Rangka Manusia : Kegunaan, Bagian – Bagian, Kelainan dan Cara Merawatnya

Posted on

Rangka Manusia : Kegunaan, Cara Menjaga dan Merawatnya

Rangka Manusia : Kegunaan, Cara Menjaga dan Merawatnya – Sebagai penyusun rangka, tulang merupakan jaringan hidup yang terdiri atas sel-sel tulang, pembuluh-pembuluh darah, dan saraf. Disebut jaringan hidup karena tulang dapat tumbuh dan berkembang. Sel-sel tulang mengandung banyak kalsium (zat kapur), fosfat, dan kolagen (zat perekat). Oleh karena itu, tulang sangat kuat dan keras. Pada manusia, rangka memiliki bagian-bagian tertentu berikut penjelasannya.

1. Bagian-Bagian Rangka

Secara umum rangka tubuh terdiri atas tiga bagian. Ketiga bagian rangka tubuh yaitu rangka kepala, rangka badan, dan rangka anggota gerak.

  1. Rangka Kepala (Tengkorak)
    Secara umum rangka kepala (tengkorak) terdiri atas bagian depan dan bagian belakang. Rangka kepala bagian depan terdiri atas tulang dahi, tulang hidung, tulang pipi, tulang rahang atas, dan tulang rahang bawah. Rangka kepala bagian belakang berbentuk seperti tempurung kelapa. Maka dari itu, rangka kepala bagian belakang sering disebut batok kepala. Rangka kepala bagian belakang ini terdiri dari tulang ubun-ubun dan tulang pelipis.
  2. Rangka Badan
    Rangka badan tersusun mulai dari tulang leher hingga tulang ekor. Di dalam rangka badan terdapat ruas-ruas tulang belakang, tulang rusuk, dan tulang dada. Pada ruas-ruas tulang belakang, 7 ruas yang paling atas merupakan tulang leher. Sementara itu, 26 ruas tulang berikutnya merupakan tulang punggung serta tulang ekor. Dengan demikian, ruas-ruas tulang belakang seluruhnya berjumlah 33 ruas. Tulang punggung bagian atas melekat pada tulang rusuk. Di atas rongga dada terdapat rangka bahu. Bahu dibentuk oleh tulang selangka dan tulang belikat.
  3. Rangka Anggota Gerak
    Rangka anggota gerak ini terdiri atas anggota gerak atas dan anggota gerak bawah. Rangka anggota gerak atas ini menyusun sepasang tangan, sedangkan rangka anggota gerak bawah menyusun sepasang kaki. Rangka tangan terdiri dari tulang lengan atas, tulang hasta, tulang pengumpil, tulang pergelangan tangan, tulang telapak tangan, dan tulangtulang jari tangan. Sementara itu, rangka kaki terdiri atas tulang paha, tulang tempurung lutut, tulang betis, tulang kering, tulang pergelangan kaki, tulang telapak kaki, dan tulang-tulang jari kaki.
Baca Juga :   Sendi Mati : Pengertian, Struktur, Fungsi Dan Kelainannya Lengkap

2. Kegunaan Rangka

Adapun beberapa fungsi rangka akan diuraikan seperti berikut.

  1. Memberi Bentuk Tubuh
    Rangka berfungsi untuk memberi bentuk tubuh. Rangka memberi bentuk yang khas pada tubuh manusia. Dengan demikian, kita dapat membedakan setiap orang dari bentuk tubuhnya. Misalnya ada orang yang bertubuh tinggi dan ada orang yang bertubuh pendek. Itulah salah satu kegunaan rangka.
  2. Menopang dan Menegakkan Badan
    Manusia memiliki tulang duduk dan tulang kaki yang sangat kuat. Tulang-tulang tersebut menopang berbagai kegiatan yang dilakukan manusia. Ketika duduk, tubuh ditopang oleh tulang duduk. Saat berdiri tubuh ditopang oleh tulangtulang kaki. Kita tidak dapat duduk, berdiri, maupun berjalan jika tidak ditopang dan ditegakkan oleh tulang.
  3. Melindungi Alat Tubuh
    Rangka juga memiliki fungsi untuk melindungi organ-organ dalam yang bersifat lunak seperti berikut ini:
    1) Rangka kepala (tengkorak) melindungi otak.
    2) Tulang dada dan tulang rusuk yang membentuk suatu rongga dada untuk melindungi jantung, paru-paru, dan sebagian alat pencernaan.
    3) Tulang belakang melindungi sumsum tulang belakang.
  4. Tempat Melekatnya Otot ( Daging)

Otot melekat pada rangka. Tanpa rangka, otot tidak mempunyai tempat melekat. Jadi, setiap tulang yang ada pada tubuh manusia selalu ditempeli oleh otot. Rangka akan bekerja sama dengan otot untuk melakukan gerakan. Namun, tulang dan otot tidak dapat menghasilkan gerakan yang baik tanpa bantuan sendi.

3. Kelainan Pada Rangka dan Cara Menjaga Rangka

Rangka atau tulang dapat mengalami kelainan. Kelainan ini dapat mengakibatkan perubahan bentuk tulang. Biasanya, kelainan ini terjadi pada tulang belakang dan tulang kaki.

Beberapa kelainan pada tulang belakang sebagai berikut :

  • Kifosis, yaitu tulang belakang yang terlalu bengkok ke belakang.
  • Lordosis, yaitu tulang belakang terlalu bengkok ke depan.
  • Skoliosis, yaitu tulang belakang terlalu bengkok ke kiri atau kanan.
Baca Juga :   6 Kelainan Kulit Pada Manusia dan Cara Mengatasinya Lengkap

Sementara itu, tulang kaki juga dapat mengalami kelainan. Beberapa kelainan pada tulang kaki seperti berikut.

  • Tulang kaki melengkung ke luar seperti huruf O.
  • Tulang kaki melengkung ke dalam seperti huruf X.

Kelainan tulang kaki seperti di samping disebut rakhitis. Kelainan ini disebabkan kekurangan vitamin D. Vitamin ini sangat diperlukan dalam pembentukan tulang, terutama pada masa kanak-kanak.
Agar kita dapat mencegah terjadinya kelainan pada tulang ataupun mungkin saja terserang penyakit alangkah baiknya kita merawat rangka kita.

Cara Merawat Rangka

Hal-hal yang perlu dilakukan untuk merawat rangka kita sebagai berikut.

  1. Membiasakan Sikap Tubuh yang Benar
    Sikap tubuh yang benar seperti berikut :
    1) Saat duduk, punggung harus tegap.
    2) Saat berdiri, tubuh harus dalam posisi tegak.
    3) Saat tidur, tubuh sebaiknya dalam posisi lurus dan telentang. Jangan tidur tengkurap, karena akan mengganggu rangka dan juga pernapasanmu.
  2. Makan Makanan Bergizi
    Makanan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang yaitu makanan yang mengandung kalsium, vitamin D, dan fosfor. Makanan yang mengandung vitamin D antara lain susu, ikan, dan kuning telur. Fosfor terdapat pada jagung, kacang-kacangan, dan ikan. Kalsium terdapat pada susu, buah-buahan, ikan, dan kacang-kacangan.
  3. Berolahraga secara Teratur
    Berolahraga secara teratur dapat memperkuat tulang. Berolahraga paling baik dilakukan pada waktu pagi hari. Sinar matahari pagi sangat baik bagi kesehatan tulang. Sinar matahari pagi membantu mengubah provitamin D menjadi vitamin D.

Demikianlah artikel tentang pembahasan Rangka Manusia : Kegunaan, Cara Menjaga dan Merawatnya, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga: