Mata : Bagian – Bagian dan Fungsi Beserta Penjelasannya Lengkap

5 (100%) 1 vote

Bagian – Bagian dan Fungsi Mata

Bagian-bagian mata dan fungsinya – mata merupakan salah satu organ terpenting bagi kelangsungan hampir seluruh makhluk hidup. Dengan alat inilah maka semua makhluk hidup termasuk manusia dapat mengenal satu sama lainnya, dapat mengenal benda-benda di dunia, serta memahami lingkungan sekitarnya.
Berikut ini adalah bagian-bagian mata dan fungsinya, diantaranya :

Bagian Luar Mata

Agar mata terlihat sempurna, dibagian luar mata memiliki beberapa bagian lagi. Bagain-bagian inilah yang akan mendukung dari bagian-bagian mata. Berikut ini bagian luar mata, antara lain :

1. Bulu Mata

Bagian ini letaknya dekat dengan mata, dimana terdiri atas rambut-rambut halus. Bulu mata mempunyai fungsi menjadi pelindung mata pad adebu dan juga kotoran sejumlah benda jahat yang merusak mata. Selain itu, bulu mata ini berfungsi menjadi pengatur cahaya dan menyaringnya saat sebelum masuk dalam mata.

2. Kelopak Mata

Kelopak mata dungsinya menjaga mata terhadap gangguan seperti debu, kuman dan sejumlah pengganggu penglihatan. Bagian ini dapat dipakai untuk membuka ketika otot sadar sedang aktif dan menutup ketika otot sadar pasif.

3. Alis Mata

Alis berfungsi untuk melindungi mata terhadap sejumlah benda-benda hendak jatuh di mata. Tekstur dari alis ini bentuknya bulu-bulu yang mengkhususkan seperti hujan, air keringat dan debu pasir yang dikhawatirkan akan masuk serta dihalangi oleh alis.

Baca Juga :  12 Fungsi Insulin dalam Tubuh Manusia Beserta Penjelasannya Terlengkap

Bagian Dalam Mata

Bagian dalam mata ialah bagian paling membantu supaya mata Nampak menjadi indah, sebab bagian dalam mata ini ada sejumlah bagian yang dapat mempercantik dari bentuk mata sehingga terlihat sempurna.

1. Kornea Mata

Kornea mata merupakan salah satu jaringan terpenting mata. Bagian ini ada di luar, dimana mempunyai struktur yang tembus dari cahaya. Fungsi utamanya ialah menerima cahaya terhadap ligkungan, lalu diteruskan dalam mata. Cahaya inilah yang akan diproses mata lalu disampaikan sinyal menuju otak guna mengidentifikasi sebuah benda diluar sana tersebut. Selain itu, fungsi kornea ialah menjadi pelindung bagian-bagian bawahnya yang mempunyai sensivitas tinggi.

2. Aqueous Humor

Yaitu salah satu cairan yang terletak di kornea mata. Fungsinya sebagai pembias cahaya di dalam bagian mata berikutnya. Cairan ini teksturnya kental tapi transparan.

3. Lensa Mata

Lensa mata mempunyai kualitas berbeda-beda. Fungsinya lensa ini menjadi pengatur letak bayangan supaya tepat jatuh menuju bintik kuning/ retina mata. Selain itu, retina membantu dalam mencari dari titik fokus cahaya serta membantuk meneruskannya supaya ada di retina.

4. Vitreous Humour

Adalah cairan yang ada di lensa mata, yang mana membuat mata kalian menjadi lebih kuat dan kokoh. Cairan ini bentuknya transparan dan kental. Cairan dari vitreous ini ada dilensa mata letaknya antara kornea dan lensa serta antara retina dengan lensa. Cairan yang terdapat diantara kornea dan lensa berbentuk encer, sementara cairan yang ada diantara retina dan lensa berbentuk mirip jeli.

5. Retina/ Selaput Jala

Sebagai lapisan mata yang terletak sangat dalam. Susunannya paling kompleks dan isinya jaringan lunak. Dalam bagian retina ini ada sejumlah lapis seperti reseptor, ganglia dan serabut saraf. Pada saat cahaya melalui mata, maka bagian reseptor ini akan menerima sebuah rangsangan cahaya itu. Bagian ini bernama fotoreseptor. Terdapat satu bagian titik retina yang ada sel batang serta konus bernama bintik buta.

Baca Juga :  Organ Reproduksi Laki Laki : Pengertian, Fungsi, Bagian - bagiannya Lengkap

6. Iris

Iris adalah bagian mata berselaput, bagian tengahnya ada celak berbentuk lingkaran. Iris sebagai pengatur pupil guna melakukan kerjanya, misalnya menyempit/ melebar. Bagian ini ada di belakang pas kornea mata tepat di tengah bolanya mata.

7. Pupil

Adalah organ yang kerjanya sama dengan iris, yaitu termasuk celah yang telah terstruktur oleh iris. Fungsinya menjadi pengatur jumlah cahaya yang telah masuk di dalam mata. Apabila ditempat terang, maka pupil mata ini akan otomatis mengecil. Hal ini terjadi sebab cahaya yang ada di lingkungan itu sudah lumayan banyak. Begitu pula apabila ada ditempat gelap ini pupil akan membesar. Kerjanya sangat kuat, supaya memperoleh sumber cahaya sengan jumlah banyak.

8. Otot Mata

Otot mata ini berfungsi menjadi penyangga lensa mata yang berbentuk mirip dengan Kristal. Selain itu, ia juga berfungsi membantuk cara kerja lensa mata saat membuat lensa mencembungkan dan memipihkan. Aktivotas inilah yang berguna dalam seseorang melihat suatu objek dengan jarak dekat maupun jarak jauh. Yakni dimana sebagai salah satu keistimewaan dari mata. Kemampuan inilah yang bernama dengan daya akomodasi mata.

9. Bintik Kuning

Diantara bagian lainya mata ialah bintiik kuning. Bintik kuning ialah bagian mata yang mempunyai sensivitas tinggi. Pada saat mata memperoleh rangsangan dari luar, maka bintik kuning tersebut yang akan bekerja sangat peka pada rangsangan itu.

10. Syaraf Optic

Syaraf ini yang akan bekerja menjadi penghantar sebuah pesan dari mata menuju otak kita. Sehingga, cahaya yang telah masuk ini akan dirangsang langsung olehh retina, lalu disanalah akan diolah. Sesudah selesai dalam proses pengolahnnya, syaraf mata ini akan merangsang mata guna membentuk syimbol informasi. nah, dari informasi inilah yang akan dikirimkan syaraf optic menuju otak guna mengidentifikasi sebuah objek apakah ynag sedang dilihat tersebut.

Baca Juga :  10 Cara Kerja Jantung Pada Manusia Beserta Fungsinya Lengkap

Demikianlah pembahasan artikel ini mengenai bagian-bagian mata dan fungsinya. Oleh karena itu, mata ini sangat berperan penting bagi kelangsungan hidup kita. Dan, agar mata dapat berfungsi dengan baik juga dibantu dengan lingkungan yang memadai. Maka, jagalah mata kita agar dapat berfungsi dengan normal sehingga kita bisa melihat indahnya dunia ini. Terima kasih semoga bermanfaat!

Baca juga:

/* */