Perkembangbiakan Generatif Tumbuhan : Pengertian, Alat, Jenis, Bagian – bagian dan Contohnya lengkap

5 (100%) 1 vote

Pengertian, Alat, Jenis, Bagian – Bagian Perkembangbiakan Generatif Pada Tumbuhan dan Contohnya

Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan – Makhluk hidup tentu melakukan perkembangbiakan, dengan tujuan mekestarikan jenisnya. Semua makhluk hidup mempunyai cara tersendiri untuk berkembang biak. Seperti tumbuhan yang bisa berkembang biak melalui cara aseksual atau Perkembangbiakan Vegetatif yakni dibagi atas vegetatif alami dan vegetatif buatan. Selain aseksual, juga dilakukan dengan cara seksual atau dikenal dengan perkembangbiakan generatif.

Nah, artikel pada kali ini akan membahas mengenai perkembangbiakan generatif pada tumbuhan, maka simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Pengertian Perkembangbiakan Generatif Tumbuhan

Perkembangbiakan generatif tumbuhan ialah perkembangbiakan dengan seksual atau kawin yang dikerjakan oleh tumbuhan berbiji. Proses awal pada perkembangbiakan ini adalah penyerbukan kemudian pembuahan. Karena dikerjakan secara seksual maka tumbuhan berbiji memiliki pula alat kelamin jantan & alat kelamin betina.

Baca Juga :  Angiospermae : Pengertian, Ciri Ciri, Perbedaan dan Contohnya Terlengkap

Penyerbukan merupakan kejadian jatuhnya serbuk sari pada kepala putik serta pembuahan adalah proses peleburan gamet dari betina dan gamet jantan.

Alat Perkembangbiakan Generatif Tumbuhan

Tumbuhan biji tertutup yang berkembangbiak secara seksual pasti memiliki alat kelamin namun sebelum membahas tentang alat kelamin pada tumbuhan hendaknya membahas tentang bunga terlebih dulu, karena proses reproduksinya dengan tanda munculnya bunga.

Perlu kalian ketahui bahwa bunga dikelompokkan jenisnya berdasarkan kelengkapan bagian bunga serta kelengkapan alat kelamin bunga. Berikut penjelasannya :

1. Jenis Bunga Berdasarkan dari Kelengkapan Bagian Bunga

Bunga lengkap

ialah bunga yang memiliki bagian bunga dari kelopak, mahkota, benang sari dan putik atau bunga yang memiliki semua bagian bunga.
Contoh: tembakau, mawar, bunga sepatu dll.

Bunga tidak lengkap

ialah bunga yang tak memiliki salah satu bahkan dari beberapa bagian bunga yang disebutkan seperti di atas.
Contohnya: bunga kelapa, bunga kamboja.

2. Jenis Bunga Berdasarkan dari Kelengkapan Alat Kelamin

Bunga sempurna

ialah bunga yang mempunyai dua jenis alat kelamin yaitu benang sari (alat kelamin jantan) serta putik (alat kelamin betina).

Bunga tak sempurna

ialah bunga yang hanya mempunyai satu jenis alat kelamin di antara benang sari dan putik.

Bagian-Bagian Bunga

1. Perhiasan bunga

Perhiasan bunga terdiri atas kelopak dan mahkota bunga. Kelopak bunga berada di dasar bunga/ terluar dan terhubung tangkai bunga. Fungsinya untuk melindungi bunga. Sementara bagian mahkota bunga letaknya di bagian dalam. Fungsinya sebagai penarik perhatian serangga guna melakukan penyerbukan, sebagai menghisap madu para serangga dan sebagai pelindung dari alat kelamin berupa putik dan benang sari.

2. Dasar Bunga

Dasar Bunga ialah tempat melekatnya mahkota bunga serta letaknya pada bagian ujung tangkai bunga.

3. Tangkai Bunga

Tangkai Bunga ialah bagian bunga sebagai penghubunga batang dengan bunga.

Baca Juga :  Tumbuhan Berbiji Terbuka dan Tertutup : Pengertian, Siklus, Ciri dan Manfaatnya Lengkap

4. Benang Sari

Benang sari/ stamen ialah alat kelamin jantan bunga yang menciptakan sel kelamin jantan yakni sel sperma (spermatozoid). Benang sari terdiri atas tangkai sari dan kepala sari sebagai tempat pembentukan serbuk sari.

5. Putik

Putik/ pistil ialah alat kelamin betina bunga yang menciptakan sel kelamin betina yakni sel telur (ovum). Putik letaknya ditengah bunga dan dikelilingi beberapa benang sari yang terdiri atas kepala putik, tangkai putih serta bakal buah.

Perkembangbiakan Generatif pada Tumbuhan Biji Tertutup

Perkembangbiakan Generatif biji tertutup berawal dengan penyerbukan, yakni proses menempelnya serbuk sari di kepala putik. Sesudah proses penyerbukan, maka serbuk sari akan masuk dalam bakal biji di bagian sel kelamin betina. Sel kelamin betina (putik) terdiri dari kepala putik, tangkai putih serta beberapa bakal buah.

Selesai proses pembuahan akan memebentuk zigot yang berkembang sebagai lembaga yang terdapat sejumlah inti sel kelamin betina lalu menjadi bakal biji. Bakal biji lalu menjadi biji. Bakal buah tumbuh menjadi daging buah. Di dalam buah ada biji yang menjadi calon tumbuhan baru bila ditanam pada daerah atau media tanam sesuai dengan jenisnya.

Jenis-Jenis Penyerbukan

1. Jenis penyerbukan berdasarkan asal serbuk sarinya

Penyerbukan Sendiri atau Autogami

Penyerbukan sendiri ialah proses jatuhnya serbuk sari di kepala putik secara sendiri yang hanya bisa dilakukan bunga lengkap. Faktor yang menghalangi penyerbukan sendiri:

 Dioseus atau berumah dua
 Dikogami ialah perbedaan dalam masa benang sari dan putik.
 Herkogami kondisi bunga tak memungkinkan serbuk sari jatuh pada kepala putik

Penyerbukan Tetangga/ Geitonogami

Penyerbukan tetangga ialah proses jatuhnya serbuk sari di kepala putik bunga lain dalam satu pohon.

Penyerbukan Silang atau Alogami

Penyerbukan silang ialah proses jatuhnya serbuk sari di kepala putik bunga lain.

Baca Juga :  12 Tumbuhan Obat Terkenal di Indonesia dan Khasiatnya "Lengkap dengan Gambar"

Penyerbukan Bastar atau Hybrid

Penyerbukan bastar ialah proses jatuhnya serbuk sari di kepala putik bunga lain yang berbeda jenis.

2. Jenis penyerbukan berdasarkan perantaranya

Penyerbukan Oleh Air

Penyerbukan oleh air ialah penyerbukan pada umumnya terjadi di tumbuhan yang habitatnya di air. Contohnya adalah Hydrill.

Penyerbukan Oleh Angin

Artinga penyerbukan tersebut dibantu oleh angin. Contohnya adalah rerumputan, jagung dan kelapa.

Penyerbukan oleh Hewan

Penyerbukan ini mempunyai daya tarik seperti mahkota bunga berwarna – warni, mengeluarkan bau harum dan berukuran besar. Contohnya durian dan kamboja. Berdasarkan jenis hewannya, penyerbukan ini dibagi lagi jadi beberapa jenis:

 Entomogami
 Kiropterogami
 Makalogami
 Ornitogami

Penyerbukan Oleh Manusia

Penyerbukan dengan bantuan manusia disebut pula penyerbukan buatan. Contoh adalah bunga anggrek, vanili, dan salak. Pada bunga salak dan vanili, penyerbukannya caranya dengan menempelkan bunga jantan pada serbuk sari yang sudah dipetik dengan bunga betina yang matang atau masak.

Contoh Cara Perkembangbiakan Generatif pada Tumbuhan

Berikut contohnya cara perkembangbiakan generatif tumbuhan:

Konjugasi

Adalah proses transfer sebuah bahan genetik berbentuk plasmid F+ dan mikronukleus dari individu satu ke individu lainnya.

Isogami

Adalah penyatuan dua gamet yang tak berbeda secara morfologis. Satu isogamet bisa bersatu dengan gamet lainnya bila kedua gamet secara genetik mempunyai perbedaan pada ketiga lokus polimorf.

Anisogami

Adalah terjadinya peleburan beberapa gamet yang mempunyai ukuran dan motilitas yang berbeda. Dapat diambil kesimpulan bahwa dari penjelasan dan ulasan di atas tentang perkembangbiakan generatif pada tumbuhan bahwa perkembangbiakan ini dilakukan melalui seksual/perkawinan. Proses berawal dari penyerbukan kemudian pembuahan. Karena dikerjakan secara seksual maka tumbuhan berbiji memiliki alat kelamin jantan & alat kelamin betina.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

/* */