8 Fungsi Kelenjar Minyak Pada Kulit Manusia dan PengertiannyaTerlengkap

5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian dan Fungsi Kelenjar Minyak Pada Kulit Manusia Terlengkap

Fungsi kelenjar minyak pada kulit manusia – kulit sebagai salah satu lapisan yang melindungi bagian luar tubuh manusia. lapisan tersebut hampir menyelimuti seluruh tubuh manusia dari bawah sampai atas. Terkecuali bagian kepala sudah ditutup dengan rambut. Lapisan ini tidak sekedar melindungi tubuh serta diri manusia, namun mampu membawa berbagai manfaat sendiri.

Pengertian Kelenjar Minyak

Kelenjar minyak adalah kelenjar mikroskopis yang terletak dibawah kulit. Kelenjar ini disebut juga dengan sebaceous glands yang mempunyai fungsi spesifik guna mengeluarkan sebum atau minyak. Kelenjar minyak ini akan masuk di lapisan sel kulit kedua, yakni lapisan dermis (kulit janggat). Batasannya terlapis membrane basalis.

Lapisan kulit tersebut akan lebih tebal dibanding lapisan epidermis/kuli pertama. Kulit janggat mempunyai serabut yang elastis. Sehingga bila orang semakin gendut, maka lapisan ini akan merenggang. Sementara kurus akan merenggang.

Komponen lapisan dermis :

  • Pembuluh kapiler – untuk mengantarkan zat zat penting, nutrisi, dan gizi guna kesehatan akar kulit dan juga folikel rambut kulit.
  • Kelenjar keringat – berada di semua permukaan kulit untuk mensekresikan keringat kulit.
  • Kelenjar minyak – untuk menghasilkan minyak kulit agar kulit tetap lembab.
  • Kelenjar rambut – ada akar rambut, kelenjar rambut dan batang rambut yang membantu merangsang syaraf.
Baca Juga :  Organ Reproduksi Laki Laki : Pengertian, Fungsi, Bagian - bagiannya Lengkap

Misalnya saat kedinginan dan takut, maka beberapa rambut kulit otomatis akan berdiri. Sebab otot polos di dekat rambut berfungsi untuk menekakan rambut supaya bisa berdiri.

Pusat syaraf kulit – sekitar lapisan epidermis dari rangsangan kulit di perkaya menggunakan ujung syaraf pusat. Misalnya ketika rangsangan rasa panas, nyeri, dingin, sakit, dan sentuhan.

Fungsi Kelenjar Minyak Pada Kulit Manusia

Kelenjar ini mempunyai banyak kegunaan serta manfaat bagi tubuh manusia. Khususnya di bagian lapisan pada kulit tubuh manusia. Berikut adalah penjelasan tentang fungsi kelenjar minyak pada kulit manusia :

1. Membantu melembabkan tubuh

Baik kelenjar kulit dapat memproduksi keringat minyak, sama sama mempunyai manfaat melembabkan kulit. Baik keringat serta minyak ini akan campur bersama sama jadi satu. Jika tidak terdapat campuran minyak, maka keringat akan paling mudah menguap serta kurang mempan melembabkan kulit. Saat keringat mudah menguap, maka kulit lebih mudah kering.

2. Membantu dalam pertahanan keringat kulit

Kulit yang kering pasti tidak akan baik bagi tubuh. Maka dari itu perlu minyak yang membantu dalam mempertahankan kelembaban kulit. Keringat yang terdapat di atas kulit tak akan dapat bertahan lama. Sebab, keringat tersebut hanya berbahan dasar air dan zat asam. Salah satu cara supaya keringat tetap dapat menempel di atas kulit ialah dengan bantuan minyak. Sekresi kelenjar minyak kulit akan membantu dalam mempertahankan keringat yang menempel di atas kulit.

3. Menjaga kehalusan serta kelembutan kulit

Baik kamu sadari maupun tidak, bagi wanita yang mempunyai kondisi kulit berminyak mempunyai banyak keistimewaan. Salah satunya ialah mempunyai kulit yang dominan halus dan lembut. Kondisi minyak yang terdapat di atas kulit dapat membantu menghaluskan kulit tubuh kita. Maka semakin banyak minyak yang terkandung di atas kulit, maka semakin halus serta lembut kulit seseorang.

Baca Juga :  8 Jenis Penyakit Kulit Yang Paling Sering Menyerang

4. Menjaga keelastisan kulit

Selain memberikan manfaat guna menjaga kehalusan serta kelembutan kulit, kelenjar minyak ini juga terdapat manfaat lainnya. Yakni membantu menjaga keelastisan kulit. Kulit yang semakin elastis maka akan terlihat lentur serta lebih fresh. Karna kulit semakin elastis maka akan tampak segar, berseri, serta lebih awet muda.

5. Aktif dalam memberikan pelumas kulit

Kelenjar minyak secara aktif menjadi pelumas untuk kulit. Kondisi tersebut membantu untuk menjaga kelembaban serta keremajaan kulit. Dengan terdapat pelumas ini membantu merawat kulit supaya tetap lembut, halus, terjaga, serta tetap remaja. Kulit dengan pelumas pas akan membantu merawat supaya tetap nampak awet muda.

6. Menjaga kelembaban rambut kulit

Kelembaban kulit rambut harus di jaga supaya dapat membantu menghantarkan rangsangan. Rambut yang terdapat di kulit dapat membantu guna menghangatkan tubuh ketika terasa dingin. Maka jika kondisi rambut kulit tidak lembab, rambut tidak dapat menjalankan fungsinya secara baik.

7. Menjaga supaya kulit tidak mengkerut

Kulit yang sehat ialah kulit elastis, berwarna cerah, serta berseri seri. Jika kulit kamu tidak seperti itu, maka mungkin kulit kamu tidak dalam kondisi yang sehat. Semakin kondisi kulit sehat, maka kulit pun semakin elastis, lembut, serta halus. Tidak mengkerut seperti pada kulit orang lanjut usia.

8. Membantu fungsi absorbsi kulit

Kulit pun mempunyai sifat absorbsi. Maka kelebihannya dapat membantu menyerap benda cair yang baik bagi tubuh. Misalnya kamu memakai handbody yang mempunyai kandungan vitamin yang pas bagi tubuh, maka kandungannya dapat masuk ke dalam tubuh. Minyak membantu guna penyerapan serta kelarutan zat tersebut.
Selain itu, membantu pula untuk proses penguapan sejumlah zat yang tidak berfungsi untuk tubuh. Misalnya seperti kandungan zat kimia tidak baik bagi tubuh yakni adalah asam urat, amoniak, nacl (natrium klorida), serta urea. Keringat yang mengeluarkan sejumlah zat tersebut. Namun dalam proses pembuangannya telah di bantu dari kelenjar minyak sendiri.

Baca Juga :  Gangguan Penglihatan Anak : Pengertian, Tanda - Tanda, Penyebab dan Cara Mengobatinya Lengkap

Jadi, sebenarnya kulit kita sendiri sudah secara baik dapat memproduksi minyak sendiri. Namun biasanya orang kurang percaya pada kemampuan tubuhnya. Maka mereka akan lebih suka bila merawat tubuhnya dengan bantuan salon yang memakai zat zat kimia tertentu. Itulah beberapa fungsi kelenjar minyak pada kulit manusia, semoga menambah wawasan kita semua!

Baca juga:

/* */