Morfologi Bunga Mawar (Klasifikasi Dan Manfaatnya)

Rate this post

Morfologi Bunga Mawar (Klasifikasi Dan Manfaatnya)

Morfologi bunga mawar (klasifikasi dan manfaatnya) – bunga mawar ialah bagian dari jenis tanaman hias terkenal pada kalangan masyarakat sekitar. Jadi tak heran jika banyak bunga mawar ditanaman dilingkungan sekitar. Selain itu bentuknya serta warnanya ini lumayan menarik. Lebih jelasnya kami jelaskan dibawah ini mengenai morfologi bunga mawar (klasifikasi dan manfaatnya).

Morfologi Bunga Mawar

Awal mulanya bunga ini terkenal menjadi “ratu bunga” jaman dahulu. Bunga ini dijumpai pertama daerah cina, eropa tengah dan timur. Namun, seiring jalannya waktu bunga ini terserbar di seluruh penjuru dunia.
Secara umum, mawar mempunyai tangkai berwarna abu-abu yang panjangnya sekitar 2,5 km mempunyai benang sari bertangkai. Putiknya berbentuk bulat yang panjangnya 0,5 dan warnanya merah putih berbau harum. Morfologi bunga ini adalah bagian tumbuhan diantarana batang, akar, daun, bunga klasifikasi serta manfaatnya.

1. Bunga

Bunga ini mempunyai tangkai bulat berlapis bunga sekitar 20-25 lapis/ lebih. Hal ini bergantung dengan ukuran bunganya ini. Bunga mawar bisa disebut dengan bunga majemuk, yang mana bunnga berkumpul jadi satu ruang, tepat diatasnya benang sari serta putik. Adapun satuan bunga ini menyusun menjadi florest. Selain itu berwarna warni, walaupun banyak yang kitta tau warnanya mawar hanya kuning, putih dan merah.

Baca Juga :  Struktur Anatomi Bunga beserta Fungsinya Lengkap

Bunga mawar menjadi penghasil biji guna penyerbukan. Penyerbukan ini terjadi secara sendiri, yang mana sesudah mengalami pembuahan maka bunga ini berubah jadi struktur guna membawa biji buga. Ovarium bunga mawar ada di sebelah bawah kelopak serta mahkota bunga.

2. Daun

Daun bunga mawar termasuk majemuk, yang mana satu cabangnya ada kurang lebih 5-9 anak daun. Daunnya berbentuk oval dan kecil yang panjannya mencapai 2-3 cm dan mempunya gigi disekitar daun. Manfaat tumbuhan ini bisa melakukan proses fotosintesis tumbuhan.
Untuk sejumlah buga mawar lainnya, bentuknya daun ini beragam sekali. Seperti contoh ialah spesies bunga mawar besar dengan panjang daun kurang lebih 5-15 cm daripada bunga mawar secara umum.

3. Buah

Biji bunga mawar bisa kita jumpai di bagian bunganya. Namun sangat tak jelas jika dilihat dalam sekejap mata. Biji bunga ini kadang dilindungi buah khusus pembungkus biji tanaman. Adapun bentuk biji bunga mawar tersebut ialah buulat sedikit oval dan memanjang berukuran kecil.
Secara umum warnanya buah bunga ini merah. Namun, bagian jenis bunga ini mempunyai buah warnanya ungu kegelapan sampai kadang warnanya hampir hitam. Perbedaan warna ini bergantung dengan warnanya bunga.

4. Batang

Batang yang dipunya bunga ini tak beraturan dan panjang beserta durinya tajam disekeliling batang ini. Fungsinya batang tumbuhan ini ialah untuk menopang cabang serta bunganya sendiri, selain tersebut durinya yang ada dalam cabang ini guna melindungi terhadap serangan serangga. Namun, pada sejumlah jenis durinya ini ada yang tak seruncing serta berkembang mirip bunga mawar yang lain. Panjang batangnya pun seragam, hal tersebut bergantung sekali terhadap pertumbuhan serta perkembangan tanaman itu.

Baca Juga :  Tanaman Dlingo Atau Jerangau: Nama Ilmiah, Klasifikasi, Gambar, Deskripsi Dan Manfaatnya

5. Akar

Akar yang ada di bunga mawar ini jenis akrnya serabut berbentuk bulat panjang dan mempunyai warna coklat mudah dengan campuran coklat tua. Berbentuk serabut sehingga menjadi akar serabut bernama latin radix adventicia. Fungsinya ialah :

  • Menopang tumbuhan supaya bisa berdiri tegak
  • Menyerap air dalam tanah
  • Menyerap unsur hara yang dibutuhkan tumbuhan supaya bisa tumbuh maksimal

Klasifikasi Bunga Mawar

Pengklasifikasian tumbuhan ini beragam sekali, ada yang diklasifikasikan menurut genusnya, ada pula berdasarkan jenis akarnya. Nah, disini kami mengklasifikasikan sebagai berikut :

  • Kingdom : Plantae
  • Kelas : Dicotyledonae
  • Divisi : Spermatophyta
  • Sub Divisi : Angiospermae
  • Famili : Rosaceae
  • Ordo : Rosanales
  • Genus : Rosa
  • Spesies : Rosa Hiproida atau Rosa sp.

Manfaat Bunga Mawar

Bunga ini mempunyai kandungan vitaminC baik bagi kesehatan kulit. Senyawa yang terkandung diantaranya farnesol, flavonoid, eugenol, asam geranik dan masih banyak. Adapun manfaat bunga ini diantaranya :

1. Menjaga kesehatan kulit

Bunga ini menjadi ramuan tradisional guna menjaga kulit tetap sehat, bersih dan menawan. Caranya ialah mencampurkan bunga ini menggunakan air bersih kemudian diratakan disemua bagian kulit.

2. Menghilangkan jerawat

Selain bisa dimanfaatkan menjaga kulit, bisa membantu mengatasi masalah jerawat kaum hawa. Caranya kalian campurkan bunga mawar degan air hangat lalu basuhkan di wajah kalian. Kandungan antioksidan ini bisa menghilangkan jerawat/ mencegah munculnya jerawat.

3. Obat kaki bengkak

Caranya dengan merebuskan bunga mawar sekitar 2-3 ke dalam air 600 ml yang sudah ditaburkan garam secukupnya. Rebuskan sampai tersia 2 gelas dan konsumsi rutin. Minum dengan jangka waktu 2x sehari.

4. Untuk relaksasi

Jika kalian sering mengalami stress maka bunga mawar bisa menjadi obat relaksasi. Caranya ialah dengan merendam diri di dalam bak air hangat yang sudah tercampur bunga mawar. Lakukan selama 10-15 menit sehingga bisa membuat kalian relax.

Baca Juga :  Tanaman Apel: Klasifikasi, Deskripsi, Kandungan dan Manfaat Bagi Kesehatan 

5. Mengatasi haid tak teratur

Bagi kalian yang terjadi haid tak teratur maka jangan cemas. Untuk mengatasi hal ini bisa memakai bunga mawar. Caranya ialah dengan menggunakan merebus 15 gr bunga mawar, 90 gr lidah buaya, bunga asoka, ke dalam air 600 ml. Lalu kalian tunggu rebusan ini sampai menyisakan 200 ml saja guna dikonsumsi 2x sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

Nah, itu tadi mengenai morfologi bunga mawar (klasifikasi dan manfaatnya). Selain bunga ini cantik dan indah, bunga ini mempunyai beberapa manfaat bagi tubuh manusia. Salah satunya bisa dimanfaatkan sebagai kesehatan kulit. Silahkan kalian coba dirumah, semoga bermanfaat ya!

Baca juga: