Ekosistem Laut Dangkal : Pengertian dan Definisinya Terlengkap

5 (100%) 1 vote

Pengenalan Ekosistem Laut Dangkal

Pengenalan ekosistem laut dangkal – Salah satu jenis ekosistem yang berada di Bumi yang sering dikenal dengan ekosistem bahari atau ekosistem laut. Ekosistem laut adalah ekosistem yang berada di perairan. Ekosistem laut terdiri dari beberapa ekosistem lainnya yaitu ekosistem perairan dalam, ekosistem pantai pasir dangkal atau bitarol, dan ekosistem pasang surut.

Sedangkan, pengertian Laut dangkal adalah menurut Drs. H. Panu pengertian laut dangkal merupakan laut yang mempunyai kedalaman antara 0-200 meter. Atau secara geologi, laut dangkal juga disebut sebagai Lau Transgressi yaitu terjadinya peninggian air laut yang hanya memiliki kedalaman kurang dari 200 meter. Berikut ini akan dibahas tentang pengenalan ekosistem laut dangkal secara lengkap.

A. KOMPONEN EKOSISTEM LAUT DANGKAL

1. Susunan Sifat Air Laut

  • Suhu Air Laut
  • Kadar Garam Air Laut (Salinitas)
  • Kepadatan
  • Tekanan

2. Adaptasi biota laut terhadap lingkungan yang berkadar garam tinggi

Pada hewan dan tumbuhan tingkat rendah tekanan osmosisnya kurang lebih sama dengan tekanan osmosis air laut, sehingga tidak terlalu mengalami kesulitan untuk beradaptasi. Tetapi bagaimanakah dengan hewan tingat tinggi, seperti ikan yang mempunyai tekanan osmosis jauh lebih rendah daripada tekanan osmosis air laut. Cara ikan beradaptasi dengan kondisi seperti itu adalah:

  • Banyak minum
  • Air masuk ke jaringan dengan cara osmosis yaitu melalui usus
  • Sedikit mengeluarkan urine
  • Pengeluaran air terjadi secara osmosis
  • Garam-garam dikeluarkan secara aktif melalui insang
Baca Juga :  Ekosistem Buatan: Pengertian, Karakteristik, Rantai Makanan Beserta Contohnya Terlengkap

3. Komunitas di Dalam Ekosistem Air Laut

Berdasarkan fungsi, komponen biotik ekosistem laut dapat dibedakan menjadi 3, yaitu:

  1. Produsen
    Terdiri dari fitoplankton dan ganggang laut lainnya
  2. Konsumen
    Terdiri dari berbagai jenis hewan. Hampir semua filum hewan ditemukan di dalam ekosistem laut.
  3. Zooplankton
    Terdiri dari bakteri dan hewan hewan pemakan bangkai atau sampah.

4. Komponen Ekosistem Laut dangkal

  1. Nekton
    – Kategori nekton:
    – Krill (udang kecil)
    – Small fish
    – Whales (paus)
    – Tuna
    – Ikan (fish)
  2. Plankton
    Plankton merupakan salah satu organisme yang terpenting di dunia, karena menjadi bekal makanan untuk kehidupan akuatik.
    Plankton merupakan makanan utama bagi makhluk laut. Plankton berasal dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan laut. Ukurannya kecil saja. Plankton hidup di sekitar pesisir pantai. Dimana plankton mendapatkan bekal berupa garam mineral dan cahaya matahari yang mencukupi. Ini penting untuk memungkinkannya terus hidup.
  3. Neuston
    Neuston adalah istilah kolektif untuk organisme yang mengapung di atas air (epineuston) atau tinggal di bawah permukaan (hyponeuston). Neustons terdiri dari beberapa spesies ikan, kumbang, protozoa, bakteri, dan laba laba air. Seekor laba-laba air adalah contoh umum yang melompat melintasi air tegangan permukaan.
  4. Perifiton
    Seperti fitoplankton, perifiton dapat ditemukan pada banyak tipe perairan, mulai dari kolam kecil hingga laut luas; berbagai macam substrat dalam air dengan keberadaan cahaya dapat mensupport pertumbuhan perifiton
    Peran perifiton :
    • Sebagai Produsen primer
    • Indikator mutu kualitas air
    • Menjaga kualitas air pada indicator mutu tertentu
    • Dapat digunakan sebagai penyaring dalam produksi akuakultur

5. Keanekaragaman Hayati Ekosistem Laut Dangkal

a. Produsen Ekosistem Laut Dangkal

  1. Mikroalga (Phytoplankton)
    Tanaman pertama yang muncul di bumi adalah mikroalga dan sampai sekarang mikroalga masih memenuhi habitat perairan di bumi. Di laut dangkal, mikroalga menjadi salah satu produsen penting bagi kehidupan laut. Contoh dari mikroalga adalah Chlorella, Crypthecodinium Cohnii dan Spirulina.
  2. Makroalga (Seaweed)
    Makroalga atau yang biasa disebut dengan rumput laut, merupakan organisme yang termasuk ke dalam kingdom protista yang mirip tumbuhan. Tumbuhan ini merupakan jenis tumbuhan yang tidak berpembuluh. Artinya, mereka tidak punya akar, batang, daun, ataupun bunga, walaupun mereka memiliki bentuk yang hampir serupa dengan tanaman berpembuluh.
  3. Tumbuhan Berbunga (Seagrass)
    Tumbuhan berbunga yang ada di ekosistem laut dangkal ini merupakan jenis tumbuhan yang sangat unik karena sudah bisa beradaptasi penuh dengan kondisi perairan laut yang basah, berarus dan berair asin.
Baca Juga :  Ekosistem Darat : Pengertian, Ciri, Komponen, Jenis dan Manfaatnya Terlengkap

b. Konsumen Ekosistem Laut Dangkal

  1. Porifera
    Porifera, yang berarti “pembawa pori”, adalah hewan multiseluler berpori yang amat sederhana karena sel-sel tubuhnya belum terspesialisasi dengan sempurna. Hewan ini hidup dengan menempelkan dirinya ke dasar laut yang keras dimana ia bisa mendapatkan cukup makanan.
  2. Cnidaria
    Cnidaria adalah hewan multiseluler yang termasuk paling sederhana. Cnidaria mempunyai 2 macam bentuk, yaitu polip dan medusa. Polip adalah bentuk dari hewan karang dan anemon. Sedangkan medusa adalah bentukan yang bisa bergerak bebas, sepeti halnya ubur-ubur dan memiliki mulut serta tentakel yang menghadap ke bawah.
  3. Moluska
    Moluska adalah sejenis hewan yang bertubuh lunak. Karena tubuhnya yang lunak ini, kebanyakan moluska memiliki cangkang yang disekresikan oleh lapisan mantel. Beberapa moluska memiliki lidah parut yang disebut dengan radula untuk memarut makanannya.
  4. Crustacea
    Crustacea adalah hewan yang memiliki eksoskeleton. Kebanyakan dari mereka adalah hewan akuatik, bernapas dengan insang dan hidup di laut. Crustacea mempunyai 2 pasang antena yang berfungsi untuk merasa dan mencium.
  5. Chordata
    a. Chordata Laut Dangkal Temperata
    Di bawah ini adalah beberapa chordata laut dangkal temperata :
    • Ikan Hiu Berjemur
    • Penguin Raja
    b. Chordata Laut Dangkal Tropis
    Dibawah ini adalah beberapa chordata laut dangkal tropis :
    • Ikan Marlin Biru
    • Ikan Badut
    Demikian pengungalasan tentang pengenalan ekosistem laut dangkal, semoga bermanfaat.

Baca juga:

/* */