Proses Terjadinya Fotosintesis pada Tumbuhan beserta Gambarnya Terlengkap

1.7 (33.33%) 27 votes

Proses Terjadinya Fotosintesis pada Tumbuhan beserta Gambarnya

Proses fotosintesis pada tumbuhan beserta gambarnya – Fotosintesis merupakan proses perkembangbiakan pada tumbuhan untuk mengubah energi cahaya menjadi energi kimia lalu menyimpannya ke dalam bentuk ikatan gula. Fotosintesis dalam bahasa yunani “foto” adalah “cahaya” dan “sintesis” adalah “menyusun”. Fotosintesis tak hanya terjadi pada tumbuhan tetapi juga organisme. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini tentang Proses fotosintesis pada tumbuhan beserta gambarnya.

Penemuan Fotosintesis

Fotosintesis adalah proses yang terjadi pada tanaman dan sejumlah organisme hidup lainnya untuk mendapatkan energi dari sumber biasanya yaitu cahaya matahari. Beberapa ilmuwan selama periode >200 tahun memberikan kontribusi terhadap penemuan fenomena alam mengenai fotosintesis ini.

Berikut beberapa tokoh-tokoh penemu proses fotosintesis :

1. Baptista (tahun 1600-an)
2. Joseph Priestley (tahun 1774)
3. Jan Ingenhousz (tahun 1770-an)
4. Jean Senebier (tahun 1796)
5. Julius Robert Mayer (tahun 1840-an)
6. Julius Sachs (tahun 1862-1864)

Proses Terjadinya Fotosintesis

Kita dapat mengamati proses terjadinya fotosintesis lewat persamaan sebagai berikut :
Proses fotosintesis terjadi mulai dari karbon dioksida ditambah air kemudian diproses oleh energi cahaya sehingga menghasilkan glukosa, oksigen & air. Atau lebih jelasnya dengan menggunakan Enam molekul karbondioksida, dua belas molekul air, dikonsumsi, lalu menghasilkan glukosa, enam molekul oksigen & enam molekul air.

Baca Juga :  Jaringan Xilem dan Floem, Beserta fungsinya.

Fotosintesis merupakan proses dari tanaman hijau dan sejumlah ganggang (Kerajaan Protista), ganggang dan sejumlah bentuk bakteri membentuk karbohidrat dari karbondioksida, air serta garam anorganik, dengan adanya klorofil, melalui energi cahaya yang ditangkap oleh matahari. Tanaman sendiri hanya cukup dengan energi cahaya, CO2, dan H2O sebagai pembentuk gula. Proses fotosintesis terjadi pada kloroplas, khususnya menggunakan klorofil, klorofil adalah pigmen hijau daun yang melibatkan dalam proses fotosintesis tersebut.

Persamaan di atas membuktikan bahwa air termasuk sebuah reaktan dan produk fotosintesis. Karena dua belas dari molekul air yang dikonsumsi serta enam molekul air yang dihasilkan, persamaan bisa disederhanakan seperti di bawah ini yang merupakan sebuah rumus dari hasil fotosintesis.

6CO2+6H2O2→ (dengan energi cahaya) C6H12O6+6O2

Proses Fotosintesis pada tumbuhan terjadi dalam dua tahap, yakni:

  1. Tahap pertama fotosintesis ialah reaksi yang tergantung cahaya (dependen).
  2. Tahap kedua dari fotosintesis ialah reaksi yang tidak tergantung cahaya (independen).

Jenis Proses Fotosintesis

Terdapat dua jenis proses fotosintesis yakni :

  1. Fotosintesis oksigenik – adalah yang paling umum dan nampak pada tanaman, alga dan cyanobacteria.
  2. Fotosintesis anoxygenic – menggunakan elektron donor selain air.

Struktur Tanaman Daun

Daun mempunyai ciri khas mencakup Epidermis atas dan bawah, artinya :

1. Epidermis

ialah lapisan luar sel yang mengurangi kadar jumlah air yang hilang melewati transpirasi oleh tanaman daun.

2. Epidermis bawah ini mengandung stomata.

Fungsi stomata ialah pori-pori (lubang) yang terdapat pada daun akan bertanggung jawab sebagai pertukaran gas antara daun dan atmosfer. Karbon dioksida akan diserap dari udara serta oksigen akan dilepaskan.
Mesofil adalah sel-sel jaringan parenkim yang letaknya di antara epidermis atas dan bawah. Sel-sel didalam terkandung kloroplas.

Baca Juga :  Penyerbukan : Pengertian, Ciri dan Macam - Macamnya Lengkap

Ikatan pembuluh adalah terbentuknya jaringan bagian dari sistem transportasi tanaman. Ikatan pembuluh terdiri atas jaringan xilem dan floem.

BAGIAN DAUN

Daun berperan penting dalam perkembangan dan pertumbuhan tanaman.

  1. Sebagian besar reaksi melibatkan proses fotosintesis yang berlangsung di daun. Proses fotosintesis akan berlangsung terutama pada daun tanaman, sedikit yang bisa terjadi pada batang, dan lain sebagainya.
  2. Bagian dari daun secara khas dalam fotosintesis mencakup epidermis pada bagian atas dan bawah, bundel vaskuler (vena), mesofil, dan stomata.
  3. Sel-sel epidermis atas serta bawah tidak mempunyai kloroplas, sehingga fotosintesis tak terjadi di sana. Fungsi utama mereka sebagai perlindungan untuk sisa daun.
  4. Lubang stomata mempunyai fungsi terutama pada epidermis bawah dan juga sebagai pertukaran udara, yang mana memasukkan CO2 dan mengeluarkan O2.
  5. Ikatan pembuluh dari daun merupakan bagian sistem transportasi tanaman, menggerakkan air serta menyalurkan nutrisi. Sel-sel mesofil mempunyai kloroplas dan ini merupakan tempat di mana fotosintesis terjadi.

Komponen Seluler Penting untuk Proses Fotosintesis

1. Pigmen

adalah molekul yang akan memberikan warna pada tanaman, alga serta bakteri, namun mereka juga bertanggung jawab secara efektif dalam menjebak sinar matahari. Pigmen dengan warna yang berbeda ini menyerap panjang gelombang cahaya yang berbeda pula. Antara lain :

  • Klorofil
  • Karotenoid
  • Phycobilins

2. Plastida

merupakan Organisme eukariotik fotosintetik yang mengandung organel bernama plastida dalam sitoplasma mereka.

3. Kloroplas

merupakan bagian-bagian yang ada pada membran luar dan dalam, stromata, ruang antar membran, dan tilakoid ditumpuk.

4. Antena

merupakan molekul pigmen yang berkaitan dengan protein, yang memungkinkan mereka mempunyai fleksibilitas untuk bergerak menuju arah cahaya dan terhadap satu dengan yang lain.

Fenomena Unik tentang Fotosintesis

Fotosintesis merupakan sangat penting dalam menjaga kehidupan di muka bumi dan sebagai sumber utama energi untuk hampir semua makhluk hidup. Karbohidrat yang berasal dari fotosintesis merupakan kebutuhan untuk pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman dan hewan.

Baca Juga :  12 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Ampuh Beserta Gambarnya Lengkap

Fotosintesis akan bertanggung jawab dalam menjaga kadar oksigen di atmosfer bumi. Oksigen, berperan penting dalam kelangsungan hidup manusia, yaitu produk sampingan dari fotosintesis. Tanaman hijau akan mendukung untuk menyeimbangkan suhu global dengan cara menyerap karbon dioksida yang berlebih pada atmosfer bumi semua dalam usaha untuk melakukan fotosintesis sehingga banyak terjadi fenomena unik tentang fotosintesis.

Nah itulah referensi pembahasan mengenai proses fotosintesis pada tumbuhan beserta gambarnya. Tumbuhan sebenarnya dikenal sebagai makhluk hidup jenis autotrof yang dapat menghasilkan makanan sendiri melalui fotosintesis.

Baca juga:

/* */