5 Hormon yang Berpengaruh Menentukan Berat Badan Manusia

5 (100%) 1 vote

Hormon yang Berpengaruh Menentukan Berat Badan

Memiliki Bentuk tubuh ideal, bebas lemak dan gelambir merupakan idaman bagi setiap wanita walau sangat suka dengan wisata kuliner. hal tersebut merupakan impian bagi setiap kaum hawa, hanya saja sebagian besar dari mereka tidak mau melakukan usaha untuk mendapatkan bentuk tubuh indah dan ideal dengan berat badan yang selalu terjaga. Selain asupan makanan yang harus tetap diperhatikan dalam menjaga bentuk tubuh ideal, harus di perhatikan juga hormone apasaja yang mempengaruhi berat badan pada manusia.

Hormon yang Berpengaruh Menentukan Berat Badan Manusia

Ada baberapa hal selain makanan yang harus kita ketahui karena sangat berpengaruh terhadap berat badan manusia, terutama berat badan perempuan.  Bukan hanya jenis makanan apasaja yang kita konsumsi untuk dapat menjaga berat badan, namun jumlah kalori dan berapa banyak yang bisa kita makan juga sangat berpengaruh. Selain itu terdapat hormone yang berperan penting dalam hubungannya denan berat badan, terlepas dari fungsi lemak dalam tubuh.

Dalam pengendalian berat badan ada beberapa hormone yang harus di kurangi dan ada beberapa jenis hormone yang harus di tingkatkan jumlahnya dalam tubuh. Untuk menjaga berat badan badan yang tetap ideal kita harus menjaga jumlah hormone tersebut didalam tubbuh kita. Hormone apa sajakah yang berpengaruh terhadap berat badan manusia, berikut akan kita bahas satu persatu.

1. Ghrelin

Ghrelin adalah hormone pertama yang akan kita bahas. Apa itu hormone Ghrelin? Hormone Ghrelin adalah hormone yang mampu memberi signal lapar. Hormone Ghrelin di produksi didalam perut dan bekerja sama denggan otak untuk member sensasi rasa lapar, sehingga manusia akan bereaksi menambah asupan makanan ke dalam tubuh. Jika anda sedang berusaha mengurangi asupan kalori, maka berusahalah untuk menurunkan kadar hormone ini didalam tubuh, dengan cara berolahraga yang memiliki intensitas yang tinggi. Beberapa contoh olahraga denggan intensitas yang tinggi seperti jogging, aerobic, kickboxing dan lain sebagainya. Beberapa latihan fisik yang memiliki intensitas yang tinggi  dianggap mampu menekan hormone ini, sehingga dapat dijadikan kunci utama dalam menghilangkan lemak dan menjaga berat badan tetap stabil.

Baca Juga :  Mata : Bagian - Bagian dan Fungsi Beserta Penjelasannya Lengkap

2. Leptin

Hormone yang berpengaruh terhadap berat badan manusia yang selanjutnya adalah jenis hormone leptin. Hormone leptin ini dilepaskan oleh sel sel lemak yang berada didalam tubuh. Hormone ini berinteraksi dengan otak, sehingga  memerintahkan tubuh unntuk mengkonsumsi makanan lebih sedikit dan membakar lemak lebih banyak. Banyak sedikitnya jumlah leptin yang dilepaskan oleh lemak tergantung oleh jumlah lemaka yang terdapat didalam tubuh itu sendiri. Semakin banyak jumlah lemak yang ada didalam tubuh, semakin banyak juga jumlah hormone leptin yang dilepaskan . sedangkan semakin sedikit jumlah lemak yang dimiliki oleh tubuh, maka semakin edikit pul jumlah hormone leptin yang dilepaskan. Kondisi ini bisa disebut juga dengan resistence.

3. Insulin

Selain kedua hormone diatas, insulin juga memiliki peran penting untuk mengatur metabolism dalam tubuh. Hormone insulin ini diperlukan untuk menjaga kadar gula dalam darah secara optimal, merupakan hormone yang membantu dalam pembentukan otot serta berperan penting dalam proses pemulihan pasca olahraga. Hanya saja jika konsumsi karbohidrat terlalu banyak atau terlalu tinggi, maka hormone insulin dalam tubuh akan terganggu. Dengan terganggunya hormone insulin ini akan menyebabkan terhambatnya pemecahan dan pembakaran lemak yang bertumpuk. Jika pembakaran lemak sudah terhambat maka tubuh aka lebih cepat bertambah gemuk. Agar kadar hormone insulin ini tetap terjaga didalam tubuh maka sebaiknya kita banyak mengkonsumsi buah dan sayur, serta kurang makanan yang mengandukng karbohidrat kompleks.

4. Glucagon

Hormone glucagon ini berbeda dengan hormone insulin. Hormone ini merupakan hormone ke empat yang mempengaruhi berat badan manusia. cara kerja hormone ini adalah menghancurkan lemak dan karbohidrat dan melepaskan lemak dalam bentuk energy yang digunakan untuk kegiatan sehari hari. Sangat berbanding terbalik dengan hormone insulin.

Baca Juga :  Sistem Imunisasi : Pengertian, Fungsi, dan Jenis - Jenisnya Lengkap

5. CCK

Hormone terakhir yang mempengaruhi berat badan manusia adalah hormone CCK atau hormone Cholecystokinin. Hormone ini dilepaskan oleh usus saat kita mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak atau protein. Hormone Cholecystokinin  ini tidak hanya berada didalam usus saja namun hormone Cholecystokinin  ini bekerja sama dengan system saraf dengan tujuan dapat memperlambat proses pencernaan.

Demikianlah penjelasan mengenai hormone hormone yang berpengaruh terhadap berat badan manusia. semoga ulasan ini dapat membantu anda sekalian untuk dapat mempertahankan berat badan ideal.

/* */