Pertumbuhan dan Perkembangan : Pengertian Serta Faktor yang Mempengaruhinya

5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian Serta Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan

Pengertian Pertumbuhan Dan Perkembangan – Sering kali kita mendengar istilah tumbuh dan berkembang. Istilah tersebut biasanya dikaitkan dengan berbagai hal, mulai dari bidang ekonomi, pendidikan, biologi, dan hal-hal lainnya. Namun, yang sering diperbincangkan adalah pertumbuhan pada makhluk hidup. Pertumbuhan biasanya berhubungan dengan perubahan tinggi, besar, dan panjang. Sedangkan perkembangan pada umumnya menyangkut perubahan fisik atau bentuk. Semua jenis makhluk hidup tentunya mengalami pertumbuhan dan perkembangan, salah satunya yaitu tumbuhan.

Tumbuhan berperan penting dalam kelangsungan hidup manusia, dan makhluk hidup lainnya. Lebih dari ratusan jenis tumbuhan merupakan tanaman hijau yang membantu menyediakan kebutuhan oksigen kepada makhluk hidup. Selain itu tumbuhan juga memiliki fungsi untuk menyediakan sumber makanan, mulai dari biji-bijian, buah-buahan, padi, ataupun sayuran yang tiap harinya kita konsumsi. Beberapa tumbuhan juga dapat digunakan sebagai obat untuk berbegai macam penyakit. Berikut ini penjelasan Pengertian Pertumbuhan Dan Perkembanganyang terjadi pada tumbuhan.

Pengertian Pertumbuhan

Pertumbuhan adalah terjadinya perubahan bentuk yang dikarenakan bertambahnya jumlah sel yang disertai dengan perubahan bentuk yang semakin besar yang membentuk makhluk hidup tersebut. Pertumbuhan yang terjadi pada makhluk hidup dapat dilihat dari ukuran yang setiap harinya semakin membesar. Seperti halnya ketika kita melakukan praktik menumbuhkan biji kecambah, maka beberapa minggu kemudian biji tersebut akan tumbuh semakin besar dan tinggi.

Baca Juga :  12 Akibat Kekurangan Cahaya pada Tumbuhan dan Faktornya, Terlengkap !

Pertumbuhan pada umumnya sebagai proses irreversible atau dengan kata lain setelah tumbuhan atau makhluk hidup lain mengalami pertumbuhan maka tidak dapat kembali kebentuk semula.
Pertumbuhan yang terjadi pada tumbuhan umumnya dibedakan menjadi 2, yaitu pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder.

1. Pertumbuhan primer

Pertumbuhan primer adalah pertumbuhan dasar yang terjadi pada tumbuhan. Pertumbuhan jenis ini terjadi disebabkan karena sel-sel pada jaringan meristem secara terus menerus melakukan pembelahan. Jaringan ini terdapat pada ujung akar dan batang, yang akibatnya ukuran batang dan juga akar semakin membesar. Yang termasuk ke dalam pertumbhan primer, yaitu pembentukan lapisan epidermis, xilem primer, korteks, floem primer dan juga empelur. Pusat atau titik pertumbuhan primer dikelompokkan menjadi 3 bagian, yaitu:

  • Ujung akar. Sel-sel pada ujung akar yang berkeembang membentuk jaringan penyusun akar, seperti endodermis, epidermis, korteks, dan silinder pusat.
  • Daerah pemanjangan setelah daerah pembelahan. Bertambahnya ukuran dari tumbuhan terjadi dalam bagian kedua ini.
  • Daerah diferensiasi. Pada daerah diferensiasi sel-sel telah tumbuh dan memiliki fungsi khusus.

2. Pertumbuhan sekunder

Pertumbuhan sekunder dapat disebut juga sebagai meristem sekunder. Pertumbuhan jenis ini memiliki ciri-ciri seperti pelebaran batang, penambahan lingkar daun dan jaringan parenkim yang menghubungkan kulit kay dengan empelur. Sel-sel kambium yang membelah aktif terdapat pada xilem dan floem. Aktivitas kambium akan meningkat pada musim hujan danaktivitasnya akan turun pada musim kemarau.

Pengertian perkembangan

Perkembangan diartikan sebagai proses perubahan fungsi organ-organ tubuh menjadi lebih kompleks. Perkembangan ini terjadi disebabkan adanya diferensiasi sel. Diferensiasi sel merupakan proses mekanisme yang mengakibatkan sel yang memiliki struktur dan fungsi yang sama menjadi berbeda, dan menjadi jaringan yang lebih dewasa. Perkembangan pada tumbuhan ini dapat kita lihat contohnya pada tumbuhan yang telah memiliki bunga sebagai alat reproduksi.

Baca Juga :  Kromosom Makhluk Hidup : Pengertian, Definisi, Jenis Jenis, Struktur, Bentuk dan Jumlahnya Terlengkap

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan

Pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan tentu saja memiliki beberapafaktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktor tersebut digolongkan menjadi 2, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

1. Faktor internal

Faktor internal atau dalam yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan terdapat pada gen dan hormon. Gen merupakan unit yang fungsinya untuk mewariskan sifat, yang tersusun dari DNA. Sedangkan hormon adalah unit yang membawa pesan kimia antara sel satu dengan yang lainnya. Macam-macam hormon pada tumbuhan terdiri dari beberapa, yaitu auksin, giberelin, sitokinin, gas etilen, asam absitat atau dormin, kalin, dan asam traumalin.

2. Faktor eksternal

Faktor eksternal atau faktor luar adalah materi lain dari luar yang dapat mempengaruhi tumbuhan itu sendiri. Faktor-faktor tersebut diantaranya yaitu:

  • Nutrisi
    Tumbuhan memerlukan makanan untuk dapat berkembang dan tumbuh.
  • Cahaya matahari. Faktor yang kedua ini sangat berpengaruh penting dalam proses perkembangan dan pertumbuhan tumbuhan hijau. Cahaya matahari digunakan dalam proses fotosintesis.
  • Kadar air. Air berperan penting dalam proses fotosintesis yang mana berperan mengedarkan hasilnya pada seluruh tubuh sel tumbuhan.
  • Suhu. Cara tumbuhan bertahan hidup pada suatu suhu yang tidak tetap yakni dengan cara mengatur proses penguapan yang terjadi pada daun.

Nah, itulah beberapa penjelasan tentang Pengertian Pertumbuhan Dan Perkembangan yang terjadi pada tumbuhan. Dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya agar tumbuhan dapat bertahan hidup selalu membutuhkan asupan nutrisi, cahaya matahari, suhu, dan kadar air yang cukup. Semoga dapat menambah wawasan dan lebih bermanfaat.

Baca juga: