Vitamin – Pengertian, Macam – Macam Dan Fungsinya Dalam Tubuh Manusia Terlengkap

5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian, Macam-Macam Vitamin Dan Fungsinya Dalam Tubuh Manusia

Macam-macam vitamin dan fungsinya dalam tubuh manusia – macam-macam vitamin bisa ditemui di beragam bahan makanan yang kerap kita pakai dan diolah sehari-hari. Pengertian dari vitamin ialah bagian dari jenis gizi proses penyusunan tanpa pengolahan sendiri oleh tubuh, akan tetapi dapat masuk dalam tubuh bersama makanan yang dikonsumsi seharinya. Berikut akan kami jelaskan mengenai macam-macam dan fungsinya dalam tubuh manusia.

Pengertian, Macam-Macam Vitamin Dan Fungsinya Dalam Tubuh Manusia

Macam Macam Vitamin

Vitamin paling di[erlukan guna mendukung beberapa proses disekitar dalam tubuh supaya berjalan normal. Selain itu berperan pula dalam proses pengaturan metabolisme lainnya. sehingga seluruh makhluk hidup dibumi membutuhkan vitamin untuk perkembangan tubuhnya.
Berikut ini macam-macam vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk menunjang proses metabolisme, diantaranya :

1. Vitamin A

Vitamin adalah vitamin yang termasuk bagian dari vitamin dengan larut dalam lemak. Nama lainnya vitamin A adalah retinol. Sehingga bila kalian terjadi masalah seputar mata seperti; rabun senja, katarak, penglihatan dan turunnya daya tahan tubuh artinya kalian kekurangan vitamin A.

Fungsi vitamin A untuk tubuh, antara lain :

  • Mendukung kualitas penglihatan mata
  • Membantu menyusuh pigmen mata
  • Sumber kekebalan tubuh
  • Baik untuk kesehatan kulit, dll.

2. Vitamin B

Vitamin B adalah termasuk vitamin yang larut dalam air. Peranan vitamin B yakni membantu proses metabolisme tubuh sama halnya dalam melepaskan energi saat melakukan aktivitas sehari-hari. Vitamin B berasal dari sumber nabati dan hewani.
Berikut kategori vitamin B dari beberapa golongan, yakni :

Baca Juga :  Klasifikasi Cumi-Cumi : Ciri, Ordo, Sub Kelas dan Contohnya Lengkap

a. Vitamin B1

Vitamin B1 dikenal dengan nama tiamin hidroklorida. Fungsinya menjaga kondisi kesehatan kulit, membakar zat karbohidrat untuk sumber energi dan proses metabolisme lemak serta protein. Sumbernya berasal dari susu, telur, hati dll. sumber nabati gandum, kacang-kacangan, nasi dll.

b. Vitamin B2

Vitamin B2 dikenal dengan nama riboflavin. Fungsinya menjadi komponen koenzim flavin mononukleotida serta flavin adenine dinukleotida. Sumbernya vitamin ini seperti susu, kuning telur, dan lain-lain. Sementara nabatinya sayuran segar, kacang kedelai dll.

c. Vitamin B3

Vitamin B3 dikenal dengan nama niasin. Fungsinya proses metabolisme protein, karbohidrat, serta lemak jadi menghasilkan sebuah energi. Selain itu menyembuhkan migraine, menstabilkan kadar gula darah serta racun dalam tubuh. sumbernya hewani dari daging unggas, ginjal, ikan, hati, ikan dll. sementara nabatinya kentang, gandum, dll.

d. Vitamin B5

Vitamin B5 dikenal degan nama asam pantotenat. Fungsinya membantu proses reaksi enzim dalam tubuh, reaksi pemecahan nutrisi makanan, dipakai menjadi neurotransmitter yang ada antara sistem saraf dan otak serta dapar membantu proses senyawa asam lemak dan hormone. Sumbernya vitamin ini berasal dari ginjal, hati, daging susu, dll. sementara nabatinya sayuran hijau, kacang hijau dll.

e. Vitamin B6

Vitamin B6 dikenal dengan nama piridoksin untuk mendukung pertumbuhan tubuh. Fungsinya membantu proses sintesis energi dan proses produksi antibody sistem imun. Vitamin B6 sumbernya dari ikan, daging dll. sementara sumbernya nabati yakni beras, jagung, kacang-kacangan dll.

f. Vitamin B7

Vitamin B7 dikenal dengan nama biotin. Fungsinya melancarkan metabolisme tubuh manusia, membantu menurunkan berat badan, lalu membantu merawat kuku, selain itu bisa menjaga kadar gula yang ada dalam darah. Bila seseorang kekurangan vitamin B7, maka akan menderita penyakit : deramatisis, hyperesthesia, anemia, gangguan fungsi jantung, pharesthesia dll.

Baca Juga :  Klasifikasi Bakteri Menurut Bentuk, Pewarna Gram, Suhu dan Oksigen Paling Lengkap

g. Vitamin B9

Vitamin B9 tersebut mempunyai fungsi diantaranya :

  • Perkembangan bayi
  • Perbaikan DNA
  • Pembentukan sel darah merah
  • Membentuk jaringan tubuh
  • Mengoptimalkan fungsi otak
  • Membantu pertumbuhan rambut

Bila seseorang kekurangan vitamin ini akan terganggu dan terkena sariawan, gangguan pertumbuhan tulang, dan diare. Maka kalian harus memperbanyak konsumsi kacang-kacangan, bayam, semangka, kuning telur, dll.

h. Vitamin B12

Vitamin B12 dikenal dengan nama kobalamin. Peran dari vitamin ini ialah membantu proses dari metabolisme dalam energi tubuh, menjalankan pemeliharaan pada tingkat kesehatan sel saraf, serta membantu proses pembentukan DNA maupun RNA. Vitamin B2 sumbernya dari hewani hati, daging, telur, dll.

3. Vitamin C

Vitamin C kerap dikenal dengan nama askorbat. Vitamin C memiliki peranan menjadi pendorong proses pembentukan kolagen. Kolagen adalah suatu protein dengan membentuk kulit, sendi, dan beragam jaringan penyokong. Selain itu adalah antioksidan alami yang kerap dikenal dengan usaha menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam bagian tubuh kita. Sehingga dapat menurunkan risiko pada beragam penyakit yang sifatnya degenerative. Vitamin C sumbernya dari nabati yakni jeruk, semangka, sayur-sayuran, tomat dll.

4. Vitamin D

Vitamin D berpengaruh terhadap tulang kita. Sumbernya ini dari telur, susu, ikan, dll. sementara sumber nabati seperti keju yang kerap kita gunakan setiap harinya.

5. Vitamin E

Vitamin E ialah vitamin yang mempunyai peran menghasilkan oksidan alami untuk tubuh dan dipakai untuk menjaga keadaan tubuh supaya tetap sehat. Salah satunya bisa menghambat maupun mencegah proses penuaan diri.

6. Vitamin K

Vitamin K perannya sebagai pembekuan darah. Sama halnya ketika kalian jaruh lalu dengan vitamin K inilah yang bisa meyembuhkan luka kalian dengan sendirinya. Vitamin K sumbernya dari nabati dan hewan. Yakni sayuran, dan hati.

Baca Juga :  7 Klasifikasi Bintang Laut Beserta Karakteristiknya Terlengkap

Sehingga dari tulisan ini bisa kita simpulkan bahwa ada beragam vitamin yang bisa membantu menyokong kesehatan dalam tubuh kita. Salah satunya bagian terakhir ini, vitamin K bisa membantu kita mengatasi luka pada tubuh kita dengan mengonsumsi jenis sumber makanannya. semoga dengan adanya tulisan ini tentang macam-macam dan fungsinya dalam tubuh manusia dapat bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga: