tulang pada daun berserat dan tepi daunnya kompak. Akarnya berserabut dan bergerak tumbuh mengarah ke samping pohon dengan panjang 4-5 m, namun posisinya diatas permukaan tanah tidak lebih dari 2 m.

3. Padi/ Oryza Sativa

Padi adalah tanaman semusim yang berakar serabut, batangnya paling pendek, strukturnya menyerupai batang membentuk dari rangkaian pelepah daun dan saling menopang. Bentuk daunnya lanset berwarna hijau muda sampai tua, berurat daun sejajar, dan ditutupi rambut pendek dan jarang.

4. Tebu/ Saccharum officinale

Tebu mempunyai akar serabut yang panjangnya mencapai 1 m. Sewaktu tanaman tebu berbentuk bibit atau masih muda terdapat 2 macam akar, yakni akar stek & akar tunas. Bentuk tulang daunnya sejajar dan bunga tebu majemuk menyusun dari malai yang pertumbuhan terbatas.

5. Salak Salacca Edulis

Tanaman salak termasuk keluarga kelapa (palmae) yakni tanaman asli Indonesia. Pohonnya rendah tegak, berduri dan hampir tidak berbatang. Tanaman salak ini berakar serabut dengan penyebaran akar yang tidak luas serta dangkal. Akarnya mudah rusak jika kekurangan air.

6. Jagung (Zea mays)

Jagung adalah jenis tanaman monokotil, bijinya tunggal, dan berakar serabut. Batang jagung tumbuh dengan tegak lurus serta beruas. Pada daunnnya tumbuh berseling bertulang daun sejajar serta berbentuk pita. Daunnya memanjang, sejajar bersama ibu tulang daun, berbulu halus dan permukaan licin.

Baca Juga :  Asam Jawa : Klasifikasi, Deskripsi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Terlengkap

7. Bawang Merah

Bawang merah akan memperbanyak dirinya dengan memakai umbi lapis. Bawang merah ialah tanaman semusim berbentuk rumput. Batangnya sangat pendek hampir tak kelihatan dan daunnya panjang. Akarnya berserabut serta membengkak berbentuk umbi lapis.

8. Cabai

Batang pada tanaman cabai ini berdiri tegak, berkayu sedikit dan mempunyai banyak cabang akar beranting menyamping. Tanaman cabai ini berakar serabut dan Cuma bisa menembus tanah dangkal. Inti akar pada tanaman ini cuma mampu menembus di tanah yang dalamnya 25-40 cm.

9. Kentang

Kentang adalah salah satu tumbuhan yang dapat menyimpan cadangan makanannnya sendiri. Tanaman ini berdaun rimbun yang terletak berselang-seling di batang tanaman, bentuknya oval hampir bulat dan meruncing, serta tulang daunnya menyirip menyerupai duri ikan. Daunnya berukuran sedang bertangkai pendek. Tanaman kentang mempunyai sistem perakaran tunggang dan juga berserabut.

10. Bambu

Akar tanaman bambu ada di dalam tanah berbentuk sistem percabangan. Bagian pangkal rimpang dan lebih sempit di bagian ujungnya serta setiap ruas memiliki kuncup dan akar. Bagian kuncup akar membentuk rebung memanjang dan akhirnya membentuk bulu.

Batang tanaman pada bambu bentuknya silinder memanjang serta terbagi dalam ruas-ruas, tingginya mencapai 0,3-30 meter, diameter batang 0,25-25 cm dan mempunyai ketebalan dinding 25 mm.

11. Anggrek/ Orcidaceae

Bunga anggrek mempunyai jamur akar yang kerap disebut mikoroza dan ada di permukaan akar. Akar bunga anggrek memiliki sejumlah organ yang mempunyai daging atau disebut sekulen. Bunga anggrek memiliki batang beruas- ruas. Anggrek tanah memiliki batang pendek. Daun anggrek bentuknya oval dengan tulang daun panjang mengikuti bentuk dari daunnya. Bunga anggrek sifatnya majemuk dan tumbuh sepanjang tangkai bunga.

Baca Juga :  6 Ciri-ciri Ganggang (Alga) dan Pengertiannya Lengkap

12. Pandan

Pertumbuhan pandan wangi subur di daerah yang lembab seperti di pinggir tepi sungai maupun di pinggiran kolam. Tumbuhan pandan ini tumbuh merumpun. Pada batangnya muncul akar-akar kuat. Bentuk daun memanjang bertulang daun di tengah. Ada duri-duri kecil yang ada di tepi kanan dan kiri daun.

Jadi, secara umum tumbuhan yang berakar serabut ini mempunyai batang yang tegak lurus tanpa bercabang. Jenis pada tanaman lainnya, tumbuhan berakar serabut ini adalah tumbuhan pendek dan termasuk tumbuhan herba/ perdu.

Pada pohon kelapa, walaupun hanya mempunyai akar serabut, namun akar pohon kelapa bisa menyangga pohon sehingga bisa tetap berdiri dengan kokoh. Sementara pada tanaman dikotil, munculnya akar serabut pada tumbuhan yang melalui cara perkembangbiakan tumbuhan di cangkok.

Seperti itulah Tanaman berakar serabut dan penjelasannya. Tumbuhan berakar serabut ini mempunyai fungsi yang paling penting bagi manusia, yakni sebagai penahan kikisan air akibat erosi.

Baca juga:

/* */