Perbedaan Fungsi Otak Kanan Dan Otak Kiri Manusia

Rate this post

Perbedaan Fungsi Otak Kanan Dan Otak Kiri Manusia

Perbedaan fungsi otak kanan dan otak kiri manusia – perbedaan fungsi otak kiri dan otak kanan ini sudah jelas sekali. Pastinnya masing masing dari organ tubuh yang ada memiliki peran serta fungsinya yang berbeda-beda di dalam melaksanakan tugasnya guna mendukung kegiatan tubuh dengan keseluruhan. Oleh karena itu, penting sekali mengetahui perbedaan fungsi otak kanan dan otak kiri manusia untuk pelajaran kehidupan sehari hari.
Perbedaan antara fungsi kiri dan kanan akan membentuk suatu karakteristik, sifat serta kemampuan yang membedakan keduanya. Perbedaan antara keduanya ini sebenarnya sangat popular sejak tahun 1960an, sebab hasil sebuah penelitian ilmuan yang namanya roger sperry.

Pegertian Otak Besar

Otak besar biasa dikenal dengan cerebrum yakni bagian yang dapat disebut menjadi pengaruh pada otak manusia dengan menyelruh sebab dikelompokkan menjadi bagian paling besar dari otak. Ia juga membantu melakukan proses semua kegiatan yang sifatnya intelektual mencakup perencanaan tentang masa depan, membayangkan sebuah hal, mengingat, melakukan sebuah penalaran serta kemampuan dalam berfikir.

Di bagian otak besar ini dibagi jadi 2 bagian yaitu bagian belahan kiri serta bagian belahan kanan maupun paling populer yang bernama otak kanan. Di masing masing bagian pastinya mempunyai fungsi serta peran berbeda.
Bagian otak kiri mempunyai fungsi yang berhubungan dengan rasio, kemampuan membaca, logika, kemampuan menulis, serta menjadi pusat dari kemampuan berhitung/ matematika. Banyak ilmuan yang berpendapat bahwa bagian otak kiri ini merupakan pusat dari IQ (intelligence quotient).

Baca Juga :  Piramida Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Terlengkap

Selain tersebut otak kanan adalah tempat kemampuan merasakan, kemampuan memadukan, kemampuan intuitif, dan kemampuan berekspresi mencakup kemampuan menari, kemampuan melukis, kemampuan menyanyi dan kemampuan yang berhubugan dengan kreatifitas.

Perbedaan Otak Kanan Dan Kiri

Nah, berikut ini perbedaan fungsi otak kiri dan otak kanan yang paling mendasar, mari simak penjelasannya :

  1. Otak kanan identik guna emotional quotient (EQ). Sementara otak kiri identik guna intelegence (IQ).
  2. Otak kanan pastinya dimanfaatkan guna proses pengontrolan semua bagian tubuh yang ada dalam bagian kanan. Sementara otak kiri pastinya dimanfaatkan guna proses pengontrolan semua bagian tubuh yang terdapat di bagian kiri.
  3. Otak kanan dipakai guna ketrampilan dalam wujud 3 dimensi. Sementara otak kiri guna ketrampilan angka-angka
  4. Otak kanan dipakai guna ketrampilan musik dan selera seni. Sementara otak kiri guna ketrampilan matematika dan karya ilmiah
  5. Otak kanan dipakai guna ketrampilan penyatuan. Sementara otak kiri guna kemampuan menganalisa
  6. Otak kanan dipakai guna hal hal yang bersifat subyektif. Sementara otak kiri dipakai untuk hal hal yang bersifat obyektifitas
  7. Otak kanan dipakai guna ketrampilan berimajinasi. Sementara otak kiri dipakai guna kemampuan menulis
  8. Otak kanan dipakai guna keampuan intuisi. Sementara otak kiri dipakai guna kemampuan berbicara
  9. Otak kanan dipakai guna kemampuan kreatifitas. Sementara otak kiri dipakai guna kemampuan logika
  10. Otak kanan dipakai guna kemampuan dalam mengontrol emosi. Otak kanan dipakai guna kemampuan menjalankan pertimbangan.
  11. Otak kanan dominan terjadi fokus yang pastinya lebih besar. Sementara otak kiri dominan ingin sebuah hal yang berstruktur dan prediksi
  12. Otak kanan domonan lebih senang pada hal yang bersifat acak. Sementara otak kiri dominan lebih senang mengenai hal yang bersifat terurut.
  13. Otak kanan lebih nyaman bila belajar mulai dari semuanya kemudian baru mengarah di bagian yang mendetail. Sementara orak kiri lebih nyaman dimulai dari bagian dengan detail lalu baru mengarah di keseluruhannya.
  14. Otak kanan ini lebih suka dari hal yang menggambar, membuat grafik, melukis, dan membuat diagram. Sementara otak kiri ini lebih suka sama kata kata dari simbol dan huruf.
Baca Juga :  Klasifikasi Animalia : Pengertian, Ciri dan Contoh Hewannya Lengkap

Cara berfikir

Berikut ini kami akan mengulas tentang hal hal yang kaitannya dengan cara berfikir masing-masing orang, antara lain :

  1. Selalu konstruktif
  2. Mencoba berfiir perlahan serta sederhana mungkin
  3. Kendalikan ego
  4. Fokus pada sebuah hal. Cobalah fokus pada setiap hal yang telah kalian hadappi.
  5. Dapat menempatkan pola pikir yang sesuai dengan kondisinya

Kelebihan otak kanan

Berikut ini pembahasan tentang beragam kelebihan dari otak kanan :

  • Otak kanan adalah tempat yang dipakai guna perkembangan hal hal yang sifatnya artistik, kreatifitas, emosi, gaya bahasa, perasaan, irama musik, imajinasi, fantasi, warna, pengenalan terhadap orang lain dan diri sendiri, pengembangan kepribadian dan hubungan sosial.
  • Cara kerja otak kanan lebih tak terorganisasi dan tak terstruktur
  • Dominan tak memikirkan hal yang sifatnya khusus
    Berperan penting pad ahal yang membantu perkeembangan EQ.

Kelebihan otak kiri

Berikut ini pembahasan tentang kelebihan otak kiri :

  • Otak kiri tempat dipakai guna perkembangan hal yang kemampuannya bercakap, logika, membaca, analisis, angka dll.
  • Berperan penting membantu proses pengembangan IQ
  • Tak dapat dipakai berimajinasikelebihan
  • Tak dapat dipakai melakukan hal yang hubungannya kreatifitas

Nah, jadi bisa diambil kesimpulan mengenai perbedaan fungsi otak kanan dan otak kiri manusia. Baik otak kanan maupun kiri ini mempunyai kelebihan masing-masing. Bagi kalian yang ingin mengetahui otak mana yang lebih berkembang maka bisa membaca artikel ini sebagai ilmu pengetahuan dan referensi kalian. Sampai disini dulu mengenai artikel yang membahas tentang perbedaan fungsi otak kanan dan otak kiri manusia. Semoga bermanfaat untuk kalian semua dan terima kasih telah meluangkan sedikit waktunya guna membaca artikel ini.

Baca juga:

Baca Juga :  8 Jenis-jenis Alga beserta Gambarnya Lengkap