5 Peran Cahaya Dalam Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman “Lengkap”

5 (100%) 1 vote[s]

Pengaruh Cahaya Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman

Peran Cahaya Dalam Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman – Tanaman tumbuh dan berkembang melalui beberapa proses yang harus dilaluinya, terdapat banyak sekali komponen penyusun dan elemen yang dibutuhkan dan mempengaruhi pertumbuuhan dan perkembangbiakannya. Komponen komponen dan elemen tersebut berfungsi untuk membantu menngkatkan dan mengoptimalkan pertumbuhan [ada suatu tanaman. Makhluk hidup memiliki cirri dan karakteristiknya masing masing, tumbuhan, hewan dan manusia merupakan makhluk hidup namun memiliki perbedaan yang sangat mencolok, baik dari segi fisik, anatomi dan sifat fisiologis dan biologisnya.

Hanya dilihat dari bentuk fisiologisnya, perbedaan antara tumbuhan dan makhluk hidup lainnya yaitu tanaman tidak memiliki kaki sebagai alat untuk berpindah tempat. Walaupun sebagian tanaman mampu melakukan perpindahan lokasi dalam jangaka waktu yang relative lebih lama. Persamaan tanaman dengan makhluk hidup yang lainnya adalah, tanaman juga melekukan sistem respirasi atau bernafas dan juga membutuhkan nutrisi untuk mempertahankan hidupnya serta berkembang biak.

Pertumbuhan tanaman

Tidak berbeda dengan makhluk hidup yang lainnya, tanaman juga menjalani proses pertumbuhan mulai dari kecil hingga membesar, hingga menghasilkan sesuatu. Sebagian tanaman mampu menghasilkan bunga yang cantik, sebagian tanaman mampu menghasilkan buah yang manis, dan sebagian tanaman mampu menghasilkan kayu yang kuat dan bahkan sebagian tanaman mampu menghasilkan kesemuanya. Factor lngkungan  dan asupan nutrisi terhadap tanaman tersebut merupakan factor penting yang sangat mempengaruhi proses pertumbuhan tanaman tersebut. Sebagai contoh dari beberapa asupan nutrisi yang dibutuhkan tanaman adalah:

  1. Kondisi pupuk dan juga unsur hara di dalam tanah
  2. Kandungan air tanah
  3. Lingkungan sekitar

Hal tersebut merupakan asupan utama yang dibutuhkan oleh tanaman, hanya saja selain ketiga hal tersebut diatas, tanaman juga membutuhkan asupan cahaya. Sama seperti makhluk hidup yang lainnya, tanaman juga membutuhkan cahaya, baik cahaya matahari maupun cahaya buatan. Hal ini berfungsi agar tanaman dapat tumbuh dengan baik dan sempurna.

Baca Juga :  Akar tunggang dan akar serabut : Pengertian, Fungsi, Ciri, Contoh serta Perbedannya

Berikut adalah Peran Cahaya Dalam Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman :

  1. Salah satu factor penting dalam pertumbuhan tanaman dan memeiliki peran yang tidak dapat digantikan dalam proses pertumbuhan tanaman  adalah cahaya.  Cahaya yang didapat oleh tanaman pada umumnya merupakan cahaya yang berasal dari cahaya matahari, walaupun dalam beberapa kondisi tanaman cahaya bisa digantikan dengan cahaya buatan. Cahaya buatan yang diberikan ketanaman disesuaikan dengan cahaya yang dipancarkan oleh matahari, sehingga tanaman tetap dapat bertumbuh kembang dengan baik.
  2. Beberapa jenis tanaman yang sangat bergantung pada cahaya, menunjukan ujung pohon pada tanaman tersebut mengarah pada arah datangnya cahaya matahari. Hal ini merupakan bentuk respon dari tanaman terhadap cahaya matahari.
  3. Peran cahaya dalam proses tumbuh dan perkembangan tumbuhan adalah cahaya membantu tumbuhan untuk  melakukan proses fotosintesis. Cahaya berperan sebagai energy untuk mengolah unsure hara dan air menjadi nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. Proses pengolahan unsure hara ini disebut juga dengan istilah proses forosintesis. kemampuan dari sebuah tanaman dalam mengolah dan juga memproses makanannya (proses sintesa atau sintesis) dengan menggunakan bantuan cahaya (foto).
  4. Tanaman yang melakukan kegiatan fotosintesis menghasilkan tepung yang menjadi nutrisi karbohidrat bagi tanaman tersebut. Saat tanaman mendapatkan pencahayaan yang cukup, maka tanaman bisa memproses unsure hara yang diperoleh dari tanah melalaui proses fotosintesis tadi. Dengan tercukupinya kebutuhan nutrisi tanaman tersebut untuk hidup , tumbuh dan berkembang biak dengan baik maka tanaman juga akan memeberikan feedback untuk alam dan manusia.
  5. Bagaimana jika tanaman tidak memperoleh cahaya yang cukup unntuk melakukan kegiatan fotosintesis? Hal ini disebut dengan etiolasi, kondisi tanaman yang tidak mendapatkan cukup cahaya akan berbanding terbalik dengan tanaman yang mendapatkan cahaya yang cukup. Tumbuhan yang mengalami etiolasi akan menunjukan cirri cirri atau gejala kekurangan nutrisi, seperti daun pucat, pertumbuhan yang melambat, buah yang tidak bagus, tidak seimbangnya hormone pertumbuhan dan masih banyak lagi.
Baca Juga :  Penemuan Susunan Genetik Kopi Untuk Aroma Kopi Baru

Banyak penelitian yang mengulas tentang pengaruh cahaya terhadap tumbuh kembang dan produktivitas pada tanaman. Sebagaian besar dari penelitian tersebut membuktikan bahwa cahaya, terutama cahaya matahari sangat berperan terhadap proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman, cahaya matahari sangat membantu tanaman untuk memproses unsure hara menjadi nutrisi yang dibutuhk n tanaman dalam bentuk tepung karbohidrat. Dengan terpenuhinya kebutuhan nutrisi tanaman, maka tanaman akan tumbuh dan juga berkembang menjadi lebih baik dan juga lebih optimal. Pertumbuhan tanaman yang optimal juga akan memberikan manfaat yang baik bagia kegidupan alam semesta.

Baca Juga :

/* */