Reaksi Alergi Dalam Tubuh Manusia : Penyebab, Gejala dan Diagnosanya Lengkap

5 (100%) 1 vote[s]

Reaksi Alergi Dalam Tubuh Manusia

Reaksi alergi dalam tubuh manusia – semua orang sudah pernah mendengar ataupun merasakan alergi, misalnya seperti proses timbulnya gatal di area kulit pada saat digigit serangga. Hal yang satu ini termasuk bagian dari reaksi yang kerap dialami pada tubuh manusia. Berikut ini akan diulas dengan singkat mengenai reaksi alergi dalam tubuh manusia.

Berbagai alergi seperti alergi obat, makanan, senjata biologi maupun alergi udara dan sejenis alergi lainnya sudha tentu dapat membuat kita tidka nyaman dan apalagi tak jarang yang berujung di sesuatu yang fatal bila alergi ini parah dan tidak kunjung mendapatkan penanganan yang serius.

Allergen maupun substansi menimbulkan alergi ini hanya berdampak untuk orang yang mempunyai alergi yang dikarenakan alergi dalam tubuh manusia. Untuk orang lain yang tidak memiliki kronologisnya alergi, jadi tidak akan merasakan timbulnya suatu alergi walaupun terdapat allergen ini.

Lantas, apa sih yang dimaksud dengan alergi ini ?

Adapun yang dimaksud dari alergi ialah reaksi sistem pada kekebalan tubuh ada sautu yang dianggap asing bagi tubuh itu. Reaksi ini bisa berbentuk reaksi berbahaya dan tak berbahaya.
Hal ini berkaitan dengan substansi pad asentuhan langsung terhadap tubuh maupun sesuatu yang masuk dengan langsung di tubuh. manifestasi alergi ini tidak harus selalu muncul pada bentuk alergi kulit, akan tetapi alergi ini dapat muncul di bagian mata bengkak maupun merah disertai gatal dan berair. Dan yang sangat membahayakan alergi ini dapat dialami di bagian sistem pernapasan.

Baca Juga :  Organ Reproduksi Laki Laki : Pengertian, Fungsi, Bagian - bagiannya Lengkap

Penyebab Alergi

Secara umum, alergi ini disebabkan oleh segala apapun dan tergantung dari seseoang sendiri alergi pada sesuatu yang sebagai alerginya. Misalnya seperti allergen pada suhu udara, zat tertentu yang terdapat di suhu udara yakni debu/ serbuk sari, makanan tertentu, dan obat obatan tertentu. Selain itu ada pula yang alergi pada bulu hewan dan berbagai jenisnya.

Berbeda orang, maka sudah tentu berbeda pula jenis alerginya. Tetapi, kebanyakan alergi ini merupakan alergi yang sifatnya heredity maupun alergi yang diturunkan dai orangtuanya pada anak-anaknya.

Reaksi Alergi Dalam Tubuh Manusia

Pada saat orang telah terpapar alergi, maka tubuhnya dengan otomatis dapat memproduksi antibody IgE sendiri, untuk mengikat allergen ini. antibody yang melekat di sel darah dinamakan dengan sel mast. Sel mast tersebut sendiri bisa dijumpai dalam saluran pernapsan, saluran pencernaan serta berbagai tempat yang lain.
Sel mast ini akan melepaskan beragam bahan kimia menuju ke dalam darah, jadi muncullahreaksi alergi ini menjadi bentuk dari proteksi dalam tubuh. senyawa kimia khususnya yang memproduks sel mast tersebut adalah histamine yang mengakibatkan sebagian besar dari reaksi elergi ini.

Gejala Reaksi Alergi

Secara umum, gejala dari reaksi alergi terdiri dari 3 (tiga) jenis, yaitu sebagai berikut :

1. Ringan

Misalnya sedikit terdapat rasa bersin dan rasa gatal

  • Bercak merah (terdapat bintik bintik merah gatal di kulit)
  • Gatal
  • Hidung menjadi tersumbat (rhinitis)
  • Ruam
  • Mata menjadi berair dan gatal

Reaksi alergi yang parah bisa mengakibatkan gejala yang lain yakni :

  1. Kram atau nyeri pada perut
  2. Rasa sakit/ sesak di bagian dada
  3. Diare
  4. Kesulitan saat menelan
  5. Pusing atau vertigo
  6. Kecemasan dan ketakutan
  7. Wajah menjadi merah
  8. Mual serta muntah
  9. Palpitasi jantung
  10. Pembengkakan di bagian wajah, mata maupun lidah
  11. Kelemahan
  12. Mengi
  13. Sulit bernafas
  14. Ketidaksadaran
Baca Juga :  5 Hormon yang Berpengaruh Menentukan Berat Badan Manusia

2. Gejala menengah

Mislanya hanya bersin berlebihan maupun rasa gatal yang mulai menyerang di bagian tubuh kalian dan rasa mata menjadi benkak, berair serta merah.

3. Gejala berat

Misalnya kalian sudah merasakan sakit yang tidak mampu lagi untuk bagun serta terasa sesak. Reaksi alergi yang parah ini dan beberapa detik tiba tiba bisa berkembang sesudah terkena allergen. Jenis reaksi tersebut dikenal menjadi anafilaksi dan termasuk dalam gejala yang akan mengancam jiwa, yakni termasuk pula pada pembengkakan di bagian saluran pernapasan serta ketidakmampuan guna bernapas dan penurunan dramatis mendadak tekanan darah. Jika kalian terjadi reaksi alergi tersebut, maka carilah segera bantuan untuk darurat. Tidak menggunakan pengobatan maka kondisi ini bisa menyebabkan kematian dengan kurun waktu 15 menit.

Mendiagnosa Reaksi Alergi

Reaksi alergi bisa didiagnosis dokter, yakni kalian jika terjadi gejala reaksi alergi maka dokter akan menjalankan pemeriksaan dengan menanyakan riwayat kesehatan kalian. Apabila reaksi alergi ini parah, maka dokter akan meminta kalian untuk membuat sebuah jurnal detail tentang gejala dan zat yang mengakibatkan alergi ini apa. Dokter akan memesan teks guna menentukan penyebab alergi kalian. Jenis secara umum tes ini diantaranya :

  1. Tes kulit
    Tes kulit dijalankan dengan cara menerapkan beberapa kecil allergen yang diduga di bagian kulit dan mengawasi reaksinya. Substansi allergen yang ditempelkan di kulit diterapkan di tususkan kecil kulit maupun disuntikan di bawahnya bagoan kulit.
  2. Tes tantangan atau jenis eliminasi
    Tes tantangan untuk mendiagnosa makanan. Tes ini melibatkan penguragan makanan dari diet kalian selama smingguan serta mengawasi dari gejalan yang akan terjadi pada makanan kalian ini.
  3. Tes darah
    Tes darah yakni tes alergi di bagian darah kalian guna memeriksa terjadinya antibody melawan allergen. Antibody ialah protein dalam tubuh guna melawan zat berbahaya. Tes darah terjadi saat tes kulit.
Baca Juga :  Kelenjar Tiroid : Pengertian, Fungsi, Gangguan, dan Cara Menjaganya Terlengkap

Nah, itu tadi penjelasan tentang reaksi alergi dalam tubuh manusia. Kalian mungkin tidak bisa mencegah reaksi alergi ini. Namun kalian bisa menghindarinya dengan segera membawa ke dokter bila terjadi hal-hal yang serius sehingga segera mendapatkan pengobatan. Semoga bermanfaat.

Baca juga: