Mengenal Pertanian Modern Di Indonesia Terbaru

Rate this post

Mengenal Pertanian Modern Di Indonesia Terbaru

Pertanian modern di Indonesia – pertanian modern ini merupakan inovasi dalam bentuk teknologi di bidang pertanian yang lebih maju, baik dari segi mesin dan pengendalian hama penyakit hingga waktunya panen maupun pasca panen. Hal yang membedakan antara pertanian modern dengan pertanian tradisional ini adalah perlakuan dan bagaimana cara perawatannya di dalam proses budidaya. Berikut ini akan dibahas mengenai pertanian modern di Indonesia.

Teknologi yang sedang berkembang di Indonesia saat ini semakin mengarah lebih maju. Pertanian Indonesia ini sudah termasuk cepat dapat mengimbangi dengan Negara yang lain. Pertanian modern yang saat ini berjalan memberikan dampak maupun respon di peternakan maupun pertanian guna mereka pakai menjadi pekerjaan mereka.

Sebenarnya, secara umum kita dapat melihat dari sejumlah hal yang bisa di nilai dari adanya pertanian modern ini. Faktor pendudung dari pertanian modern ialah bagian SDM ( sumber daya manusia ), benih dengan kualitas tertinggi, hasil pertaniam, peternakan dan perikanan yang berkualitas dan juga mekanisasi berteknologi tinggi.

Tujuan Pertanian Modern Di Indonesia

Adapun tujuan dari pertanian modern ini di Indonesia, diantaranya :
1. Merupakan jalan untuk enuju keberhasilan modernitas di Indonesia
Apabila hasil panen ini akan semakin meningkat maka Negara dianggap maju. Di Indonesia sendiri pemakaian pupuk dan pestisida kimia adalah bagian dari sebuah revolusi hijau sebagai adanya sebuah proyek ambisius orde baru, untuk mendorong hasil dari produksi pertanian dengan memakai tekonolgi modern.
2. Optimalisasi hasil panen
Konsep pertanian modern ini tidak hanya membahas usaha guna memnuhi kebutuhan pangan akan manusia dan memuliakan spesies pertanian, namun hal ini harus sudah lebih mengarah pada bagaimana caranya untuk mengoptimalisasi usaha tani ini untuk menghasilkan bahan pangan yang berkualitas dan bermutu. Hal yang sangat diperhatikan dari hasil panen ialah baik dari segi kuantitasnya maupun segi kualitasnya.
3. Penggabungan konsep yang telah ada
Peningkatan tekonologi pertanian supaya pertanian ini berjalan dengan lebih efektif dan juga efisien sedang diupayakan. Dan hingga saat ini perkembangan dari konsep pertanian yang dipakai ialah dengan cara menggabungkan diantara dua konsep awal yang kesannya ini berjalan sendiri sendiri.

Baca Juga :  13 Ciri Lingkungan Sehat dan Tidak Sehat Terlengkap

Contoh Pengembangan Pertanian Modern Di Indonesia

Berikut ini adalah contoh dari pengembangan pertanian modern yang ada di Indonesia, antara lain :
a. Hidroponik
b. Integrasi automasi pertanian
c. Pertanian holtikultura
d. UAV agriculture
Penjelasannya sebagai berikut :

a. Hidroponik

Baru baru ini hidroponik banyak di pakai di Indonesia. Konsep dasar pada hidroponik ini sebenarnya telah diketahui sudah sejak lama. Hidroponik dipakai oleh beberapa ilmuan guna meneliti tanaman yang berdasarkan dari sumber air, tetapi berbeda lagi bila kita membicarakan di jaman yang sekarang ini. pertanian hidroponik yang termasuk modern telah tidak asing lagi untuk sekarang ini. yakni penggantian sebuah media tanam yang asalnya dari tanah lalu menjadi air guna menghasilkan hasil tanam yang sama dari media tanah bahkan akan menjadi lebih baik lagi.

b. Integrasi automasi pertanian ( smart farming )

Walaupun hal ini termasuk masih asing tetapi konsep tersebut sudah ada di Negara Indonesia, yakni penanaman sensor-sensor tertentu misalnya seperti sensor kelembaban pada suhu tanah, sensor ph dan masih banyak lagi lainnya di lahan pertanian yang luas lalu dilengkapi menggunakan wireless transmitter dari jarak jauh dengan memancarkan sebuah sinyak menuju kearah stasiun utama guna memperoleh data maupun secara lansgung akan terhubung dengan mesin pemompa air dan hal sejenisnya yang bisa sangat menghemat biaya dan waktu.

c. Pertanian modern holtikultura

Definisi dari hotukultura (horticulture) asalnya dari bahasa latin “hortus” yang artinya tanaman kebun dan colera/ cultura yang artinya budidaya. Jadi bisa disimpulkan artinya holtikultura ialah menjadi budidaya tanaman kebun. Istilah dari hortikultura ini dipakai dalam jenis tanaman yang dibudidayakan.
Bidang kerja dari hortikultura mencakup pembenihan, pembibitan, kultur jaringan lalu produksi tanaman, penyakit dan hama, panen, lalu pengemasan dan juga distribusi. Holtikultura ialah bagian dari metode budidaya pertanian modern.

Baca Juga :  Ekosistem : Pengertian, Macam Macam, dan Komponen-Komponen Terlengkapnya

Holtikultura ialah cabang dari ilmu agronomi. Lain halnya dengan agronomi, fokusnya holtikultura ini dalam budidaya tanaman buah ( frutikultur/ pomology ), tanaman herbal ( biofarmakala ), tanaman sayuran ( olerikultura ), dan taman ( lansekap ). Ciri khas satu-satunya dari produk holtikultura ialah perisabel maupun mudah rusak sebab segar.

Hortikultura ialah perpaduan diantara ilmu seni, teknologi, dan ekonomi. Prakterk pertanian hortikultura modern ini berkembang menurut perkembangan ilmu yang dapat menghasilkan sebuah teknologi guna memproduksi dan menangani dalam komoditas hortikultura yang ditujukan guna memperoleh keuntungan ekonomi ataupun kesenangannya pribadi.

d. UAV agriculture

Dalam teknologi pertanian yang modern ini menjalankan peranan penting berikut :
• Inspeksi kesehatan tanaman
Inspeksi kesehatan tanaman dapat dijalankan dengan UAV secara lansgung dengan menambahkan kamera lensa yang bekerja dengan cara berdasarkan premis bahwa tanaman hijau akan hidup menyerap energi matahari serta memancarkannya kembali menjadi energi near-infrared. Dengan terdapat NDVI analytic maka akan membantu para petani modern guna mengalokasikan/ merencanakan yang lebih baik guna lahanya.
• Sprayer cairan pestisida ke herbisida
Yang ini sangat diminati pertanian modern sebab untuk mengoptimalkan pada hasil panennya.
• Inspeksi kesehatan tanaman

Demikian pembahasan tentang pertanian modern di Indonesia. Dengan adanya pertanian modern ini banyak sekali dampak positif bagi para petani. Salah satunya menciptakan para SDM, benih dan hasil panen yang berkualitas tinggi. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

/* */