Tanaman Apel: Klasifikasi, Deskripsi, Kandungan dan Manfaat Bagi Kesehatan 

5 (100%) 1 vote[s]

Klasifikasi, Deskripsi, Kandungan Dan Manfaat Apel Untuk Kesehatan

Tanaman Apel: Klasifikasi, Deskripsi, Kandungan Dan Kegunaan Untuk Kesehatan – Hidup sehat merupakan dambaan atau keinginan semua orang dengan menerapkan gaya atau pola hidup sehat. Gaya hidup sehat merupakan komitmen untuk jangka panjang dengan menggunakan manfaat kesehatan secara menyeluruh bagi kehidupan serta tubuh yang kita miliki. Terdapat banyak cara untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk pola makan, sering berolah raga serta mengkonsumsi makanan yang bergizi.

tanaman apel
tanaman apel

Salah satu makanan yang termasuk dalam ragam pangan yang dibutuhkan untuk dikonsumsi yaitu sayur dan buah. Kedua jenis makanan tersebut merupakan sumber dari mineral dan viitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung metabolisme dan pertumbuhan. Selain itu tanaman buah atau buahnya sendiri juga memiliki kandungan sebagai sumber antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

Begitu banyak ragam buah yang memiliki manfaat yang begitu banyak bagi kesehatan maupun kecantikan. Salah satu buah atau tanaman yang bermanfaat yaitu tanaman apel. Dalam artikel ini kami akan membahas tentang Tanaman Apel: Klasifikasi, Deskripsi, Kandungan Dan Kegunaan Untuk Kesehatan.

Klasifikasi Tanaman Apel

Nama botani : Pyrus malus Linn., Malus sylvestris (L) Mill
Nama lain : Apple (Inggris, Perancis)
Suku : Rosaceae

Deskripsi

Apel (Pyrus malus) merupakan tanaman yang dapat hidup di daerah subur di tempat yang mempunyai temperatur dingin. Di negara Eropa, tumbuhan ini banyak dibudidayakan terutama di tempat yang subtropis di bab utara. Tanaman apel yang banyak terkenal berasal daari wilayah gunung pangrango, provinsi Jawa Barat. Di Negara kita ini yaitu Indonesia tanaman apel dapat tumbuh dan berkembang dengan sangat baik jika dibudidayakan di tempat yang memiliki ketinggian ±1200 m diatas permukaan laut.

Baca Juga :  Bunga , Karakteristik dan Fungsi Terlengkap.

Tumbuhan apel dapat dikategorikan sebagai salah satu suku mawar-mawaran yang mempunyai tinggi batang pohonnya dapat mencapai sekitar 7-10 meter. Tanaman apel memiliki daun yang mirip dengan daun tumbuhan bunga mawar, yaitu daunnya berbentuk bundar seperti telur serta dihiasi dengan gerigi-gerigi kecil pada teian daunnya. Di usia produktif, tanaman apel pada umumnya akan berbunga sekitar bulan Juli. Tanaman apel juga memiliki ukuran buah yang bermacam-macam, bunganya yang mengembang dapat menjadi buah yang berisi serta padat.

Kandungan

Buah apel mempunyai kandungan yaitu senyawa pektin. Selain dari itu, buah apel juga mempunyai kandungan zat-zat gizi diantaranya, yaitu hidrat arang 14,9 g, lemak 0,4 g, kalori sebesar 58, protein 0,3, kalsium 6 mg, fosfor 6 mg, serta air sebanyak 84,1% dalam setiap gram apel.

Kegunaan

Selain memiliki kandungan zat-zat yang begitu banyak, buah apel juga memiliki kegunaan atau manfaat yang banyak untuk kesehatan. Kandungan dari buah apel tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Menetralisir kadar gula darah
    Diabetes militus atau sering disebut dengan penyakit gula merupakan penyakit yang sangat diwaspadai. Dengan mengkonsumsi buah apel, dapat mengontrol kadar gula darah, meskipun buah apel memiliki rasa yang sedikit manis.
  2. Menurunkan kolesterol
    Dengan mengkonsumsi buah apel 1 hari setiap harinya, dipercaya dapat mengurangi asupan kalori sekitar 15%. Hal ini dikarenakan buah apel mempunyai kandungan serat yang tinggi, serta dapat mengikat lemak dalam tubuh yang selanjutnya akan dibuang oleh tubuh.
  3. Menurunkan berat badan
    Bagi mereka yang merencanakan diet, mengkonsumsi buah apel sangat bermanfaat. Karena buah apel mempunyai kandungan serat yang tinggi. Buah apel dapat merespon lambung agar memuat cepat kenyang karena kandungan seratnya.
  4. Mencegah penyakit stroke
    Banyak yang belum mengetahui bahwa buah apel dapat mencegah penyakit stroke. Menurut hasil penelitian ditemukan bahwa buah yang memiliki daging berwarna putih seperti halnya buah apel dapat mengurangi risiko penyakit stroke. Karena buah yang memiliki warna daging putih mengandung senyawa Phytochemical yang bermanfaat seperti karenoid dan flavanoid yang mana keduanya mempunyai fungsi sebagai antioksidan.
  5. Mengurangi risiko penyakit jantung
    Manfaat dari buah apel selanjutnya yaitu mengurangi risiko penyakit jantung. Mengkonsumsi buah apel 1-2 hari setiap harinya dapat memperkecil risiko penyakit jantung serta dapat menurunkan kolesterol. Buah apel ini dapat mengurangi peradangan dan penyumbatan pada dinding pembuluh darah atau arteri. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan serat larut dalam lemak, misalnya fitonutrein, pektin, serta antioksidan yang dapat mencegah kolesterol menumpuk.
  6. Melancarkan buang air besar
    Dikarenakan apel memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga dapat melancarkan buang air besar. Agar buang air besar lancar maka disarankan untuk mengkonsumsi buah apel ini langsung dengan kulitnya.
  7. Menurunkan risiko kanker
    Manfaat dari buah apel yang selanjutnya yaitu menurunkan risiko kanker. Karena kandungan antioksidan yang dimilikinya dapat membantu mengurangi peradangan. Namun manfaat yang satu ini masih di butuhkan penelitian lebih lanjut.
  8. Mengurangi risiko penyakit batu empedu
    Penyakit batu empedu dapat disebakan karena menumpuknya kolesterol yang terlalu berlebih pada saluran empedu. Bagi mereka penderita penyakit bagi empedu maka disarankan untuk diet rendah kolesterol dengan mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan serat yang tinggi dan salah satunya yaitu buah apel.
Baca Juga :  Jaringan Xilem dan Floem, Beserta fungsinya.

Demikian beberapa penjelasan mengenaiTanaman Apel: Klasifikasi, Deskripsi, Kandungan Dan Kegunaan Untuk Kesehatan. Bahwa manfaat dari apel untuk kesehatan begitu beragam, serta perlu kita ketahui serta terapkan untuk mendapatkan kegunaan dari beberapa kandungan yang terdapat pada buah apel. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat menambah pwngwtahuan dan wawasan kita.

Baca juga:

/* */