Reptil Klasifikasi Lebih Rendah : Pengertian, Ciri dan Klasifikasinya Lengkap

5 (100%) 1 vote[s]

Reptil Klasifikasi Lebih Rendah : Pengertian, Ciri dan Klasifikasinya Lengkap

Reptil klasifikasi lebih rendah – hewan reptil kerap dikenal sebagai hewan melata yakni vertebrata yang darahnya dingin dan kadang mempunyai sisik kulitnya. Reptil ialah bagian dari hewan tetrapoda. Walaupun sekarang ini sejumlah reptil misalnya ular tanpa kaki, akan tetapi ular adalah keturunan dari hewan tetrapoda. Berikut kami jelaskan dengan ringkas mengenai reptil klasifikasi lebih rendah.

Pengertian hewan reptil

Reptil kadang menjalankan pembuahan dengan internal dan menjalankan reproduksinya dengan seksual. Reptil kadang bertelur didaratan, walaupun habitatnya diair. Berbeda pula dengan hewan amfibi, reptil mempunyai kulit sisik paling bermanfaat guna mengurasi kehilangan air pada kulitnya. Sisik dalam reptil mengandung keratin serta lipid lilin. Seluruh reptil napasnya memakai paru-paru.

Ciri-Ciri Hewan Reptil

Hewan reptil memiliki beberapa ciri diantaranya sebagai berikut :

  1. Hewan reptil termasuk dalam jenis hewan vertebrata atau bertulang belakang. Di setiap reptil kadang mempunyai empat kaki yang dipakai untuk melata, walaupun tidak semua reptil dapat kita tahu langsung kakinya.
  2. Ukuran tubuh yang dipunyai pengklasifikasian reptil ini bervariasi. Anggota tubuh yang dipunyai reptil termasuk lengkap yakni terdiri dari kepala, leher, badan serta ekor. Otak reptil kadang mempunyai benjolan yang ada di bagian belakang kepalanya. Di setiap reptil mempunyai dua pasang kaki yang jumlahnya jari ada 5 terkecuali ular.
  3. Hewan reptil pun mempunyai kelenjar bau yang ada di dekat kloaka. Untuk kura-kuranya, kelenjar bau bisa dijumpai diantara perisai dorsal (karapaks) serta perisai ventral (plastron).
  4. Kulit tubuh reptil dilindungi dengan perisai epidermal maupun yang kerap kita kenal dengan sisik. Dalam sisik reptil ini ada protein keratin yang dapat membuat kulit reptil sebagai kedap air serta mencegah reptil terjadi dehidrasi dalam udara ketika dilingkungan kering.
  5. Reptil ialah bagian dari jenis hewan yang darahnya dingin. Reptil mengatur suhu tubuhnya melalui adaptasi tingkah laku, tidak hanya sistem metabolismenya. Namun suhu tubuh reptil ini kadang akan sama maupun menyesuaikan pada suhu lingkungan tempatnya berada.
  6. Alat pencernaan yang dipunyai reptil ini termasuk lengkap. Alat pencernaan yang dipunyai reptil mencakup mulut, esofagus, lambung, lalu usus halus, usus besar, serta kloaka. Pada bagian mulutnya ada gigi dan lidah.
  7. Peredaran darah hewan reptil ialah peredaran darah dengan tertutu ganda. Reptil mempunyai 4 ruang dalam jantungnya, dua ruang serambi dan dua ruang bilik. Namun sekat pembatas kedua bilik ini belum sempurna.
  8. Alat ekskresi yang di punyai reptil ialah ginjal dengan bentuk pipih.
  9. Alat indera yang dipunya reptil ada 3, yakni mata, hidung serta telinga.
  10.  Sistem sarapnya ialah otak dengan 12 pasang dari saraf kranial.
  11. Alat kelamin reptil terpisah. Fertilitasi hewan reptil kadang mengalami dengan internal pada tubuh reptil betina. Salah satunya mempunyai cara berkembang biak hewan melalui bertelur/ ovipar, akan tetapi sebagiannya reptil ini berkembang biak melalui bertelur melahirkan/ ovovipar.
  12. Reptil bisa bertahan hidup pada waktu yang lumayan lama. Penyu dan juga kura-kura bisa bertahan hidup dari 20 sampai 100 tahun. Buaya dan telur ular yang ukurannya beasr bisa bertahan hidup kurang lebih 25 tahun hingga 40 tahun. Sementara jenis ular yang ukurannya kecil bisa bertahan hidup kurang lebih 20 tahun.
Baca Juga :  Hewan Mamalia : Pengertian, Ciri, Pembagian Ordo dan Contohnya Terlengkap 

Klasifikasi Hewan Reptil

Reptil ialah bagian jenis hewan yang paling beranekaragam dengan mudah dikenali pada kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah klasifikasi reptil yang berada di dunia, antara lain :

1. Ordo crocodylia

Ordo ini yang sangat besar sekali daripada ordo lainnya. Bentuk kulitnya pyn mengalami sebab mengandung kepingan tulang yang menyusun berderet serta berlunas sampai bentuknya ini perisai dermal dengan kanudngan sisik bahan tanduk. Kepala reptil ordo ini bentuknya mirp piramida keras serta kuat. Pada bagian mulutnya kadang disertai gigi runcing serta bertipe poliodont.

Pembagian reptil orcocrodyla reptil yang berjenis ini mempunyai 4 tungkai pendek akan tetapi paling kuat. Di siang hari ia akan berjemur guna mempertahankan suhu tubuhnya supaya tetap hangat. Namun dimalam harinya ia akan berburu mangsa.

2. Ordo rhynchhocephalia

Ordo tersebut sudah diketahui lewat catatan fosil bahwa era triasik akhir yakni antara 210 hingga 220 juta tahun lalu. Jenis ordo ini tengkorak serta bentuknya mempunyai panjang kurang lebih 30 cm. Bentuk morfologi ini mirip anggota lacertilia. Seluruh jenis reptil tersebut masuk pada ordo tersebut yakni karnivora serta mencari makan ketika malam harinya.

Reptil tersebut kadang menjalankan reprodduksinya melalui internal serta berkembangbiak secara bertelur. Sama halnya reptil lainnya, telur yang telah dikeluarkan tubuh serta menyimpannya dalam lubang tanah yang menetas sesudah dalam 1 tahun. Habitat ordo ini ada di daratan.

3. Ordo squamata

Ordo ini dikenal dengan reptilia bersisik. Sisik ini dibuat dengan bahan tanduk yang akan terjadi pergantian dengan periodik. Persebaran reptil jenis ordo ini paling luas dan ada dibelahan dunia terkecuali Arktik, irlandia, antartika dan selandia baru. Reptil ini menjalankan reproduksinya dengan ovovipar dan ovivipar.

Baca Juga :  7 Contoh Simbiosis Kompetisi Pada Hewan Terlengkap

4. Ordo testudines

Ordo testudines ialah jenis reptil yang mempunyai skeleton dengan sebagian termodifikasi sebagai karapaks serta plastron. Rahang-rahang dalam reptil tersebut kadang tidak bergigi akan tetapi mempunyai zat tanduk. Reptil tersebut mempunyai karapaks keras serta di sisi tubuhnya menyaty dengan plastron.

Itulah sejumlah hal yang terkait dengan reptil klasifikasi lebih rendah. Sebagain dari reptil ini adalah hewan buas yang berbahaya untuk manusia (misalnya saja ular serta buaya), akan tetapi sebagainnya lagi adalah hewan sering dipakai menjadi peliharaan. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

/* */