Hormon Pertumbuhan Giberelin : Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Letaknya Lengkap

5 (100%) 1 vote[s]

Mengenal Hormon Pertumbuhan Giberelin

Mengenal hormon pertumbuhan giberelin – hormone giberelin ialah bagian dari fungsinya tanaman untuk membantu di dalam proses pembentukan biji dan buah. Tanaman tentu akan terjadi sebuah proses pertumbuhan dan perkembangan yang mana pertumbuhan artinya bertambahnya ukuran pada suatu tanaman yang dapat diukur menggunakan alat ukur, sementara perkembangan ialah bagaimana setiap fungsi organ tanaman itu dapat bekerja sesuai dengan tahapannya yang tidak bisa diukur menggunakan alat ukur.

Kondisi mempunyai tubuh tinggi adalah ciri-ciri makhluk hidup yang tidak hanya merajai bagi kalangan manusia saja. Pasalnya, fenomena tinggi badan di dalam tanaman yang tinggi pun bisa ditemui. Kenapa hal ini terjadi? Sebab terdapat molekul di dalam tubuh yang mengakibatkan tanaman mempunyai tinggi yang berbeda dari normalnya.
Ada dua faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan juga perkembangan pada suatu tanaman, yakni faktor internal dan juga eksternal. Dimana faktor ekternal dalam pertumbuhan ini meliputi air, suhu, mineral dan juga cahaya matahari. Sementara faktor internal pertumbuhannya ini meliputi enzim, gen dan yang terakhir ialah hormone.

Nah, dari faktor faktor itu yang sangat berperan penting yakni hormone. Salah satu hormone yang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ialah hormone giberelin. Oke sobat, pada kesempatan kali ini kita akan mengenal hormon pertumbuhan giberelin.

Baca Juga :  Nanoteknologi : Pengertian, Penggunaan, Manfaat Beserta Contohnya Lengkap

Sejarah Hormon Giberelin

Sejarah pertama kalinya hormone ini ditemukan yakni dari sebuah penilitan dari jepang yang sedang menyelidiki penyebab dari “bakanae” artinya (bibit bodoh) yang mengakibatkan panen bibit ini di Negara jepang menjadi menurun. Tidka hanya di jepang saja, melainkan di asia dan Taiwan pun mengalami hal serupa. Seluruh bibit menjadi berwarna kuning pucat, akar terhambat dan bibit memanjang dengan daun yang ramping, banyak tanaman yang mati jika hidup disertai bersama dengan penyakit penyakit tanaman.

Bakanae tersebut diakibatkan oleh sejumlah infeksi jamur yang dimiliki genus fusarium. Sesudah diketahui sejumlah penyebab beragam penilitian yang dijalankan di amerika serikat, Taiwan, jepang dan juga asia bahwa dari hasil penelitian ini mengembangkan sebuah campuran senyawa senyawa guna menghasilkan hormone yang mampu meningkatkan kualitas tanaman.

Jadi, pada tahun 1968 ini J. Mac Milla dan juga N Takahasashi telah mencapai sebuah kesepakatan bahwa seluruh giberelin ini perlu di acungi sebagai giberelin yang A1-x terlepas dari asal usulnya mereka. Sebab saat sebelum tahun ini ada beragam jenis hormone giberilin yang labelnya berbeda beda. Selama 20 tahun yang terkahir dengan memakai teknik modern giberelin diidentifikasi dengan snagat banyak.

Fungsi Hormon Giberelin

Hormon giberelin mempunyai sejumlah fungsi guna meningkatkan pertumbuhan serta perkembangan tanaman. Nah, berikut ini tentang sejumlah fungsi dari hormon giberelin, diantaranya :

1. Pemanjangan batang

Dalam batang hormon giberelin akan merangsang pemanjangan sel serta pembelahan sel batang. Selain hormone giberelin yang mempunyai peran alam dalam pemanjangan batang tersebut ada pula di hormone lain yakni hormone auksin.

Pada pemberian giberelin ini bisa diberikan dalam tanaman yang kerdil, yang nantinya akan memacu tanaman kerdil guna tumbuh. Pada saat giberelin telah diberikan, maka tumbuhan ini akan beralih menuju ke pertumbuhan organ reproduktif dan mengalamilonjakan giberelin yang bisa memacu pertambahan pada batang dengan lebih cepat.

Baca Juga :  Hormon Oligo Peptida : Pengertian, Fungsi, Perbedaan dan Proses Terjadinya Lengkap

2. Pembentukan buah tanpa biji

Ketika melakukan penyemprotan hormone giberelin dalam tanaman yang berkembang mengakibatkan biji ini tidak tumbuh. Salah satu hormone yang membuat buah tidak berbiji ialah hormone giberelin. Hal tersebut telah diaplikasikan dalam buah tertentu seperti anggur. Selain itu dapat pula menghambat pertumbuhan biji hormone giberelin sehingga akan merangsang produksi buah menjadi lebih banyak.

3. Pembungaan atau perkembangbiakan

Ketika kondisi lingkungan tidak stabil kadang cenderung membuat batang tanaman tidak beruas panjang yang menyebabkan bunga tidak tumbuh. Giberelin paling berperan pada keadaan ini, yang mana ketika diberikan hormone giberelin sehingga akan memicu pertumbuhan batang yang lebih panjang yang nantinya dipakai untuk pertumbuhan bunga.

4. Perkecambahan

Giberelin bisa mematahkan dormasi dalam biji. Hormone giberelin dapat merangsang biji guna berkecambah yang tandanya dengan munculnya koleoptil dalam biji, bakal akal (radikula) dan bakal batang daun. Guna mendukung proses perkecambahan ini diperlukan keadaan lingkungan yang khusus oleh tanaman misalnya cahaya dan suhu.

5. Pertumbuhan buah

Salah satu fungsi hormone dalam giberelin yakni merangsanga pertumbuhan buah. Untuk merangsang pertumbuhan buah tersebut tidak cuma pengaruh dari giberelin, namun pengaruh dari hormone auksin. Perbedaan ukuran dan kualitas buah dalam tanaman yang diberi hormone dan juga tidak yakni sangat signifikan.terkadang tanaman yang telah diberikan hormone giberelin akan cenderung lebih besar dan juga terhindar dari penyakit.

6. Mampu memcah senyawa amilum guna menghasilkan senyawa glukosa

7. Meningkatkan tumbuhan kerdil sehingga jadi tumbuhan normal

Letak Hormon Giberelin

Hormone giberelin ini ada di berbagai struktur tanaman. Berikut ini letaknya hormone giberelin :

  1. Biji
    Di dalam biji ada hormone giberelin yang bisa mempercepat serta meningkatkan pertumbuhan dari biji tersebut.
  2. Daun
    Daun dipakai untuk tempat berlangsungnya proses fotosintesis guna memnuhi kebutuhan dan juga nutrisi dalam tumbuhan.
  3. Akar
    Di dalam akar ini mempunyai fungsi menghisap air dan juga garam mineral darah.
  4. Bunga
    Bunga inilah perannya sebagai perkembangbiakan tumbuhan.
Baca Juga :  Hormon Karrikin Pada Tumbuhan : Pengertian dan Fungsinya Lengkap

Inilah informasi mengenai hormon giberelin yang sangat berperan penting untuk proses pertumbuhan tanaman. Selain itu, hormone giberelin ini memiliki sejumlah fungsi yang mampu membuat pertumbuhan menjadi lebih cepat tinggi. Nah, dengan kalian mengenal hormon pertumbuhan giberelin ini, semoga akan menambah wawasan kalian. Terima kasih.

Baca juga: