Serial Tanaman Obat (Adas) – Pengertian, Karakteristik, Kandungan dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

5 (100%) 1 vote[s]

Serial Tanaman Obat: Adas, Deskripsi Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Serial Tanaman Obat : Adas, Deskripsi, Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan – Obat tidak hanya dalam bentuk kapsul atau sirup yang terbuat dari bahan kimia. Namun, terdapat obat yang berasal dari tanaman alami. Pada zaman dahulu banyak orang memanfaatkan berbagai tanaman sebagai obat herbal. Hal tersebut dikarenakan belum adanya seorang dokter yang dapat membuat obat dari bahan bahan kimia. Selain itu, hanya orang tertentu yang membuatnya dan dijual dengan harga yang begitu mahal. Sehingga membuat obat dari tanaman menjadi solusi untuk menyemuhkan penyakit.

Adas merupakan salah satu tanaman obat yang dari dulu sampai sekarang masih sering digunakan sebagai obat alami yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain sebagai obat adas juga berfungsi sebagai bumbu masakan. Penjelasan lebih lanjut mengeni Serial Tanaman Obat: Adas, Deskripsi, Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan akan kami uraikan sebagai berikut.

Karakteristik Tanaman Adas

Adas merupakan tanaman yang berasal dari wilayah Mediterania. Tumbuhan ini memiliki nama latin yaitu Foeniculum vulgare Miller yang berasal dari family Apiaceae. Secara umum tanaman obat ini sering disebut dengan nama Adas, akan tetapi memiliki nama lain yang berbeda dibeberapa daerah. Misalnya di daerah Aceh (Das-Pedas), Melayu (Adas), Minangkabau (adasmanis), Sunda (Hades), Jawa Tengah (Adas), Madura (Adhas), Bali (Adas), Sumba (Walawunga), Makasar (Rempusa), Bugis (Adase).

Baca Juga :  Sistem Transportasi Pada Tumbuhan (Tingkat Rendah dan Tinggi) dan Teorinya Lengkap

Tanaman adas memiliki tinggi kurang lebih sekitar 2 m. Memiliki batang yang berlubang, beruas, beralur, dengan cabang monopodial dan berwarna hijau keputih-putihan. Tanaman ini memiliki daun majemuk, menyirip ganda, dengan bentuk daun jarum dengan ujung dan pangkalnya yang runcing. Pada daun tersebut terdapat aurikel pada ujungnya, tepi rata, panjang daun sekitar 30-50 cm, dengan lebar 15-25 cm, dan panjang pelepahnya 5-7 cm, berwarna hijau dan hijau muda. Bunga tanaman adas majemuk dengan bentuk payung yang terdapat diujung batang, kelopak bunga memiliki bentuk tabung dengan warna hijau, mahkota berjumlah lima dengan warna kuning.

Ketika berbuah tanaman Adas memiliki bentuk buah yang lonjong, beralur, dengan panjang sekitar 6-10 mm, lebar 3-4 mm. Buah berwarna hijau ketika masih muda dan berwarna hijau keabu-abuan ketika sudah tua. Akar pada tanaman Adas tunggang dan berwarna putih.

Semua bagian tanaman adas ini mulai dari batang, daun, tangkai, biji, dan ujung batangnya memiliki manfaat. Adas ini dapat dikonsumsi dalam bentuk ekstrak, dan bumbu masakan yang dapat meningkatkan kesehatan serta mengatasi beberapa penyakit.

Kandungan Tanaman Adas

Terdapat beberapa kandungan zat gizi yang penting di dalam tanaman adas. Kandungan zat gizi tersebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Adas mengandung berbagai zat, seperti serat makanan, karbohidrat, protein, dan lemak akan tetapi tanpa kolesterol. Kandungan vitamin pada Adas meliputi, vitamin A, vitamin C, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (piridoksin)), vitamin B9 (asamfolat), vitamin E, dan vitamin K.

Selain mengandung berbagai macam vitamin yang bemanfaat untuk tubuh, adas juga mengandung berbagai mineral penting, seperti fosfor, zatbesi, kalsium, natrium, seng, mangan, potasium, magnesium, selenium, sodium, dan tembaga. Selain itu juga terdapat kandungan zat lain di dalam Adas, yaitu kolin, lutein, anetol, zeaxantin, asam rosmarinic, flavonoid, asam klorogenik, terpen, serta beberapa asam amino esensial seperti leusin, triptofan, isoleusin, dan fenilalanin.

Baca Juga :  15 Tumbuhan Menyimpan Cadangan Makanan Beserta Contohnya Lengkap

Manfaat Adas Bagi Kesehatan Tubuh

Melihat begitu banyak kandungan zat yang ada di dalam Adas, sudah pastinya bahwa tanaman ini begitu banyak memiliki manfaat bagi kesehatan, yaitu sebagai berikut.

1. Melawan peradangan serta infeksi di dalam tubuh

Adas dapat bermanfaat untuk melawan infeksi dan peradangan yang terjadi di dalam tubuh, seperti rasa nyeri atau infeksi. Beberapa zat memiliki sifat anti inflamasi seperti kolin dan anetol.

2. Meningktakan system kekebalan tubuh

Manfaat utama yang dimiliki oleh adas islsh dapat meningkatkan system kekebalan tubuh. Beberapa kandungan zat seperti antioksidan, selenium, dan lainnya memiliki efek mampu merangsang produksi sel T yang dapat menghilangkan zat asing penyebab penyakit.

3. Menjaga kesehatan jantung

Berapa kandungan zat gizi yang dimiliki adas dapat menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida di dalam darah. Selain itu, kandungan vitamin B juga dapat mencegah keruskan pembuluh darah yang sangat berhubungan dengan kesehatan jantung.

4. Memperbaiki metabolisme tubuh

Mengkonsumsi adas dapat memperbaiki metabolisme tubuh yang terkait dengan system pencernaan. Ketika system pencernaan tubuh meningkat maka akan berdampak pada berat badan tubuh, sehingga berat badan dapat terkontrol.

5. Mencegah penyakit pada tulang

Kandungan beberapa zat, seperti kalsium, mangan, zat besi, dan seng dapat menjaga struktur tulang agar tetap kokoh. Kandungan beberapa vitamin, diantaranya vitamin B9 atau asam folat serta vitamin K dapat menurunkan resiko terjadinya patah tulang.

6. Mencegah penyakit kanker

Adas dapat mencegah penyakit kanker dengan zat-zat yang dapat menangkal radikal bebas dan melakukan detoksifikasi racun penyebab kanker.

7. Membantu mengontrol tekanan darah

Kandungan natrium pada adas dapat menurunkan tekanan darah, dan kandungan kalium dapat membantu kontruksi pembuluh darah.

Baca Juga :  Asam Jawa : Klasifikasi, Deskripsi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Terlengkap

Nah, itulah berapa penjelasan mengenai Serial Tanaman Obat: Adas, Deskripsi, Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan. Dapat kita ketahui bahwa begitu banyak kandungan zat-zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Adas dapat dikonsumsi dengan berbagai caraya itu sebagai bumbu masakan atau ekstrak adas. Semoga pembahasan tersebut dapat bermanfaat.

Baca juga:

/* */