Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Tumbuhan : Pengertian Beserta Faktornya Terlengkap

5 (100%) 1 vote[s]

Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Tumbuhan (Pengertian Dan Faktornya) Terlengkap

Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan – proses perkembangan berkaitan erat dengan pertumbuhan. Bagaimana proses pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan? Apakah proses pertumbuhan selalu mendahului perkembangan? Untuk mengetahui jawaban dari pertanyan – pertanyaan tersebut, berikut ulasan dari penjelasan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan.

A. Pertumbuhan Pada Tumbuhan

Pertumbuhan adalah suatu ciri fundamental dari sleuruh makhluk hidup. Pertumbuhan sering diartikan secara sederhana sebagai seutu pertumbuhan ukuran, tetapi harus hati – hati dalam menggunakan definisi yang kurang lengkap ini. Sebagai contoh, ukuran sel tumbuhan mungkin menjadi lebih besar pada saat menyerap air melalui proses osmosis, tetapi proses ini kemungkinan akan kembali ke ukuran asal dan oleh karenanya tidak bisa diartikan sebagai pertumbuhan yang sebenarnya.

Pertumbuhan pada tumbuhan dibagi menjadi 2 bagian, antara lain:

1. Pertumbuhan Primer

Pertumbuhan primer adalah pertumbuhan yang sangat dasar yang terjadi pada tumbuhan. Terjadinya pembelahan sel pada jaringan meristem yang terus – menerus yang menyebabkan adanya pertumbuhan primer pada tumbuhan. Letak jaringan meristem yaitu terletak di ujung akar dan ujung batang. Oleh sebab itu, pertumbuhan primer pada tumbuhan yang mempengaruhi ukuran akar dan batang pada tumbuhan. Pertumbuhan primer antara lain yaitu pembentukan lapisan epidermis, korteks, xilem primer, floem primer juga empelur.

Baca Juga :  Hormon Pertumbuhan Auksin : Pengertian, Pengaruh dan Fungsinya Terlengkap

2. Pertumbuhan Sekunder

Disebut juga dengan meristem sekunder. Pertumbuhan ini ditandai dengan pelebaran batang, penambagan lingkar tahun dan jaringan parenkim yang menghubungkan kulit kayu dengan empelur atau disebut juga dengan jari-jari empelur.

Sel – sel kambium yang membelah aktif terletak pada xilem dan floem. Sel kambium yang membelah ke dalam akan membentuk xilem sekunder sedangkan yang membelah ke luar membentuk floem sekunder. Pertumbuhan sekunder ini biasanya dipengaruhi oleh musim. Pada musim penghujan aktivitas kambium akan meningkat. Sedangkan, pada musim kemarau aktivitas kambium akan menurun.

B. Perkembangan Pada Tumbuhan

Perkembangan adalah suatu proses yang terjadi pada masing – masing individu menuju tingkat kedewasaan. Perkembangan tidak dapat dinyatakan dalam ukuran atau bisa dikatakan perkembangan memiliki sifat kualitatif. Perkembangan pada tumbuhan umumnya berlangsung seiring dengan pertumbuhan. Tumbuhan dikatakan dewasa apabila siap untuk melakukan fertilisasi. Dalam hal ini, arti dari perkembangan makhluk hidup lebih tepat yaitu sebagai suatu perubahan kualitatif yang melibatkan suatu perubahan struktur serta fungsi yang lebih kompleks.

C. Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan

Pertumbuhan pada tumbuhan juga tidak bisa dipisahkan dari beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya. Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan dibagi menjadi 2 , yakni :

1. Faktor Dalam

Faktor dalam yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan adalah tergantung pada gen dan hormon. Gen adalah unit yang berfungsi untuk pewarisan sifat. DNA merupakan salah satu bentuk dari gen yang berfungsi untuk menentukan pewarisan yang sama dengan induknya. Sedangkan hormon adalah pembawa pesan kimia antar sel.

Macam-macam hormon pada tumbuhan:

  • Auksin terbentuk pada ujung batang dan ujung akar pada tumbuhan. Auksin sangat berperan penting dalam proses pemanjangan sel dan merangsang kambium untuk membentuk xilem dan floem. Selain itu, Auksin pun berfungsi untuk pertumbuhan buah dan diferesiasi sel.
  • Giberelin memiliki fungsi sebagai perangsang dalam pembentukan serbuk sari dan membuat tumbuhan tumbuh menjadi besar. Giberelin sangat berpengaruh dalam pertumbuhan akar, daun, bunga serta buah.
  • Sitokinin berfungsi untuk memperpanjang usia jaringan tumbuhan.
  • Asam Absistat atau Dormin: berfungsi mempertahankan kelangsungan hidup tumbuhan saat ada pengaruh buruk dari lingkungan luar. Dormin juga memiliki fungsi untuk menutup stomata di saat tumbuhan kekurangan air.
  • Gas Etilen: berfungsi untuk mempercepat pemasakan buah mentah juga membantu dalam penembalan batang.
  • Kalin: terbagi menjadi 4 bagian, yakni :
  1. Rizokalin yang mempunyai fungsi untuk merangsang pembentukan akar
  2. Kaukalin yang bersungsi untuk pertumbuhan batang
  3. Filokalin yang berfungsi untuk pembentukan daun.
  4. Antokalin yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan bunga.
Baca Juga :  Jaringan Xilem dan Floem, Beserta fungsinya.

. Asam Traumalin: berfungsi untuk memperbaiki jaringa yang luka pada akar atau batang.

2. Faktor Luar

Faktor luar merupakan materi lain selain tumbuhan itu sendiri yang memiliki dampak pada tumbuhan tersebut. Beberapa di antaranya, yaitu:

  1. Nutrisi
    Makronutrien adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh tumbuhan dalam jumlah banyak. Makronutrien di antaranya adalah karbon, oksigen, nutrigen, fospor, magnesium dan kalium. Sedangkan, mikronutrein adalah nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit. Contoh mikronutrien yaitu klor, besi, tembaga dan lain-lain.
  2. Cahaya Matahari
    Cahaya matahari memiliki pengaruh yang sangat penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan hijau. Fungsi dari cahaya matahari yaitu untuk membantu proses fotosintesis. Fotosintesis adalah proses pembentukan makanan pada tumbuhan.
    Makanan yang dihasikan dalam proses fotosintesis inilah yang membantu pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Respon tumbuhan pada cahaya matahari mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan tersebutyang dikontrol oleh pigmen bernama fitokrom.
  3. Suhu
    Suhu juga menjadi salah satu yang mempengaruhi tumbuhan dalam proses fotosintesis. Mengatur proses penguapan yang terjadi pada daun merupakan cara tumbuhan untuk bertahan hidup dari suhu yang tidak tetap. Jika suhu tinggi, tumbuhan akan meningkatkan proses penguapan dan menurunkannya ketika suhu rendah.
  4. Kadar Air
    Air memiliki peran yang sangat penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Karena air yang mengatur laju pada proses fotosintesis dan mengedarkan hasilnya pada seluruh bagian tubuh sel tumbuhan.

Demikianlah penjelasan mengenai pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Karena peran dari tumbuhan yang sangat penting bagi kehidupan, ada baiknya untuk kita menjaga kelangsungan tumbuhan.

Baca juga:

Baca Juga :  Tanaman Apel: Klasifikasi, Deskripsi, Kandungan dan Manfaat Bagi Kesehatan 

/* */