Konsep Fundamental Fisiologi Hewan : Pengertian, Jenis, Adaptasi, Komposisi dan Fisiologi

5 (100%) 1 vote[s]

Konsep Fundamental Fisiologi Hewan Terlengkap

Konsep fundamental fisiologi hewan – fisiologi hewan merupakan ilmu pengetahuan yang mengkaji dan membahas tentang mekanisme kerja dari fungsi kehidupan dan semua hal yang dilakukan oleh hewan dengan adanya berbagai gejala pada system hidup, beserta pengaturan dari semua fungsi dalam system hidup.

Manusia melaksanakan fungsi kehidupan lingkungan luar yang dipengaruhi oleh aktifitas hewan yang ahirnya akan mempengaruhi lingkungan internal tubuh hewan sendiri untuk berubah. Hewan perlu mempertahankan dirinya sendiri maupun adaptasi dengan kemampuan yang diapunya. Pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang konsep fundamental fisiologi hewan.

Pengertian

  1. Claude Bernard (2813-1878)
    Syarat penting guna bertahan hidup pada lingkungan eksternal yaitu mempertahankan stabilitas lingkungan internalnya, yakni dengan mengembangkan penyebabnya senyawa khusus yang hasilnya dari semua organ dan akan dikeluarkan kecairan jaringan. Ia merupakan pelopor munculnya sebuah gagasan hormone dan regulasi kimia.
  2. Canon (1871-1945)
    Calude Bernard mengembangkan sebuah gagasan dengan memperkenalkan istilah “homeostatis”, yaitu kondisi dimana lingkungan internal yang konstan serta mekanisme yang bertanggungjawab berdasarkan kondisi konstan itu.

Faktor faktor yang mempengaruhi lingkungan internal yang perlu dijaga stabilitasnya oleh hewan, diantaranya :

  1. Keasamanatau pH dan kadar garam
  2. Kandungan air tubuh pada suhu tubuh
  3. Kandungan neutrient

Jenis Hewan

Hewan dibedakan menjadi 2 jenis, diantaranya :

  1. Hewan regulator
    Yakni hewan yang dapat mengatur beragam faktor stabilitas lingkungan internal secara tepat.
  2. Hewan conformer
    Yakni hewan yang tidak dapat mempertahankan kondisi lingkungan internalnya, seiring dengan perubahan pada lingkungan eksternal ini maka lingkungan internalnya pun akan berubah.
    Hewan akan melakukan penyesuaian diri caranya dengan : adaptasi. Adaptasi ialah suatu proses munculnya perubahan di dalam tubuh hewan yang dapat membuat hewan bisa bertahan pada saat lingkungan eksternal berubah.
Baca Juga :  5 Kerugian Mollusca Bagi Kehidupan Manusia dan Contohnya Terlengkap

Adaptasi Hewan

Adaptasi hewan terdiri dari 2 jenis, antara lain :

  1. Aklimasi
    Aklimasi ialah perubahan adaptik yang dialami pada hewan dalam keadaan yang terkendali, terkadang hanya terdapat satu maupun dua faktor lingkungan yang berubah.
  2. Aklimatisasi
    Aklimatisasi ialah reaksi keseluruhan dari yang dialami sesudah perubahan perubahan secara menyeluruh dari lingkungan eksternal yang dikarenakan faktor banyak dalam sekaligus.
    Respon hewan pada lingkungan adalah system dinamis yang melibatkan sebuah interaksi hewan dengan lingkungannya. Berdasarkan pendapat dari K.Bycov yang membahas dan mengkaji fisiologi hewan ini tak lepas dari kajian dan bahasan mengenai fungsi tubuh hewan beserta interaksi hewan dengan lingkungannya.

Jenis Lingkungan Eksternal

Adapun lingkungan eksternal ini dibagi menjadi 2 jenis, diantaranya lingkungan akuatik dan terenstrial.

  1. Lingkungan akuatik
    Lingkungan akuatii ialah tempat hidup para hewan yang berada di air, baik air tawar lalu air laut atau bahkan air payau.
    Faktor yang mempengaruhi dari lingkungan akuatik ini ialah:
    a. Tekanan hidrostatik, yakni sebuah tekana yang timbulnyadari kedalaman air
    b. Kandungan zat terlarut, yakni lingkungan akuatik dengan kandungan berbagai zat pelarut misalnya garam, sejumlah kecil senyawa organic, gas, dan berbagai polutan.
    c. Suhu, yakni lingkungan akuatik yang mempunyai nilai fisiologis penting guna mendukung kehidupan para hewan, selain tersebut suhu dalam air ini tidak mengalami banyak perubahan yaitu hewan poikiloterm, atau dikenal sebagai hewan yang mempunyai suhu tubuh berubah ubah sebab perubahan pada suhu lingkungannya.
  2. Lingkungan terrestrial
    Lingkungan terrestrial ialah tempat hidup hewan berwujud daratan. Faktor lingkungan luar adalah faktor yang sangat mempengaruhi pada aktivitas kehidupan hewan. Keuntungannya ketersediaan oksigen dengan melimpah kemudian ancamannya berbentuk radiasi dan dehidrasi.
    a. Radiasi ialah perpindahan panas yang dialami oleh dua benda dengan tidak kontak secara langsung diantara keduanya tersebut.
    b. Dehidrasi ialah keadaan tubuh yang mengalami kekurangan cairan sebab tubuh pada hewan ini kehilangan air dengan jumlah yang besar. Hal ini dipengaruhi dari suhu dengan kelembaban rendah, serta kecepatan angin dengan luas permukaan benda.
    Homeostatis ialah stabilitas lingkungan internal yang dialami secara relative dinamis dan konstan.
Baca Juga :  Hewan Berdarah Dingin Dan Panas Beserta Contohnya Terlengkap

Fisiologi Sel

Sebelum membentuk sel, ada beberapa tahap yang harus dilalui, diantaranya mulai dari atom-atom > molekul bilogis > organel-organel > sel > jaringan > organ > sistem organ > dan terakhir ialah hewan.

  • Berdasarkan pendapat dari Robert hook (1665) yaitu: dari irisan gabus yang terlihat kotak kecil kemudian berubah jadi sel.
  • Berdasarkan pendapat dari anton van leeuwen hoek yakni sebuah tetesan air sel darah sperma yang menjadi mikroba kemudian berubah menjadi sel tunggal.
    Struktur organel sel yakni sitoplasma, ribosom, lisosom, golgi, apparatus, reticulum, mitokondria, sentriol, endoplasmic, nucleus dan sitoskeleton.

Komposisi Kimia Sel

Oksigen nantinya akan terikat dengan lemak, karbohidrat maupun protein di setiap sel guna melepaskan energy dan merubah makananya jadi energi. Seluruh sel memilik kemampuan membuat reproduksi dan bergenerasi. Komponen komponen tersebut ialah protein, karbohidrat, elektrolit, air, lemak.

Sifat Fisik Dan Kimia Sel

  1. Kapasitas panas
  2. Panas penguapan
  3. Viskositas
  4. Keadaan molekul

Fisiologi Saraf

Selsarafterdiriatas 3 komponen, diantaranya :

  • Badan sel fungsinya menjadi tempat sintesis neurotransmitter
  • Dendrit fungsinya menjadi penerima rangsang serta membawanya menuju badan sel
  • Akson fungsinya menjalarkan impuls menuju akson

Itulah pembahasan tentang Konsep fundamental fisiologi hewan. Jadi, fisiologi hewan ini sebuah ilmu yang mengkaji dan membahas semua mekanisme dan juga fungsi hewan dengan berbagai gejala disekitarnya. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

/* */