Gas Hidrogen : Pengertian, Sifat, Manfaat dan Kelemahannya Lengkap

5 (100%) 1 vote[s]

Manfaat Gas Hidrogen dalam Ilmu Biologi

Manfaat Gas Hidrogen dalam Ilmu Biologi – Bagi anda yang sudah lama mengenal bidang ilmu biologi dan juga sudah lama berkecimpung di bidang ilmu tersebut serta mengerti metode ilmiah dan keselamatan kerja, mungkin anda juga sudah mengetahui manfaat dari gas hidrogen dalam ilmu biologi. Akan tetapi berbeda dengan masyarakat umum yang masih awal mengenai hal tersebut.

Pengertian Gas Hidrogen

Gas hidrogen adalah salah gas yang memang dapat dimanfaatkan oleh manusia baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam bidang ilmu biologi. Lalu apa saja sih manfaat gas hidrogen dalam ilmu biologi itu yang berhubungan dengan polusi plastik? Bagi anda yang penasaran dan ingin lebih dalam mengetahui tentang hal tersebut, maka anda tidak perlu khawatir. Mengapa demikian? Karena pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan sedikit ulasan mengenai manfaat gas hidrogen dalam ilmu biologi.

Gas hidrogen merupakan salah satu dari jenis unsur kimia yang sering sekali kita temukan terutama dalam kegiatan sehari-hari atau hormon gas etilen. Perlu anda ketahui bahwa hidrogen memiliki sejumlah manfaat baik dalam bentuk gas maupun cair. Selain itu, jenis senyawa kimia yang satu ini dapat dengan mudah kita temukan secara bebas tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun atau juga bisa kita dapatkan di pasaran dengan berbagai jenis pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Lantas apa saja sih manfaat gas hidrogen dalam ilmu biologi itu? Sebelumya hidrogen juga mempunyai sifat lo, berikut penjelasannya.

Baca Juga :  Kromatografi : Pengertian, Sejarah dan Jenisnya Terlengkap 

Sifat Hidrogen

Sifat dari hidrogen sendiri mudah terbakar karena memang klasifikasinya yang termasuk ke dalam gas diatomik. Saat tekanan ataupun suhu di atas normal, hal ini akan mempengaruhi sifat hydrogen tersebut. Namun jika suhu dan tekanan tersebut berada pada level normal, hydrogen tidak dapat kita lihat atau rasakan keberadaannya.
Hal ini terjadi karena pada kondisi yang normal tersebut hidrogen tidaklah bersifat reaktif sehingga tidak menghasilkan bau ataupun warna-warna tertentu yang dapat dikenali oleh indera manusia.

Walaupun hydrogen sebagai unsur gas yang paling melimpah,, massa atom dari hidrogen adalah yang terendah di antara gas-gas lainnya.

Manfaat Gas Hidrogen dalam Ilmu Biologi

Berikut ini beberapa penjelasan mengenai manfaat gas hidrogen dalam ilmu biologi, antara lain :

1. Bahan kimia organik

Manfaat gas hidrogen yang pertama adalah dapat digunakan sebagai bahan kimia organik. Dimana gas hidrogen ini memiliki peranan untuk melakukan suatu reaksi yang disebut dengan reaksi hidrogenasi untuk beberapa jenis senyawa yang bersifat organik. Jenis reaksi lainnya yang dihasilkan oleh gas hidrogen di antaranya ialah reaksi kimia asilasi.

2. Pembuatan pupuk

Manfaat gas hidrogen dalam ilmu biologi yang kedua yaitu sebagai bahan untuk membantu proses pembuatan beberapa jenis pupuk. Bidang industri yang cukup sering menggunakan hidrogen dalam proses produksinya adalah dalam pembuatan pupuk. Cara kerjanya yaitu dengan mereaksikan atau mengombinasikan senyawa hidrogen tersebut dengan senyawa nitrogen, sehingga dapat menghasilkan produk pupuk yang di sebut dengan sebutan pupuk amonia.

3. Hidrogen Untuk Proses penghilangan sulfur pada bahan bakar bersumber dari fosil

Manfaat yang ketiga, yaitu untuk menghilangkan kadar sulfur atau zat belerang pada bahan bakar minyak yang berasal dari fosil, digunakan hidrogen sebagai bahan hidrodesulfurisasi. Proses hidrogenisasi ini memiliki tujuan untuk membuat hasil pembakaran dari bahan bakar tersebut memiliki kadar polusi / karbon dioksida yang rendah. Ada beberapa bahan bakar dari fosil yang melalui proses hidrogenisasi, yaitu:

  • Bensin
  • Minyak tanah
  • Aftur
  • Solar, dsb.
Baca Juga :  Mitokondria : Pengertian, Struktur, Fungsi, Proses dan Analisanya Terlengkap

4. Reaksi nitrogen dalam membuat amonia
5. Pembuatan metanol
6. Sebagai pemurnian minyak bumi untuk menghilangkan ikatan rangkap karbon-karbon.
7. Sebagai pengolahan pangan untuk mengkonversi minyak nabati yang berwujud cair menjadi padat.

Kegunaan gas hidrogen

Hidrogen banyak digunakan untuk mengikat nitrogen dengan cara unsur lain dalam proses memproduksi amonia dan proses hidrogenasi lemak dan minyak. Selain itu gas hidrogen juga di gunakan sebagai bahan bakar roket, memproduksi asam hidroklorida, mereduksi biji-biji besi serta sebagai gas pengisi balon.
Tenaga lisitrik dalam jumlah besar dihasilakn oleh gas hidrogen, contohnya seperti baterai yang berbahan bakar hidrogen. Selain mengandung listrik gas ini dapat menggantikan gas alam lainnya seperti bensin dan berbagai proses kimia lainnya, dan mengubah sampah menjadi metan dan eliten.

Kelemahan Hidrogen

Perlu diketahui bahwa selain memiliki manfaat, hidrogen merupakan gas yang masuk dalam kategori diatomic sehingga dalam keadaan tertentu hidrogen dapat sangat membahayakan. Pemanfaatan hidrogen yang kurang benar merupakan salah satu penyebab dampak negative dari hidrogen. Namun selama kita menggunakan hidrogen dengan perlakuan yang benar, dan tidak menyalahgunakan gas hidrogen ini, hidrogen tetap lah hidrogen yang membawa banyak manfaat.

Beberapa kelemahan yang dapat gas hidrogen:

  • Pencemaran lingkungan dari gas karbon dioksida yang dihasilkan oleh proses hidrogenisasi.
  • Karbon dioksida dalam jumlah banyak yang dapat memperparah pemanasan global.
  • Dalam keadaan yang tidak normal, hidrogen bisa menyebabkan kebakaran. Hidrogen dalam tekanan tertentu juga dapat menyebabkan ledakan yang cukup besar.
  • Hidrogen dapat mengikat unsur-unsur lain yang dapat membuatnya menjadi sangat reaktif. Misalnya hidrogen dan sianida yang berikatan akan sangat berancun. Dampaknya pada manusia bahkan bisa mengakibatkan kematian.
  • Hidrogen bukan jenis gas yang bisa didapat secara alami melainkan harus diproduksi dengan cara buatan. Dalam produksinya hidrogen memerlukan gas alam lain dan prosesnya pun tidak murah.
Baca Juga :  Larutan Elektrolit : Pengertian, Ciri, Macam Beserta Contohnya Terlengkap

Demikianlah pembahasan mengenai Manfaat Gas Hidrogen dalam Ilmu Biologi, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan untuk kalian.

Baca juga:

/* */