Otot Sinergis : Pengertian, Jenis, Krakteristik dan Cara Kerjanya Terlengkap

Rate this post

Otot Sinergis : Pengertian, Jenis, Krakteristik dan Cara Kerjanya Terlengkap

Otot Sinergis – Di dalam tubuh manusia, ketika melakukan gerakan pasti menggunakan bantuan otot. Otot memiliki peran yang sangat penting karena merupakan alat gerak aktif. Selain itu, otot juga memiliki berbagai macam jenis yang setiap jenisnya mempunyai peran dan fungsi yang berbeda. Setiap manusia pastinya memiliki otot, apabila dalam tubuh manusia tidak terdapat jaringan tersebut maka, tulang-tulang di dalam otot tidak akan bisa bergerak.

Hal tersebut dikarenakan otot memiliki fungsi untuk melakukan dan menjalankan kerja, seperti misalnya berjalan, memegang dan mengangkat. Fungsi lainnya yaitu untuk membantu mengalirkan darah yang terdiri dari zat-zat seperti nutrisi, oksigen serta berfungsi juga sebagai penggerak jantung.

Karakteristik Otot

Dalam tubuh manusia otot mempunyai karakteristik yang disesuaikan dengan sistem kerjanya seperti:

  1. Ekstensibilitas yang artinya kemampuan otot dalam berelaksasi (memanjang)
  2. Kontrabilitas artinya kemampuan otot dalam melakukan kontraksi (memendek)
  3. Elastisitas memiliki arti yaitu otot mampu kembali ke dalam bentuk semula setelah sebelumnya melakukan kontraksi dan relaksasi.

Jenis Jenis Otot dan Peran Penting Bagi Tubuh

Selain memiliki karakteristik otot juga mempunyai jenis yang dapat digolongkan menjadi 3, yaitu otot lurik, otot polos, dan otot jantung.Otot lurik merupakan salah satu jenis otot yang menempel pada kerangka tubuh manusia, yang biasanya digunakan dalam pergerakan yang mana otot lurik merupakan otot yang cara kerjanya dibawah kesadaran atau otot volunter. Otot polos yaitu otot yang cara kerjanya tanpa kesadaran dapat dipengaruhi oleh sistem saraf otonom (saraf tak sadar). Sedangkan otot jantung merupakan jenis otot yang cara kerjanya terus menerus tanpa berhenti atau istirahat. Otot ini merupakan perpaduan antara otot lurik dengan otot polos.

Baca Juga :  4 Peranan Filum Echinodermata Bagi Kehidupan - Pengertian, Ciri dan Karaktersitiknya

Paling utama otot jantung sangat berperan penting dan memiliki fungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Sehingga individu atau organisme dapat melangsungkan hidupnya. Selain memiliki jenis yang berperan penting, otot juga mempunyai sistem gerak otot yang dapat dibedakan menjadi dua macam berdasarkan cara kerjanya, yakni otot Antagonis dan Otot Sinergis.

Pengertian Otot Sinergis

Otot Sinergis merupakan hubungan antara otot-otot yang cara kerjanya secara bersamaan/saling mendukung/bekerja sama menimbulkan gerakan yang searah. Kalimat tersebut dapat diartikan bahwa ketika otot ini bekerja maka untuk menggerakkan tulang dari satu posisi atau arah ke posisi yang lainnya, kemudian kembali keposisi awal, dibutuhkan minimal dua macam otot dengan kerja yang berbeda.

Contoh dari otot ini yaitu:

  1. Otot antara tulang rusuk yang saling bekerja sama ketika kita menarik nafas
  2. Otot pronator teres serta otot pronator kuadratus yang terdapat pada lengan bawah
  3. Seluruh otot pronator yang mengatur pergerakan telapak tangan untuk menelungkup
  4. Seluruh otot supinator yang mengatur pergerakan telapak tangan ketika menengadah

Pengertian Otot Antagonis

Otot antagonis merupakan otot yang bekerja secara berlawanan, yaitu ketika salah satu otot sedang berkontraksi maka otot yang lainnya akan berelaksasi. Gerakan ini akan menimbulkan beberapa jenis sebagai berikut:

1. Fleksi dan ekstensi

Fleksi atau fleksor adalah gerakan membengkok atau menekuk. Sedangkan ekstensi atau ekstensor merupakan gerakan lurus atau meluruskan. Misalnya, gerakan yang terjadi ketika kita menekuk lengan atau siku, lutut, ruas-ruas jari, dan bahu.

2. Addukasi dan abdukasi

Addukasi atau adduktor adalah gerakan mendekati tubuh. Sedangkan abdukasi atau abduktor yaitu gerakan menjauhi tubuh. Misalnya, gerak yang terjadi ketika kita melakukan gerakan merentangkan tangan, membuka tungkai kaki, serta gerakan mengacungkan tangan.

Baca Juga :  Pengertian Enzim Arginase: Struktur, Fungsi Dan Cara Kerja

3. Elevasi dan depresi

Elevasi atau elevator yaitu gerakan mengangkat. Sedangkan depresi atau depresor merupakan gerakan menurunkan. Misalnya, gerakan ini terjadi jika kita menengadahkan dan menundukkan kepala.

4. Supinasi dan pronasi

Supinasi atau supinator gerak menelentangkan. Sedangkan pronasi atau pronator adalah gerak menelungkupkan. Gerakan ini terjadi misalnya, ketika kita melakukan gerakan menelentangkan dan menelungkupkan telapak tangan.

5. Inversi dan eversi

Inversi yaitu gerakan memutar kaki sehingga sisi dalam telapak kaki akan terangkat ke dalam. sedangkan eversi adalah gerakan memutar kaki sehingga sisi luar telapak kaki kan terangkat ke luar. Misalnya, ketika kita memiringkan atau membuka telapak kaki ke araah dalam tubuh maka akan menimbulkan gerak inversi. Contoh lainnya ketika kita memiringkan atau membuka telapak kaki ke arah luar tubuh, maka akan menimbulkan gerak eversi.

Cara Kerja Otot

Jadi, ketika sedang melakukan aktivitas sehari-hari misalnya pada saat olah raga atau aktivitas lainnya tubuh kita akan bergerak sesuai dengan yang kita kehendaki. Nah, itulah yang dimaksud dengan cara kerja otot. Tulang-tulang yang dapat digerakkan tersebut dikarenakan adanya otot yang saling berkontraksi. Bagian otot yang saling berkontraksi tersebut merupakan sel-sel otot. Terjadinya otot yang saling berkontraksi disebabkan adanya pengaruh suatu rangsangan melalui saraf. Kemudian rangsangan yang telah tiba ke sel otot akan memengaruhi suatu zat yang peka terhadap rangsangan.

Ketika otot berkontraksi ukurannya akan membesar, memendek, dan mengeras. Kemudian tulang-tulang tempat otot melekat akan tertarik dan kemudian tulang akan ikut bergerak. Adanya pergerakan tulang mengakibatkan persendian juga ikut bergerak. Maka dari itu, ketika tubuh melakukan gerakan akan melibatkan kerja sama antara otot, tulang, sendi, dan saraf.

Baca Juga :  Echinodermata: Pengertian, Ciri, Karakteristik dan Klasifikasinya Terlengkap

Nah, Semua gerakan yang kita lakukan terjadi akibat adanya kerja sama antara ke-4 jaringan tersebut. Sehingga menjaga kesehatan jaringan yaitu otot, tulang, sendi dan saraf sangatlah penting untuk memperlancar aktivitas kita sehari-hari yang pada umumnya selalu melibatkan gerakan. Semoga penjelasan tentang Otot Sinergis dan cara kerja otot dapat menambah wawasan dan bermanfaat.

Baca juga:

/* */