Kesehatan : Pengertian, Jenis, dan Usaha Menjaga Kesehatan Terlengkap

5 (100%) 1 vote

Pengertian Kesehatan, Jenis, dan Usaha Menjaga Kesehatan

Pengertian Kesehatan – sekarang ini banyak orang yang sadar akan arti kesehatan. Kesehatan sangat penting, terlebih lagi dalam lingkungan sekitar kita dan lingkungan keluarga kita. Gangguan kesehatan tak terkecuali pada orang yang memasuki usia dewasa apalagi lansia. Kamu harus mengeluarkan banyak biaya untuk mengobati kesehatan. Oleh karena itu, kesehatan ini sangat mahal harganya.

Kesehatan berasal dari kata “sehat” dan diberi imbuhan ke-an. Kata sehat ini dari bahasa arab artinya sembuh, selamat dari cela, ataupun cacat & nyata, benar serta sesuai dengan kenyataan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapapengertian kesehatan dari berbagai sumber.

Pengertian Kesehatan berdasarkan Undang-Undang

  1. UU No.23 Tahun 1992 (Tentang Kesehatan Bab I Pasal 1)
    Pengertian Kesehatan ialah kondisi sejahtera dari badan, jiwa, & sosial yang memungkinkan untuk setiap orang hidup produktif secara ekonomis dan sosial.
  2. UU No.9 Tahun 1960 (Tentang pokok-pokok kesehatan Bab I Pasal 2)
    Pegertian Kesehatan ialah Kesehatan ini mencakup kesehatan fisik, mental, sosial, dan tidak hanya kondisi yang bebas dari penyakit, cacat serta kelemahan.
  3. UUD RI No.36 Tahun 2009 (Tentang Kesehatan Bab I Pasal 1)
    Pengertian kesehatan ialah kondisi sehat, baik fisik, mental, spritual ataupun sosial yang memungkinkan seseorang hidup produktif secara sosial & ekonomi.
Baca Juga :  Mata Juling (Strabismus) : Pengertian, Penyebab, Gejala, Diagnosis, Pengobatan dan Komplikasi Terlengkap

Pengertian Kesehatan Menurut Instansi atau Lembaga

Menurut WHO, pengertian kesehatan ialah keadaan sehat sejahtera baik fisik, mental ataupun sosial dan ditandai dengan tidak ada gangguan atau simiom-simiom penyakit, misalnya seperti keluh kesah sakit fisik, serta keluhan emosional (Papalia,Olds,dan Feldman, 1998:Sarafino, 1994).

Lalu menurut MUI dalam Musyawarah Nasional Ulama 1983, pengertian kesehatan ialah ketahanan jasmaniah, ruhaniah, dan sosial yang dipunya manusia sebagai karunia Tuhan yang wajib disyukuri dan diamalkan (tuntunan-Nya), memelihara serta mengembangkannya.

Pengertian Kesehatan Berdasarkan Para Ahli

a. J. Moltmann

menyatakan bahwa kesehatan bukan tidak ada penyakit atau kecacatan, namun kesehatan ialah kekuatan guna bertahan terhadap penyakit serta kecacatan tersebut.

b. Chr. Grundmann

menambahkan pengertian kesehatan merupakan kemampuan dalam menghadapi tantangan hidup yang berbeda untuk menunjang kehidupan.

c. Kesehatan menurut Perkins (1938)

adalah suatu kondisi yang seimbang dan dinamis diantara bentuk & fungsi tubuh serta berbagai faktor yang mempengaruhinya.

Upaya kesehatan ialah setiap kegiatan guna memelihara dan meningkatkan kesehatan yang dilaksanakan oleh pemerintah dan masyarakat. Alat kesehatan ialah instrumen, mesin, aparatus, implan yang tidak terkandung obat yang dipakai untuk mencegah, mendiagnosis, menyembuhkan serta meringankan penyakit, merawat orang sakit dan memulihkan kesehatan manusia/ untuk membentuk struktur dan juga memperbaiki fungsi tubuh.

Jaminan pemeliharaan kesehatan masyarakat ialah cara penyelenggaraan pemeliharaan kesehatan paripurna menurut asas usaha bersama & kekeluargaan, yang berkesinambungan dengan mutu yang terjamin dan juga pembiayaan dilaksanakan secara praupaya.

Jenis-Jenis Kesehatan

a. Kesehatan Fisik/ Jasmani

Kesehatan tubuh adalah kesehatan yang dinilai menurut kondisi fisik seseorang. Istilah fisik berkaitan erat dengan masalah fisik yang terbebas dari luka maupun terbebas dari penyakit dari luar maupun penyakit dalam.

Baca Juga :  Penyakit Menular dan Tidak Menular : Pengertian, Jenis dan Cara Pencegahannya Lengkap

b. Kesehatan Mental atau Jiwa

Kesehatan mental adalah kesehatan yang dinilai dari kondisi kejiwaan ataupun mental dari seseorang. Istilah kesehatan mental berkaitan dengan masalah-masalah stress dan juga masalah pikiran.
Perilaku untuk Menjaga Kesehatan

Kondisi kesehatan seseroang berkaitan dengan apa yang dilakukannya, artinya disini adalah kebiasaan perilaku individu. Pencapaian kehidupan kesehatan yaitu diperlukan kebiasaan-kebiasaan yang sehat juga.

Beberapa perilaku yang dapat membantu menolong dalam menjaga kesehatan seseorang, antara lain:

  • Makan teratur. Diantaranya sarapan, makan siang, dan makan malam. Tidak termasuk snack.
  • Mengonsumsi makanan sehat yang mengandung protein, vitamin, nutrisi, gizi, zat besi, karbohidrat, dan mineral.
  • Melakukan aktivitas secara seimbang, diantaranya kegiatan bekerja/ belajar diiringi kegiatan olahraga
  • Pola tidur sehat dan normalnya selama 7-8 jam.
  • Membiasakan diri tidak merokok
  • Membiasakan diri tidak mengonsumsi narkoba
  • Tidak mengonsumsi makanan yang terlalu mengandung kolesterol.

Apabila individu menekuni dan mengeluti kebiasan tersebut diatas, maka akan mencapai taraf kondisi kesehatan yang baik dibanding individu atau seseorang yang tidak melakukannya.
Untuk kesehatan mental, pada kebutuhan pasien gangguan mental berat diperkuat dengan penerapan sebuah pendekatan program perawatan.

Perilaku dan Status Kesehatan

Status kesehatan individu berkaitan dengan pola kebiasaan dari perilaku orang tersebut. Kebiasaan perilaku yang sehat akan memberikan pengaruh positif pada kesehatannya, dan sebaliknya juga kebiasaan yang salah maka akan cenderung memberikan dampak negatif. Akibatnya apa? Individu akan mudah terserang penyakit.

Usaha Menjaga Kesehatan

Kals & Cobb mengemukakan ada 3 jenis usaha individu dalam mengatasi penyakit dan mempertahankan taraf kesehatannya. Yakni:

1. Health Behavior

Health Behavior ialah aktivitas yang dilakukan oleh individu dengan membangun kesehatan melalui cara mencegah penyakit/ menanggulangi gangguan penyakitnya. Kegiatan seperti itu syaratnya seseorang harus faham dasar pemikiran dan manfaat dari aktivitas bahwa hal itu dapat memberikan manfaat penting. Contohnya, makan makanan berigizi atau bernutrisi, diet makanan berkolesterol tinggi, memeriksa teratur terhadap gigi, dan kesehatan fisik.

Baca Juga :  Penyakit Jantung Bawaan : Pengertian, Penyebab, Gejala, Jenis Jenis, Diagnosis, dan Pengobatannya Terlengkap

2. Ilness Behavior

Illness Behavior ialah aktivitas yang dilakukan oleh individu yang sakit, guna mendapatkan informasi, nasihat atau cara penyembunyannya supaya dapat kembali pada kesehatan sebelumnya. Contohnya mengalami sakit perut dibutuhkan nasihat dokter, teman/ perawat, dan obat apa yang harus dikonsumsi.

3. Stick Role Behavior

Stick-role behavior ialah aktivitas yang dilakukan oleh seseorang huna menjalani proses penyembuhan dari rasa sakitnya. Taraf perilaku ini dialami oleh individu yang lebih berat dibanding dengan illness behavior. Perilaku tersebut, individu merasa sakit dan memang harus menjalani rawat inap di rumah sakit karena tidak memungkinkan untuk melakukan aktivitas harian.

Demikianlah informasi tentangPengertian Kesehatan. Semoga informasi ini bisa kamu terima dan bermanfaat untuk kita semua, sampai kita bisa menjaga kesehatan kita masing-masing, selalu memperhatikan lingkungan sekitar kita dan juga menyampaikan informasi menyangkut kesehatan.

Mengapa demikian? Seperti yang sudah di jelaskan di atas, bahwa kesehatan adalah hal yang sangat penting, berharga dan juga mahal. Sebanyak apapun uang kita dan bagaimanapun kelas seseorang, pasti jika dilanda masalah kesehatan pasti akan merasakan hal berbeda dengan orang yang sehat. Sekian dan terima kasih.

Baca juga:

/* */