Ragam Tumbuhan Langka di Indonesia dan Di Dunia Terlengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote

Ragam Tumbuhan Langka di Indonesia dan di Dunia

Tumbuhan langka di indonesia dan di dunia – Tumbuhan langka ialah tumbuhan yang persebarannya semakin berkurang dan menghilang di dunia. Tumbuhan jenis ini biasanya mempunyai ciri yang sulit dikembangbiakkan dan media dari pertumbuhannya sangat spesifik.

Sebenarnya jenis tumbuhan ini dapat kita kategorikan di berbagai belahan dunia termasuk di indonesia. Indonesia kaya dengan aneka ragam flora dan fauna. Terdapat banyak jenis tumbuhan langka yang masuk kelompok tumbuhan langka dan hidup di nusantara. Berikut ini tumbuhan langka di indonesia dan di dunia.

A. Tumbuhan Langka Di Indonesia

1. Bantal sulam

Bantal sulam adalah jenis pohon yang tingginya dapat mencapai 45m dengan diameter batang ±45cm. Persebaran tanaman ini diantaranya daerah sumatera, malaysa dan kalimantan timur.

2. Bayur

Bayur merupakan bahan pembuatan bangunan yang tumbuh sampai 59m dengan diameter ±54cm. Persebarannya ada di daerah serawak, kalimantan timur, sabah, dan india.

Baca Juga :   Bunga : Pengertian, Bagian - bagian, Jenis dan Fungsinya Lengkap

3. Damar

Termasuk jenis pohon yang langka dengan ketinggian mencapai 60m dengan diameter sampai 2m. Daerah persebarannya papua dan nusa tenggara.

4. Raflesia arnoldi

Bunga ini terkenal dengan bau busuknya/bangkai. Diameternya ±1m dan dapat dilihat di Taman nasional bengkulu.

5. Kantong semar

Ialah jenis tanaman karnivora yang mempunyai tujuan menghindari hewan lain dalam memakan serangga yang sudah ia tangkap sebagai proses pencernaannya

6. Edelweis

Bunga ini dikenal sebagai bunga abadi yang tidak mudah layu saat dipetik. Tanaman ini tumbuh hingga mencapai 8m dengan batang dapat sampai ukuran kaki manusia. Persebarannya dipegunungan jawa, lombok, sulawesi selatan dan sumatera selatan.

7. Bunga bangkai raksasa

Bunga ini mirip dengan arnoldi. Tumbuhan ini terbesar di dunia yang berasal dari talas talasan. Banyak kita jumpai di wilayah sumatera.

8. Tengkawang

Tengkawang adalah jenis pohon yang buahnya menjadi penghasil minyak nabati. Pohon ini dapat kita jumpai di kawasan kalimantan dan sumatera.

9. Jelutung

Jelutung yang memiliki nama latin costula adalah jenis kayu yang digunakan sebagai bahan pembuat perlengkapan rumah/ perabotan. Dapat kita temui di daerah sumatera, kalimantam, thailand selatan dan malaysia.

10. Cendana

Atau disebut dengan cendana wangi merupakan penghasil minyak dan kayu. Manfaatnya sebagai aromaterapi, bahan pembuatan dupa, rempah-rempah dan campuran parfum.

11. Sarang semut

Sarang semut adalah jenis tumbuhan epifit dari papua. Biasanya hidup dengan menempel di batang pohon besar yang tingginya mencapai ±8m serta tinggi kawasannyamencapai 2500 keatas permukaan laut.

12. Purwaceng

Manfaat dari tanaman ini sebagai penambah stamina. Kita dapat menjumpai tanaman ini di daerah jawa tengah seperti dieng.

13. Daun sang

Daun sang ini paling banyak ditemukan di wilayah asia tenggara. Temuan pertama sekitar abad 19 dihutan papua.

Baca Juga :   Akar tunggang dan akar serabut : Pengertian, Fungsi, Ciri, Contoh serta Perbedannya

14. Anggrek tebu

Adalah jenis anggrek terbesar atau raksasa. Berat serta besarnya melebihi ukuran anggrek umumnya. Saat ini di indonesia lumayan sulit di temukan, akan tetapi masih ada di daerah jambi kalimantan dan papua.

15. Akar tarak

Termasuk jenis pohon dengan diameter batang sekitar 159 cm. Tumbuhnya di daerah dengan ketinggian ±1700m diatas permukaan laut. Daerah persebarannya adalah akar karak/kara (wa punot) ialah myanmar, thailand, malaysia, kalimantan, filiphina dan sumatera.

16. Kokoleceran

Tanaman ini sangat misterius. Namun persebarannya tumbuhan langka sulit sekali ditemukan di indonesia. Bahkan hanya terdapat di Taman nasional ujung kulon.

17. Anggrek hitam

Anggrek ini memiliki bunga yang khas, yakni warna lidah bunga hitam. Daerah persebarannya ada dikalimantan timur, tetapi sulit ditemukan.
Dan masih banyak lagi tumbuhan langka lainnya seperti anggrek larat, korma rawa, palem merah, anggrek hartinah,Bertan, Mimba,Tembesu, Balamsuntai, Ulin, Kecapi, Gaharu, Meranti, Pakis ekormonyet, Anggrekpensil,dan Enau.

B. Tumbuhan Langka Di Dunia

Tumbuhan langka di dunia tak kalah juga dan masih banyak keanekaragaman yang mempunyai bentuk menawan. Tanaman ini sebagai icon di dunia.

1. Welwitschia mirabilis

Merupakan jenis tumbuhan yang tangguh dan asli dari Namibia. Tanaman ini mempunyai dua daun, sistem perakaran sertabatang. Maksimal ketinggiannya mencapai 2m. Umur tanaman panjangnya antara 400-15abad. Bisa hidup tanpa guyuran hujan selama 5 tahun.

2. Tanaman bola baseball

Tumbuhan ini bisa dijumpai di great karoo, Afrika selatan. Tanaman ini bentuknya unik dan banyak di buru sebagai koleksi.

3. Tanaman menari

Tanamaninijulukidengantanamanmenarisebabdaunnyabisabergerakseolahsepertitengahmenari/ membuatgerakan semaphore. Tidaksulitmenanamtumbuhanmenari ini,hanyaperlucahayamatahariserta air yang cukup. Tidakjuga membutuhkanpupukkhusus.

4. Tanaman kebangkitan

Merupakan jenis tanaman gurun. Bisa hidup di wilayah yang kering dan bertahan saat terjadinya kekeringan/ kemarau panjang. Apabila kamu ingin melihat, jumpai dikawasan gurun Cihuahua.

Baca Juga :   6 Fungsi Daun Pada Tumbuhan Beserta Penjelasannya Terlengkap

5. Pohon dinamit

Pohon dinamit ini mempunyai buah yang pada saat sudah matang akan meledak. Sampai sampai membuat hewan dan manusia yang bersebrangan akan luka luka. Maka dari itu dinamakan dengan pohon dinamit sebab mampu membuat ledakan.

6. Pohon darah naga

Getah pohon ini banyak dimanfaatkan menjadi obat. Warna merah terang serta mencolok dipakai untuk pewarna merah alami.

Dan masih banyak juga tumbuhan langka di dunia seperti pohon botol, silk floss tree, rainbow eucalyptus, Methuselah,Angel oak, dan elia bouybon.

Ternyata jenis atau macam Tumbuhan langka di indonesia dan di dunia sangat beragam sekali. Kita harus tetap menjaga supaya tidak menjadi punah atau rusak. Jangan malah melakukan suatu hal yang bisa membuat populasi tanaman berkurang. Dan terus menjaga serta berperan dalam melindungi tanaman langka.

Baca juga: