8 Macam Virus Paling Berbahaya bagi Manusia

3.5 (70%) 2 vote[s]

Macam Macam Virus Paling Berbahaya bagi Manusia

Virus – Manusia sebagai makhluk hidup rentan terhadap penyakit. Penyebabnya bisa berbagai ragam, akan tetapi yang paling umum disebabkan karena virus. Virus merupakan mikroba yang bersifat parasit dengan ukuran mikroskopik yang bekerja dengan cara menginfeksi inangnya. Virus mengandung sejumlah kecil asam nukleat (DNA atau RNA, tetapi tidak kombinasi keduanya) yang diselubungi bahan pelindung, yaitu protein, lipit, glikoprotein atau kombinasi dari ketiganya.

Virus memiliki ciri khusus yang membedakan dengan makhluk hidup lainnya. Ilmu yang mempelajari virus yaitu virologi. Virus bersifat aseluler (tidak mempunyai sel), hanya bisa berkembangbiak didalam sel hidup, selain itu virus juga berukuran mikroskopis berkisar antara 20-300 milimikron. Virus ini juga dapat dikristalkan, mempunyai bentuk yang beragam, serta tersusun dari asam nukleat yang diselubungi kapsid.

Habitat virus berada pada sel inang (sel organisme lain), sel inang virus biasanya bakteri, sel tumbuhan, sel hewan, sel manusia, dan mikroorganisme eukariot (seperti Protozoa dan Jamur). Virus yang menyerang hewan atau manusia dapat masuk ke dalam tubuh hewan atau manusia lain melalui udara, darah, luka, makanan, minuman, atau gigitan. Banyak manusia terserang penyakit yang disebabkan karena virus. Virus ini mnyerang kekebalan tubuh manusia disaat tubuh manusia melemah. Terdapat virus yang sangat berbahaya bagi manusia. Sepanjang sejarang virus-virus ini sangat ditakuti oleh manusia.

1. HIV

HIV merupakan virus yang paling mematikan yang pertama. Sekitar 36 juta orang meninggal disebabkan karena terkena virus HIV. HIV beroperasi dengan cara menyerang kekebalan tubuh manusia. Setelah kekbalan tubuh manusia menurun, HIV membunuh dengan cara menginfeksi saluran pernapasan seperti TBC dan pneumonia. Meskipun saat ini sudah banyak obat yang dibuat untuk menyembuhkan HIV, akan tetapi obat tersebut hanya dapat memperpanjang hidup seseorang, bukan menyembuhkan atau menghilangkan HIV. Gejala HIV yaitu sakit kepala, demam, pembengkakkan kelenjar getah bening, kelelahan terus menerus, sakit tenggorokkan, ruam pada kulit, nyeri otot dan sendi, luka pada mulut, luka pada organ intim, diare, sering berkeringat. Gejala awal HIV pada umumnya timbul dalam waktu 1 sampai 2 bulan setelah terinfeksi.

Baca Juga :  Sintesis Protein : Pengertian, Tahapan dan Prosesnya Terlengkap

2. Ebola

Virus selanjutnya yang banyak ditakuti oleh manusia yaitu virus Ebola. Virus ini menyebar dengan cepat melalui kontak darah atau darah dari hewan atau orang yang terinfeksi Ebola. Gejala orang yang terserang Ebola yaitu tenggorokkan serak, nyeri otot, demam tinggi, dan sakit kepala. Jika sudah menyebar gejala selanjutnya dapat mnyebabkan diare, muntah, darah pada tinja, gangguan hati, ginjal, dan bercak merah pada tubuh. Jika tidak segera ditindak lanjuti dapat menyebabkan kematian. Virus ini dapat menyebar dengan cepat dan sangat mematikan, maka dari itu perlu dihindari kontak langsung dengan penderita Ebola.

3. Marburg

Marburg hampir sama dengan Ebola, yang sama-sama dapat menyebabkan demam berdarah. Orang yang terinfeksi Marburg dapat mengalami kejang, kegagalan organ dan akhirnya dapat meninggal dunia. Marburg dapat disebarkan oleh hewan kera.

4. Influenza

Hampir semua orang pernah terkena flu, namun influenza ini sedikit berbeda dengan flu pada umumnya. Penyebab dari penyakit ini yaitu virus Influenza, dengan gejala yang sama dengan penyakit flu. Gejalanya antara lain hidung berlendir, bersin-bersin, tenggorokan gatal, dan kepala terasa berat. Jika virus influenza sudah masuk ke dalam tubuh, virus akan menempel pada sel iduk dan mematikkannya. Sel mati yang terdapat pada udara bisa mengakibatkan hidung berlendir dan tenggorokan yang serak. Jika terlalu banyak sel mati yang masuk ke dalam paru-paru dapat mengakibatkan kematian.

5. Rabies

Rabies merupakan virus yang ditularkan melalui air liur hewan, dan virus ini termasuk virus mematikan. Rabies ini dapat ditularkan melalui anjing, kucing, kelelawar, dan kera. Rabies ini menyerang sistem saraf, dan otak manusia, yang mengakibatkan hydrophobia dan ketidakmampuan tubuh untuk bergerak. Rabies bisa dapat mematikan jika tidak segera diberi vaksin.

Baca Juga :  10 Perbedaan Pencernaan Kimiawi dan Mekanis pada Manusia

6. Dengue

Dengue disebarkan melalui perantara hewan yaitu nyamuk. Virus ini dapat menyebabkan demam tinggi yang dapat berakibat fatal jika tidak segera ditangani. Dengue memiliki kemiripan dengan cikungunya yang sama-sama disebarkan oleh nyamuk. Gejala dari virus dengue yaitu dimulai dengan muntah-muntah, demam tinggi sampai sakit kepala, bahkan dpat menyebabkan keluarnya darah dari hidung dan tekanan darah turun drastis.

7. SARS

Virus Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) yaitu suatu penyakit pernafasan yang akut. SARS mengakibatkan penyakit parah infeksi pada saluran pernafasan dan menyerang oragan paru-paru serta mengakibatkan sel darah putih menurun atau berkurang drastis. Awal terjangkitnya SARS penderita biasanya mengalami meriang, tubuh gemetar, nyeri otot, batuk tidak berdahak, sakit kepala, dan kelelahan.

Keluhan yang lebih serius yaitu berkurangnya kadar oksigen pada darah. Virus ini menyebar melalui udara, musang dan kelelawar biasanya disebut sebbagai sumber virus, yang menyebarkan melalui sistem pernafasan mereka. Jadi ketika menghirup udara yang mengandung virus SARS maka akan terjangkit virus tersebut.

8. Herpes Simpleks

Virus ini menyerang kulit dengan gejala, yaitu kulit terasa panas, gatal, perih dan mengalami peradangan yang memerah. Jika penyakit ini sudah parah maka kulit akan melepuh. Jika virus ini tidak segera ditangani maka akan menyerang sistem saraf dan menyebabkan kematian.

Demikian 8 Virus yang Berbahaya bagi Manusia. Masih banyak virus lainnya yang dapat mengakibatkan kematian jika tidak segera ditangani. Maka dari itu kita harus dapat menjaga kebersihan agar terhidar dari virus tersebut.

Baca juga:

/* */