Membran Sel Pada Tumbuhan : Pengertian, Ciri, Fungsi, Struktur dan Komponennya Lengkap

5 (100%) 1 vote[s]

Membran Sel Pada Tumbuhan : Ciri, Fungsi, Struktur dan Komponennya Lengkap

Membran Sel Pada Tumbuhan: Ciri, Fungsi, Struktur, dan Komponen – Sel merupakan suatu kesatuan fungsional dan struktural dari makhluk hidup, yang memiliki makna sebagai penyusun makhluk hidup dan melaksanakan semua fungsi kehidupan. Membran sel merupakan salah satu bagian dari sel yang ada pada tumbuhan ataupun makhluk hidup lainnya. Membran sel menjadi bagian terpenting dari struktur sel yang akan membungkus dan melindungi dengan melakukan pemisahan materi sel internal dari lingkungan di luar sel.

Membran Sel Pada Tumbuhan

Membrane sel sering juga disebut sebagai membrane plasma. Membrane sel pada tumbuhan memiliki peran penting sebagai pelindung dan jalan lalulintas dalam mentransfer berbagai molekul yang akan masuk ke dalam dan keluar dari sel. Selain itu membrane sel juga berperan penting dalam melindungi berbagai konstituen sel. Fungsi utamanya sebagai penutup pelindung. Organel yang ada di dalam sel mempunyai kondisi yang terapung. Misalnya pada organisme seperti jamur, tanaman, dan struktur tubuh bakteri bagian membrane sel ini ditutupi oleh bagian yang lebih keras dan sering disebut sebagai dinding sel. Agar lebih jelas memahami uraian tentang Membran Sel Pada Tumbuhan: Ciri, Fungsi, Struktur dan Contohnya berikut ini ulasanya.

Ciri-Ciri Membran Sel

Agar dapat lebih memahami tentang membrane sel, terdapat ciri-ciri yang perlu diketahui sebagai berikut.

  1. Membran sel sebagai lapisan penghambat selektif yang berfungsi sebagai dinding pemisah angtara sel individu dengan kompartemen selular.
  2. Membrane sel merupakan sebuah susunan dari molekul karbohidrat, protein, dan lipid yang digabungkan dengan gaya non-kovalen. Penggabungan molekul tersebut akan mengatur transportasi molekul, mengontrol berbagai arus dari informasi yang terjadi pada sel-sel, menghasilkan sinyal yang kemudian digunakan untuk mengubah perilaku dari sel, dan menjadi pemisah pada molekul yang memiliki muatan untuk menjadi sinyal sel.
  3. Mempunyai sifat yang dinamis, dan bekerja secara berkala, terus menerus terbentuk, serta mengalami degradasi.
  4. Zat lipid yang terkandung di dalam membrane sel termasuk dalam kategori fosfolipid yang terdiri dari gliserol, asam lemak, fosfat, dan berbagai zat hasil turunan zat organik hidrofobik.
  5. Zat protein pada bagian membrane sel dapat ditentukan fungsinya untuk pemompa, pelapis gerbang, reseptor, dan sebagai molekul adhesi sel.
  6. Zat karbohidrat yang ada di dalam membrane sel akan terikat kovalen dengan molekul protein yaitu berupa glikoprotein atau berupa lipid seperti glikolipid.
  7. Cairan yang ada di membrane sel berbentuk mozaik yang tergambar sebagai lipid bilayer fluida yang memiliki kandungan metabolisme protein sehingga membuat molekul dapat mengambang.
Baca Juga :  Angiospermae : Pengertian, Ciri Ciri, Perbedaan dan Contohnya Terlengkap

Fungsi Membran Sel

Tidak hanya memiliki ciri yang khas, akan tetapi juga terdapat fungsi membrane sel yang perlu diketahui.

  1. Fungsi utama membrane sel yaitu sebagai gerbang untuk menutup atau pelindung untuk sel.
  2. Untuk mengamankan bagian sitoskeleton yang terdiri atas protein dan berada pada bagian sitoplasma.
  3. Untuk melayani sel dalam melekatkan matriks bagian ekstraselular sel.

Fungsi membrane sel yang paling utama sebagai lalu lintas dapat digolongkan ke dalam dua cara, yaitu transpor pasir dan transpor aktif.

  1. Transpor aktif yaitu lalu litas yang memiliki arah perpindahan yang melawan gradient konsentrasi. Molekul akan bergerak dari konsentrasi rendah ke konsentrasi tinggi.
  2. Transpor pasif atau biasa disebut sebagai pergerakan spontan merupakan difusi dan osmosis. Difusi merupakan pergerakan yang terjadi terhadap molekul yang berasal dari konsentrasi tinggi (hipertonis) menuju ke konsentrasi rendah (hipotonis). Sedangkan osmosis adalah pergerakan pelarut yang melewati membrane selektif dengan arah perpindahan yang berbeda dari konsentrasi zat pelarut.

Struktur Membran Sel

Struktur dari membrane sel mempunyai dua lapisan fosfolipid. Molekul fosfolipid ini dilengkapi dengan kepala yang umumnya disebut sebagai permukaan hidrofilik sedangkan bagian ekor disebut dengan hidrofobik. Lapisan membrane fosfolipid tersusun secara rapi sehingga daerah kepala berada dibagian luar. Pada permukaan internal membrane sel atau bagian dalam terdapat bagian ekor yang tersusun begitu dekat dengan area pusat membran. Sebagian besar membran sel tersusun dari protein. Molekul protein tersebut berada dibagian rangkaian lapisan fosfolipid.

Komponen Membran Sel

Dapat kita ketahui bahwa Membran Sel Pada Tumbuhan: Ciri, Fungsi, Struktur dan Contohnya memiliki penjelasannya yang umumnya belum terlalu banyak diketauhi oleh sebagian orang. Komponen yang terdapat di dalam membrane sel antara lain yaitu glikolipid dengan senyawa karbohidrat, protein, sterol, hormone dan senyawa lainnya.

Baca Juga :  15 Tumbuhan yang Hidup di Lingkungan Lembab Beserta Gambarnya Lengkap

Permukaan luar yang terdapat pada sel tumbuhan akan dilapisi dengan selaput yang mempunyai permukaan halus. Permukaan tersebut mempunyai tekstur yang elastis. Membrane ini memiliki peran yang penting dalam pengaturan organel yang menjadi isi sel. Serta mengatur bahan yang ke luar atau masuk dari dank e dalam sel harus melalui lapisan membrane tersebut.

Dengan begitu membrane sel memiliki kemampuan untuk mencegah masuknya berbagai zat. Namun, permukaan tersebut juga dapat memudahkan berbagai zat untuk masuk. Membrane plasma memiliki fungsi sebagai pembatas pada membrane sel dan berbagai organel yang terdapat di dalam sel. Organet tersebut antara lain, yaitu vakuola, kloroplas, dan mitokondria. Membrane ini memiliki sifat diferensial permeabel, yaitu membrane memiliki pori-pori dengan ukuran ultramikroskopik dengan kemampuan dilalui untuk zat-zat tertentu saja.

Demikian penjelasan mengenai Membran Sel Pada Tumbuhan: Ciri, Fungsi, Struktur dan komponen dengan demikian kita dapat mengatahui bahwa sel merupakan struktur penyusun dari makhluk hidup yang sangat berperan penting. Semoga uraian tersebut dapat bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai bahan referensi.

Baca juga:

/* */