Perkembangan Manusia Dari Bayi Sampai Dewasa Beserta Gambarnya

5 (100%) 1 vote

Perkembangan Manusia Dari Bayi Sampai Dewasa Beserta Gambarnya

Perkembangan manusia dari bayi sampai dewasa – perkembangan yang dialami dalam kehidupan manusia mulai dari adanya proses pembuahan. Proses pembuahan ialah proses dimana antara sel telur (dari ibu) bertemu dengan sel sperma (dari ayah/pria). Lalu sel sperma tersebut bergabung/ melebur bersama inti sel telur lalu membentuk sebuah sel baru bernama zigot. Kemudian zigot akan membelah diri jadi 2 sel – 4 sel – 8 sel – dan seterusnya. Berikut ini akan dijelaskan mengenai perkembangan manusia dari bayi sampai dewasa.

Perkembangan Janin Selama Dalam Rahim

Zigot akan terus mengalamai perkembangan dan berubah jadi embrio, kemudian berubah lagi menjadi janin dalam rahim ibu. Lamanya proses janin tumbuh dan berkembang dari proses pembuahan hingga lahiran ±9 bulan.

Didalam perkembangan janin selama ada di rahim ibu ini mengalami 3 tahapan, masing-masingnya 3 bulan :

1. Trimester pertama

Dalam 3 bulan pertama, embrio akan berkembang sampai menjadi janin yang panjangnya sekitar 5,5 cm. Janin tersebut akan bentuknya mirip manusia walaupun kepalanya berukuran cukup besar. Pada akhir masa 3 bulan pertama, maka janin akan mulai bergerak dibagian kaki dan tangannya.

Baca Juga :  Sendi : Pengertian, Macam - Macam dan Contohnya Terlengkap

2. Trimester kedua

Di masa 3 bulan kedua, biasanya janin semakin berkembang yang panjangnya kurang lebih berukuran 19cm. Bagian tangan dan kakinya terjadi perkembangan dan semakin tumbuh memanjang. Di masa 3 bulan kedua maka jantung akan berdetak dan dapat mendeteksi.

3. Trimester ketiga

Proses pertumbuhan dari ukuran janis mengalami perkembangan dengan sangat cepat. Sebab ukuran tubuhnya akan semakin membesar dan bergeraknya semakin leluasa. Ketika menjelang lahiran bayi, maka panjangnya mencapai 50cm. kemudian pada bulan ke 9 lahirlah bayi di dunia.
Berikut ini perkembangan manusia sesudah lahir, yakni :

Pertumbuhan Manusia Semasa Bayi

Pertumbuhan manusia semasa bayi mulai dari lahir sampai berusia 2 tahun. Ketika di berusia 1 tahun bayi mengalami pertumbuhan dengan pesat. Ketika usia 3 bulan, maka bayi sudah dapat membalikkan tubuhnya serta ketika usia 6 bulan bayi ini akan bisa duduk sendiri. Sejak usia 8-10 bulan, bayi sudah mampu merangkak dan menegakkan tubuhnya sendiri. Dan di usia 12-18 bulan maka anak sudah bisa berjalan sendiri yang tidak dibantu orangtuanya.

Pertumbuhan Manusia Semasa Anak-Anak

Sesudah usia 2-5 tahun, maka masa ini disebut masa kanak-kanan balita/ manusia. Di usia tersebut anak telah mampu berbicara dan juga mengenal lingkungan sekitarnya. Sesudah usia 5 tahun, maka anak akan dapat bersosialisasi serta mulai mengenal sekolah. Pada masa inilah anak-anak mengalami perkembangan yang sangat luar biasa. Anak bisa berbicara dan berkomunika bersama sesamanya. Kerja otak mereka akan semakin baik sehingga mereka bisa berfikir dan bersikap.

Pertumbuhan Manusia Masa Remaja

Sesudah terjadi masa anak-anak, maka manusia terjadi masa remaja. Ketika masa remaja, usia manusia ini berusia belasan tahun. Ketika masa peralihan manusia di mulai dari anak-anak ke manusia remaja, maka manusia terjadi pertumbuhan dan perkembangan penting menyangkut organ reproduksi (melalui alat perkembangbiakan). Masa tersebut sering dikenal sebagai masa pubertas manusia/ akil baligh.

Baca Juga :  6 Fungsi Kantong Empedu Manusia Beserta Penjelasannya Terlengkap

Pubertas anak perempuan berusia 9-13 tahun, sementara laki-laki antara 9-13 tahun. Pada masa remaja terdapat sejumlah ciri pubertas pertumbuhan dan perkembangan ketika remaja, diantaranya :

1. Ciri organ reproduksi manusia

Pada masa ini manusia sudah dapat memproduksi sel-sel kelamin. Untuk pria ia akan menghasilkan sperma di organ testisnya, sementara wanita menghasilkan sel telur di indung telur (ovarium).

2. Ciri organ reproduksi sekunder manusia

Perubahan ini dialami pria maupun wanita, untuk pria yakni : munculnya jakun, perubahan suara berat, tumbuh kumis/ jenggot, tumbuh rambut di dada dan lainnnya, terlihat ototnya semakin menonjol, bahu pundak lebar melebihi pinggul, jaringan kulit semakin kasar, munculnya jerawat.
Sementara untuk wanita, diantaranya: payudara mulai membesar, bagian pinggul mulai lebar, tumbuhnya rambut diarea organ kelamin dan ketiak, suara lebih nyaring, dan munculnya jerawat diarea sekitar wajah.

3. Ciri pertumbuhan dan perkembangan dengan psikis manusia

  • Pencarian identitas diri
    Saat mencari identitas diri, biasanya manusia masa remaja kerap sekali menentang kemapanan sebab merasa terbelenggu kebebasannya. Disinilah mereka akan berfikir bahwa mereka sudah tidak lagi menjadi anak-anak. Remaja ialah masa dimana manusia kerap menjalani suatu hal yang bersifat coba-coba sebab rasa keinginan tahuannya yang paling besar.
  • Ketertarikan dengan lawan jenis
    Masa remaja ialah perkembangan yang dialami manusia menuju pendewasaan. Di usia tersebut mereka sudah mempunyai ketertarikan dengan lawan jenis.
    Pertumbuhan Manusia Semasa Dewasa
    Sesudah akhir masa remaja, maka manusia terjadi masa dewasa. Di masa tersebut pertumbuhan manusia telah sampai di puncaknya. Untuk manusia dewasa, kerja otaknya fungsinya sangat baik jadi bisa memutuskan dan menjalankan pilihan terbaik dalam hidupnya.

Pertumbuhan Manusia Semasa Lanjut Usia

Sesudah manusia usianya semakin bertambah sampai memasuki masa manusia usia lanjut, yakni sesudah melalui usia 50 tahun. Di masa tersebut adalah masa akhir dari perkembangan seorang manusia. Di masa manusia usia lanjut atau masa tua manusia tersebut mulai ada penurunan kemampuan organ-organ tubuhnya. Diantaranya gerakannya yang sudah mulai melamban serta mudah lelah. Di masa tersebut seorang manusia perempuan akan terjadi menopause/ berhenti menstruasi serta sudah tidak bisa melahirkan.

Baca Juga :  Sistem Ekskresi Pada Manusia : Pengertian, Bagian - Bagian, Fungsi dan Gangguannya

Nah, itu tadi adalah perkembangan manusia dari bayi sampai dewasa serta masa di usia lanjut. Jadi, perkembangan manusia ini terdiri dari lima tahapan, yakni mulai dari masih bayi, lalu masa manusia ketika anak-anak, masa manusia sebagai remaja, masa manusia sebagai dewasa, serta yang terakhir ialah masa manusia sudah lanjut usia. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

/* */