Sendi : Pengertian, Macam – Macam dan Contohnya Terlengkap

5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian, Macam – Macam Sendi dan Contohnya

Macam macam sendi dan contohnya – didalam tubuh kita terdapat tulang yang saling berkaitan satu dengan lainnya. Hubungan antar tulang ialah tempat sejumlah ujung dari tulang yang saling berjumpa sehingga menghasilkan sebuah pergerakan atau bahkan tidak. Terjadinya hubungan antar tulang tersebut dinamakan artikulasi.

Hubungan antar tulang ini menghasilkan terjadinya suatu gerakan yang bernama persendian. Bila dilihat menurut terjadinya gerak atau tidaknya pada anggota tubuh, maka hubungan antar tulang ini dikelompokkan menjadi tiga yaitu amfiartrosis, diartrosis dan sinartrosis. Berikut ini akan dibahas tentang Macam Macam Sendi dan Contohnya.

1. Diartosis

Diartosis (sendi gerak) ialah terjadinya suatu hubungan antar tulang dan dapat digerakkan secara bebas dan leluasa. Fungsinya dapat memudahkan dalam melakukan pergerakan sebab memiliki struktur tertentu di beragam ujung tulang yang saling berkaitan satu dan lainnya (persendian). Struktur diartosis diantaranya : bagian bonggol sendi, tulang rawan sendi dan mangkok sendi.

Jika kalian sekarang dapat berjalan, lalu menggelengkan kepala, menjinjing dan mengangkat beragam benda, menulis serta menggerakkan pada bagian anggota tubuh lainnya merupakan akibat dari terjadinya sebuah hubungan antar tulang yang dapat digerakkan, yakni bernama diartosis.

Diartosis bila dilihat berdasarkan arah geraknya dibagi menjadi 5 macam, yakni :

1. Sendi peluru

Sendi peluru ialah hubungan antara dua buah tulang yang dapat menghasilkan proses terjadinya suatu beberapa gerakan di berbagai arah secara bebas (gerak bebas). Salah satu dibagian ujung tulang mempunyai bentuk mirip bola dan bagian tulang llainnya mempunyai bentuk menyerupai mangkuk.

Baca Juga :  4 Daur Hidup Taenia Saginata (Morfologi) : Pengertian, Ciri - Ciri, Beserta Gambarnya Terlengkap

Pada sendi peluru ini akan menghubungkan pangkal tulang lengan atas/ ujungnya mempunyaibentuk menyerupai bola. Contohnya: terjadinya hubungan antara tulang paha dengan tulang pinggul, dan tulang lengan atas dengan tulang belikat.

2. Sendi engsel

Sendi engsel ialah hubungan antara dua bagian tulang yang hanya menghasilkan proses terjadinya sejumlah gerakan menuju satu arah saja. Bagian tulang yang memiliki sendi engsel hanya dapat digerakkan menuju satu arah saja. Contohnya; terjadinya hubungan antara tulang siku, bagian ruas antarjari, serta lutut (sendi engsel, tulang paha, tulag betis dan tulang kering)

3. Sendi putar

Sendi putar ialah hubungan antar dua bagian tulang yang menghasilkan proses terjadinya bagian tulang yang satu, lalu bergerak mengelilingi ujung tulang lain jad menyebabkan rotasi (gerak memutar). Pada bagian tulang yang memiliki sendi putar tentu dapat melaksanakan pergerakan memutar yang mengelilingi tulang lainnya, lalu dijadikan menjadi porosnya. Contohnya pada sendi putar ialah terjadinya hubungan antar tulang bagian atlas dengan tulang tengkorak.

Hubungan yang telah terjadi pada kedua tulang tersebut akan menyebabkan tubuh misalnya pada tubuh di bagan kepala akan dapat memutar. Yang kedua adalah pertemuan antar tulang hasta dengan tulang pengumpil. Pada bagian tulang hasta berfungsi sebagai poros, maka sendi ptar akan menghasilkan tangan kita jadi dapat bergerak memutar.

4. Sendi Pelana

adalah antartulang yang memungkinkan gerakan tulang ke dua arah yang saling tegak lurus seperti gerakan orang naik kuda. Contoh sendi pelana adalah persendian tulang tumit dan tulang kering.

5. Sendi Geser

adalah hubungan antartulang yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser pada tulang yang lain. Contoh sendi geser adalah persendian antartulang karpal.

Baca Juga :  Persendian pada Manusia : Pengertian, Macam dan Contohnya Terlengkap

2. Amfiartrosis

Amfiartrosis (sendi kaku) ialah terjadinya hubungan antar tulang yang menghasilkan terjadinya suatu gerak dan hal ini hanya terbatas. Penghubung antar tulang pada amfiartrosis adalah Tulang rawan. Contohnya: terjadinya hubungan gelang panggul dan terjadinya hubungan bagian tulang rusak dengan tulang dada.

Jika kalian bisa melaksanakan sebuah gerakan di bagian tulang punggung maupun ruas ruas di bagian tulang belakang kalian, maka sebuah gerakan yang muncul tersebut akan sangat terbatas. Hal ini terjadi sebab adanya sendi kaku atau dinamakan amfiartrosis.

Beberapa tipe dan kelompok pada gerak otot pada amfiartrosis sebab peranan terhadap hotot, rangka dan persendian yang saling berkaitan dari satu dan yang lainnya adalah sebagai berikut :

  • Fleksi dan Ekstensi
  • Adduksi dan Abduksi
  • Elevasi dan Depresi
  • Supinasi dan Pronasi
  • Inversi dan Eversi

3. Sinartrosis

Jika kalian sudah mempelajari mengenai bagian dari tulang tengkorak, selanjutnya ialah sinartrosis. Gerakan ini ada di bagian tulang tengkorak, dan tentu kalian tidak akan dapat menggerakkannya. Sebab terjadinya hubungan antar tulang yang tidak dapat digerakkan sama sekali.

Sinartrosis sendiri bisa diartikan sebagai terjadinya hubungan antar tulang yang tak akan dapat digerakkan sama sekali. Pada bagian sejumlah ujung tulang yang saling berkaitan akan bersatu oleh sejumlah bagian serabut jaringan ikat dan akan mengalami sebuah proses osifikasi sehingga mengakibatkan tidak dapat digerakkan. Contoh dari sinartrosis adalah terjaidnya hubungan antar tulang bagian tengkorak (sutura).

Pada sinartrosis sendiri bisa dikategorikan menjadi 3 jenis yaitu sebagai berikut :

1. Sinfibrosis

Ialah bagian jaringan ikat yang menyatukan bagian tulang. Contohnya seperti terjadinya hubungan antara bagian sejumlah tulang tengkorak, jaringan semacam tersebut yang akan menyatukan bagian tulang-tulang kepala.

Baca Juga :  3 Pewarisan Sifat Pada Manusia : Pengertian, Macam - Macam dan Contohnya Terlengkap

2. Sinkondrosis

Ialah bagian jaringan tulang rawan hialin yang menghubungkan bagian tulang. Contohnya seperti pada hubungan yang terjadi diantara bagian dari ruas tulang belakang, bagian tulang dada dan juga bagian tulang rusuk.

3. Sindesmosis

Ialah bagian tulang yang menghasilkan terjadinya sebuah proses gerakan dalam batas tertentu. Bagian beberpa tulang ini akan dikaitkan oeh bagian dari jaringan penyambung. Contohnya adalah tibiafi-bularis inferior.

Sehingga, kesimpulan yang dapat diambil bahwa macam macam sendi memiliki peranan dan juga fungsi yang masing – masingnya sesuai dengan psosi atau letak dan hubungan antara tulang yang telah terjadi, maka akan menimbulkan sebuah gerakan. Sampai disini dulu pembahasan pada artikel kali ini yang mengulas tentang macam macam sendi dan contohnya.

Semoga bermanfaat ilmunya bagi mereka yang sedang mencari refrensi pada materi ini dan terima kasih.

Baca Juga :

/* */