Piramida Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Terlengkap

Rate this post

Piramida Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Terlengkap

Piramida makanan 4 sehat 5 sempurna terlengkap – piramida makanan ini ialah gambaran dari berbagai makanan yang mengandung gizi beraneka macam dengan jumlah sesuai kebutuhan per harinya. Prinsipnya ialah menjaga kebersihan, berat badan serta menjaga lingkungan.

Makanan 4 sehat 5 sempurna ialah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan masih banyak lainnya. Berikut ini akan kami jelaskan tentang piramida makanan 4 sehat 5 sempurna terlengkap.
Terdapat 6 tingkat piramida makanan 4 sehat 5 sempurna terlengkap, diantaranya berikut ini :

Piramida Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Untuk Tingkat Pertama

Piramida makanan 4 sehat 5 sempurna dalam topic yang pertama yakni ada di bagian paling dasar. Menjaga berat ideal serta melakukan kegiatan fisik dengan teratur adalah komponen dari topic yang pertama. Kedua hal ini saling mempengaruhi pada kualitas gaya hidup sehat. Hasil perubahan dari nerat badan bisa dihitung menggunakan jumlah kalori yang masuk dengan mengurangi jumlah kalori yang keluar.

Piramida Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Untuk Tingkat Kedua

Piramida tingkat kedua diduduki oleh air mineral. Jadi air mineral ini sangat dibutuhkan tubuh manusia. Kebutuhan air manusia dalam sehari 8 gelas atau 2 liter air. Air mempunyai molekul yang disuse atas unsur oksigen dan hydrogen. Beberapa fungsi air dalam tubuh diantaranya pelarut zat-zat dan garam, pelancar proses dari pencernaan dll.

Baca Juga :  13 Bunga Paling Indah di Dunia beserta Gambarnya Terlengkap

Piramida Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Untuk Tingkat Ketiga

Untuk piramida makanan 4 sehat 5 sempurna yang ketiga ditempati makanan yang terkandung karbohidrat. Kebutuhan karbohidrat ini dalam sehari sangat lah besar. Karbohidrat menjadi nutrisi utama guna menopang tenaga kegiatan dalam tubuh.
Berikut ini beberapa jenis makanan yang terkandung karbohidrat kompleks, diantaranya :

  1. Biji-bijian utuh
    Contohnya gandum, beras merah, oat, dedak, millet dll.
  2. Buah-buahan
    Buah erkandung banyak serat, vitamin dan air. Buah tanpa mengandung lemak, contohnya jeruk, pir, anggur dll.
  3. Sayur-sayuran
    Sayur yang didalamnya banyak mengandung lemak dan air. Sayuran ini diantaranya wortel, bawang, asparagus, artichoke, timun, seledri dan selada.
  4. Polong-polongan
    Polong-polongan ialah bagian dari sumber karbohidrat kompleks. Contohnya yakni kacang kedelai, kacang merah, kedelai kacang hiyam, kacang hijau dll.

Piramida Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Untuk Tingkat Keempat

Piramida yang ke-4 ini ditempati sayur-sayuran dan buah buahan. Sayuran dan buahan ini yang kaya akan vitamin serat, serta mineral yang diperlukan tubuh. disarankan mengonsumsi sayur tiga sampai lima porsi. Buah-buahan bisa dikonsumsi 2 sampai 3 porsi selama seharinya. Mineral dan vitamin bisa membantu tubuh guna melancarkan kinerjanya. Serat mempunyai peran yang tak kalah penting. Fungsi serat salah satunya sebagai penurun lemak dalam darah serta glukosa dalam darah dan masih banyak lagi.

Piramida Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Untuk Tingkat Kelima

Piramida tingkat yang kelima ini diduduki oleh beragam makanan yang didalamnya mengandung sumber protein. Protein mempunyai 2 jenis yaitu protein hewan dan nabati. Sarannya untuk mengonsumsi protein dalam 1 hari yakni 2 atau 3 porsi. Protein ini sebagai penyusun utama sel serta jaringan tubuh. banyak jenis makanan yang terknadung protein, yakni polong-polongan, daging, telur, ikan, susu, serangga, susu kedelai, dll.
Apabila tubuh kekurangan protein maka dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan. Masalah kesehatan yang bisa timbul ketika kekurangan protein ialah tubuh menjadi rentan pada inveksi virus, bakteri dll.

Baca Juga :  Jenis Jenis Anemia : Gejala, Penyebab dan Pengobatannya Lengkap

Piramida Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Untuk Tingkat Keenam (Puncak)

Tingkat yang paling tinggi dalam topic ialah diduduki maknan dengan kebutuhan konsumsi yang terbatas. Kebutuhan dari makanan yang terdapat pada tingkat puncak tropic ini rendah. Makanan itu seperti gula, minyak dan garam. Contoh makanan ini ialah permen, margarin dan masih banyak lagi lainnya. lemak mempunyai 2 jenis yakni lemak tak jenuh dan lemak jenuh. Berikut ini ialah sumber lemak nabati yang dalamnya terkandung lemak tak jenuh. Antara lain :

  1. Buah alpukat
    Alpukat ialah bagian dari buah yang paling enak jika dmakan. Tekstur yang lembut sangat cocok bila dipadukan dengan susu maupun gula. Pada 1 alpukat yang ukurannya sedang ada ±22 gram lemak tak jenuh yang paling bermanfaat bagi kesehatan.
  2. Kacang kenari
    Kacang kenari paling enak bila dikombinasi dengan olahan makanan misalnya coklat. Kacang kenari mengandung lemak yang sangat berfungsi bagi kesehatan otak, mencegah kanker dan anti inflamasi. Kandungan lemak tak jenuh bisa menekan kandungan pada lemak yang jenuh didalam tubuh.
  3. Alga laut
    Alga laut ialah bagian dari jenis alga organisme yang mempunyai kandungan omega 3 paling tinggi. Selain itu, kandungan dalam asam lemak alga laut pun tinggi guna mengurangi kolestrol yang jahat. Alga laut pun manfaatnya baik bagi kesehatan pencernaan.
  4. Minyak kelapa
    Minyak kelapa mempunyai kandunganasam laurat. Asam laurat ini ada juga dalam ASI, yang berfungsi untuk menangkal beragam bakteri dan juga virus. Minyak esensial kelapa yang asli sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan.
  5. Kacang kedelai
    Kacang kedelai ialah jenis polong-polongan yang sangat banyak disukai. Kacang tersebut mempunyai kandungan protein paling tinggi. Kandungan lemak tak jenuh ini dalam kedelai bsia menurunkan kolestrol yang jahat di dalam tubuh.
Baca Juga :  Klasifikasi Cacing Tanah : Jenis Beserta Contohnya Lengkap

Nah, berikut tadi merupakan penjelasan tentang piramida makanan 4 sehat 5 sempurna terlengkap. Jadi, di dalam kehidupan kita ini wajib untuk memenuhi pad amakanan 4 sehat 5 sempurna supaya kebutuhan tubuh kita pun terpenuhi dengan sempurna. Terima kasih semoga bermanfaat.

Baca juga:

/* */