Lambung : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Bagian Bagian, dan Gangguan Penyakitnya Lengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote

Pengertian Lambung, Fungsi, Cara Kerja, Bagian Bagian, dan Gangguan Penyakitnya Terlengkap

5 Fungsi Lambung pada Manusia dan Bagian Bagiannya – Fungsi lambung dalam proses pencernaan manusia ini sangat vital perannya. Lambung adalah salah satu organ yang letaknya di perut kita. Lambung berbentuk seperti sebuah kantong yang letaknya di bawah sekat rongga badan manusia. Berikut ini ke 5 Fungsi Lambung pada Manusia dan Bagian Bagiannya.

Fungsi Lambung dalam Proses Pencernaan

Berikut penjelasan tentang fungsi lambung:

  • Sebagai proses pencernaan makanan.
  • Lambung berfungsi mengubah protein jadi pepton.
  • Lemak yang masuk dalam tubuh akan dicerna di dalam lambung.
  • Selain itu, sebagai pembeku susu dan mengeluarkan kasein.
  • Lambung menjadi pencerna makanan dengan cara mengeluarkan berbagai jenis enzim.

Cara Kerja Lambung

Berikut caranya kerja lambung:

  • Enzim dan otot lambung bekerja mengubah makanan jadi seperti bubur (kim).
  • Bagian pylorus akan mengatur pengeluaran kim secara bertahap di dalam usus dua belas jari.
  • Pilorus yang mengarah menuju lambung akan mengendur bila kim yang terbentuk sifatnya asam.
  • Sementara pilorus yang mengarah menuju usus dua belas jari mengerut bila menyentuh kim. Makanan yang dicerna pilorus akan menurun dengan tingkat keasamannya.
  • Makanan yang sifatnya basa di bagian belakang pilorus otomatis merangsang pilorus dan ia akan terbuka. Makanan bersifat asam dari lambung masuk menuju usus dua belas jari secara pelan sehingga makanan bisa dicerna secara efektif.
  • Lambung akan mengalami kosong makanan sesudah 2 – 5 jam.
Baca Juga :   5 Hormon yang Berpengaruh Menentukan Berat Badan Manusia

Daerah Utama Lambung

• Kardia – adalah pintu masuk makanan dari kerongkongan.
• Fundus – adalah lambung bagian tengah berbentuk bulat.
• Pilorus – adalah lambung yang di bagian bawah. Di bagian pilorus sebagai proses pencernaan secara kimia.

Bagian Bagian Lambung

1. Mucosa

  • Mucosa adalah lapisan lambung yang mengeluarkan beberapa jenis cairan seperti asam lambung, enzim, dan hormon.
  • Lapisan mucosa ini berbentuk seperti palung supaya perbandingan antara luas dan juga volume bisa diperbesar yang mengeluarkan getah lambung semakin banyak.

Ada 3 macam sel dalam lapisan mucosa yang fungsinya untuk proses pencernaan, yaitu sel goblet, sel parietal, serta sel chief.

  • Sel goblet berfungsi mengeluarkan mucus (lendir) guna melindungi lapisan sel terluar agar tak rusak akibat dari aktifitas asam lambung serta enzim pepsin.
  • Sel parietal berfungsi untuk produksi asam lambung. Asam lambung itu selanjutnya berfungsi mengaktifkan enzim pepsin.
  • Sel chief berfungsi untuk memproduksi pepsinogen. Enzim pepsinogen membentuk enzim yang tak aktif supaya enzim tidak mencerna protein dalam chief dengan tujuan agar tidak mengakibatkan kematian pada sel tersebut.

2. Submucosa

Lapisan submucosa sebagai tempat bertemunya pembuluh darah arteri serta vena. Kedua pembuluh darah bertemu guna menyalurkan oksigen dan juga nutrisi ke sel-sel perut, serta untuk membawa nutrisi yang telah diserap, urea, dan karbondioksida sel tersebut.

3. Muscularis

Lapisan ini adalah bagian yang membantu sebuah lambung guna pencernaan secara mekanis. Terdapat 3 bagian otot yang ada dalam lapisan muscularis yaitu otot melingkar, otot memanjang, serta otot menyerong. Ketiganya akan berkontraksi serta menghasilkan gerakan peristaltik.

4. Serosa

Lapisan serosa adalah lapisan terluar lambung. Lapisan ini fungsinya untuk melindungi lambung. Lapisan ini akan mengeluarkan bentuk cairan untuk mengurangi sebuah gesekan pada lambung bersama anggota tubuh lainnya.

Baca Juga :   Sistem Ekskresi Pada Manusia : Pengertian, Bagian - Bagian, Fungsi dan Gangguannya

Getah lambung hasil dari lapisan mucosa mengandung sejumlah jenis zat yaitu asam lambung (HCl), enzim musin, enzim pepsin dan enzim renin.

  • Asam lambung (HCl) fungsinya untuk membunuh bakteri serta kuman yang ada dalam makanan yang terdapat di lambung.
  • Enzim pepsin fungsinya memecah protein jadi molekul-molekul kecil.
  • Fungsi enzim musin guna melicinkan makanan supaya mudah dicerna serta mudah melewati lambung yang kemudian dibawa menuju usus dua belas jari.
  • Enzim renin berfungsi mengubah kaseinogen jadi kasein. Enzim ini hanya dipunyai oleh sistem pernapasan pada mamalia.

Gangguan Penyakit Lambung

Ada sejumlah gangguan yang dapat timbul di lambung manusia. Berikut penjelasannya:

1. Maag

Penyakit maag adalah gangguan lambung yang paling banyak kita dengar. Penyakit maag sering pula disebut asam lambung. Penyakit ini disebabkan bakteri Helycobacter Pylori. Bakteri tersebut akan melukai dinding lambung dan terkadang menimbulkan gejala mual, seperti muntah-muntah, lalu perut kembung, disertai rasa sakit di ulu hati.
Penyakit ini juga dapat disebabkan produksi asam lambung akan berlebih dan tak diimbangi dengan polanya makan yang teratur sehingga lambung akan terasa nyeri.

Penyakit asam lambung walaupun terdengar sepele, namun bila tidak ditangani dengan serius maka bisa menyebabkan penyakit lebih kronis misalnya seperti penyakit jantung, kanker lambung, hingga sejumlah kasus yang bisa menimbulkan kematian.

Penyakit asam lambung terkadang bisa disebabkan dari pola makan yang tak teratur, stres, kelelahan, dan konsumsi makanan mengandung lemak berlebih (lemak yang memicu produksinya asam lambung), dan konsumsi minuman yang tak sehat seperti kopi serta alkohol.
Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mencegah adanya penyakit asam lambung ialah makan secara teratur. Namun bila penyakit ini telah terlanjur menjangkit lambung, maka konsumsilah obat. Obat untuk asam lambung ini biasanya bersifat basa jadi produksi asam lambung dapat ditekan.

Baca Juga :   6 Fungsi, Pengertian dan Ciri-Ciri Hati dalam Sistem Ekskresi Manusia Lengkap

2. Kolik

Penyakit kolik ini masih jarang didengar sebagian besar orang. Penyakit kolik penyebabnya gangguan bateri Klebsiella dalam lambung. Penyakit ini bisa menyebabkan infeksi dan juga peradangan pada lambung. Biasanya, penyakit kolik lebih sering menyerang padaanak-anak (bayi). Penyakit ini sering di beri tanda dengan bayi rewel, bayi sering menangis dengan kuat, dan biasanya anak yang merasa nyeri pada perutnya.

Demikian beberapa informasi mengenai 5 Fungsi Lambung pada Manusia dan Bagian Bagiannya. Pentingnya lambung sebagai organ yang membantu dalam pencernaan mengharuskan kita supaya selalu menjaga kesehatan pada lambung.

Baca juga: