Sistem Penggolongan Darah ABO : Pengertian, Karakteristik dan Pengaruhnya Lengkap

5 (100%) 1 vote[s]

Sistem Penggolongan Darah ABO

Sistem penggolongan darah ABO – Setiap individu tidak sama golongan darahnya. Perbedaan golongan darah ini digolongkan kedalam tipe A, B, AB maupun O. Status rhesus (Rh) darah juga dibedakan menjadi positif dan negatif. Perbedaan – perbedaan inilah yang harus diperhatikan dalam pemakaian darah dunia medis. Inilah ulasan singkatnya mengenai sistem penggolongan darah ABO. Kalian mengetahui karakteristik ini sangat bermanfaat, mengingat bahwa darah mempunyai peranan yang terpenting untuk tubuh.

golongan darah manusia

Memahami Karakteristik Golongan Darah

Golongan darah individu ditentukan menurut ada atau tidak adanya zat antigen dalam sell darah merah serta plasma darah. Antigen fungsinya seperti tanda pengenalan sel dalam tubuh kalian. Hal ini agar tubuh dapat membedakan sel tubuh sendiri terhadap sel yang asalnya dari luar tubuh. Apabila sel dan juga antigen yang berlawanan masuk di dalam tubuh, maka sistem kekebalan tubuh ini akan memulai perlawanan pada sel yang dianggap asing itu dengan cara memproduksi antibodi.

Terdapat 2 (dua) teknik yag digunakan untuk mengklasifikasikan darah, yakni memakai sistem ABO serta rhesus (Rh). Dari kedua sistem tersebut dapat membantu sekali bila kalian ingin menjalani transfusi darah.

Tipe Golongan Darah Manusia

Lewat sistem ABO, maka golongan darah dibedakan jadi 4 (empat) tipe, yakni A, B, AB serta O. Berikut ulasan lengkapnya :

  • Apabila kalian mempunyai golongan darah jenis A, maka kalian mempunyai antigen A dalam sel darah merah serta memproduksi antibodi guna melawan sel darah merah terhadap antigen.
  • Apabila kalian mempunyai golongan darah jenis B, maka kalian mempunyai antigen B dalam sel darah merah terhadap antigen A.
  • Apabila kalian mempunyai golongan darah jenis AB, maka kalian mempunyai antigen A dan juga B dalam sel darah merah. Hal ini pun berarti bahwa kalian tidak mempunyai antibodi B dan A dalam plasma darah.
  • Apabila kalian mempunyai golongan darah jenis O, maka kalian tidak mempunyai antigen A maupun B dalam sel darah merah. Orang yang berjenis golongan darah O akan memproduksi antibodi A dan juga B dalam plasma darah.
Baca Juga :  6 Cara Memelihara Kesehatan Rangka Tubuh Manusia

Dahulu, pemilik golongan darah O ini dapat mendonorkan darahnya di semua golongan darah, akan tetapi kini sudah tidak di anjurkan lagi untuk pendonoran tersebut. Golongan darah O negatif ini memungkinkan mempunyai antibodi yang dapat mengakibatkan reaksi serius saat selama transfusi darah berlangsung. Sementara golongan darah O yang positif hanya boleh diberikan kepada seseorang dalam situasi darurat, yakni apabila seorang pasien yang sedang terancam jiwanya maupun persediaan tipe darah yang sesuai ini tidak mencukupi.

Sebaliknya, apabila golongan darah jenis AB termasuk penerima universal. Kalangan tersebut dapat memperoleh transfusi darah yang berasal dari jenis A, B, AB maupun O. Akan tetapi, kalangan tersebut hanya dapat mendonorkan darahnya pada mereka yang sama berjenis AB saja.

Faktor resus (Rh) ialah jenis antigen yang terdapat dalam sel darah merah. Apabila kalian mempunyai faktor Rh maka disebut dengan resusu positif, dan apabila tidak mempunyai faktor Rh maka disebut dengan resus negatif.
Orang yang mempunyai Rh negatif dapat mendonorkan darahnya pada orang yang mempunyai status Rh yang negatif dan juga Rh positif. Pendonor dengan Rh yang positif hanya dapat memberikan darahnya untuk orang yang berstatus Rh positif.

Pengaruh Golongan Darah Orang Tua Untuk Anak

Golongan darah kalian dan pasangan akan menjadi penentu pada golongan darah anak.akan tetapi, harus diingat bahwa golongan jenis darah anak ini tidak selalu sama persis dengan kedua orang tuanya. Ada sejumlahh perpaduan golongan jenis darah yang dapat menghasilkan jenis yang berbeda.

  • Golongan darah O dan O. Apabila kalian dan juga pasangan kalian mempunyai golongan darah itu, maka anak kalian ini nanti akan mempunyai golongan darah O juga.
  • Golongan darah A dan O. Apabila kalian dan juga pasangan mempunyai golongan jenis darah itu, maka anak kalian akan mempunyai golongan darah O maupun A.
  • Golongan darah O dan B. Apabila kalian dan juga pasangan mempunyai golongan darah itu, maka anak kallian akan mempunyai golongan darah jenis B maupun O.
  • Golongan darah A dan A. Apabila kalian dan juga pasangan mempunyai golongan jenis darah itu, maka anak kalian akan mempunyai golongan darah A maupun O.
  • Golongan darah B dan A. Apabila kalian dan juga pasangan mempunyai golongan darah itu, maka anak kalian akan mempunyai jenis golongan O, B, A, atau AB.
  • Golongan darah B dan B. Apabila kalian dan juga pasangan mempunyai golongan darah itu, maka anak kalian mempunyai darah B atau O.
  • Golongan darah O atau AB. Apabila kalian dan pasangan ini mempunyai golongan darah tersebut maka hasilnya mmepunyai anak golongan darah B atau A.
  • Golongan darah A dan AB. Apabila kalian dan juga pasangan mempunyai golongan dara itu, maka anak kalian darahnya AB, B dan A.
  • Golongan darah B atau AB. Apabila kalian dan juga pasangan mempunyai golongan darah ini, maka anak kalian akan mempunyai golongan darah AB, A maupun B.
  • Golongan darah AB dan AB. Apabila kalian dan pasnagan mempunyai golongan darah ini, maka anak kalian akan mempunyai golongan darah AB, B, maupun A
Baca Juga :  Organ Reproduksi Laki Laki : Pengertian, Fungsi, Bagian - bagiannya Lengkap

Nah, jadi dengan kalian mengetahui sistem penggolongan darah ABO, maka bisa bermanfaat bagi diri kita sendiri ataupun untuk orang lainnya. Oleh sebab itu, maka periksakanlah jenis golongan darah apa kalian, bila kalian belum mengetahuinya. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

Baca juga:

/* */