Biogas – Pengertian, Karakteristik, Sumber Bahan Baku dan Keunggulannya

5 (100%) 1 vote[s]

Kelebihan Biogas : Pengertian, Karakteristik, Sumber Bahan Baku dan Keunggulannya

Kelebihan Biogas – pada dasarnya Indonesia adalah negara yang kaya akan potensi sumber daya energi terbaru, akan tetapi belum bisa dimanfaatkan secara optimal. Pemanfaatan sumber energi yang terbaru sebenarnya akan memberikan keuntungan baik kompetitif maupun koperatif. Salah satunya dengan memanfaatkan energi biogas. Ada banyak sekali kelebihan bisa di dapatkan dengan menggunakan teknologi biogas. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Biogas

Keuntungan Kompetitif antara lain :

  1. Menaikkan nilai tambah dari sumber energi terbaharukan yang biasanya hanya berupa limbah biomassa.
  2. Mereduksi limbah biomassa yang mempunyai potensii sebagai pencemar.
  3. Dapat memacu peningkatan perekonomian di daerah dengan penggunaan energi terbarukan dengan harga terjangkau dan
  4. Pengurangan kemiskinan melalui peluang kerja

Keuntungan Komparatif antara lain :

  1. Bahan baku yang biasanya berupa limbah biomassa tersediah melimpah.
  2. Proses produksinya ramah lingkungan
  3. Mendukung teknologi tepat guna yang ada di berbagaii daerah.

Pengertian Biogas

Biogas merupakan bahan bakar gas yang dihasilkan oleh aktivitas anaerobik atau fermentasi dari bahan-bahan organik termasuk diantaranya kotoran manusia dan hewan, limbah domestik (rumah tangga), atau degradasi anaerobik bahan-bahan organik oleh bakteri-bakteri anaerobik. Pada biogas terdapat metana, apabila terbakar akan relatif lebih bersih daripada batubara, dan menghasilkan energi yang lebih besar pula dengan emisi karbon dioksida yang lebih sedikit.

Karakteristik Biogas

Biogas didefinisikan sebagai gas yang dilepaskan jika bahan-bahan organik (seperti kotoran hewan, kotoran manusia, jerami, sekam, dan sayursayuran) difermentasi atau mengalami proses metanisasi. Biogas terdiri atas beberapa campuran metana (50-75%) CO2 (25-45%), serta sejumlah kecil H2, N2, dan H2S.

Baca Juga :  Elnino : Pengertian, Dampak dan Proses Terjadinya Lengkap

Biogas merupakan campuran gas yang dihasilkan oleh bakteri metanogenik yang terjadi pada material-material yang dapat terurai secara alami dalam kondisi anaerobik, pada umumnya biogas terdiri atas gas metana (CH4) 50 samapi 70 %, gas karbon dioksida (CO2) 30 sampai 40%, hidrogen (H2) 5 sampai 10%, dan gas-gas lainnya dalam jumlah yang sedikit.

Sumber Bahan Baku Biogas

Biogas merupakan salah satu gas yang mudah terbakar. Biogas dihasilkan dari proses fermentasi dari beberapa bahan organik yang dilakukan oleh bakteri-bakteri anaerob (bakteri yang hidup dalam kondisi kedap udara). Secara umum semua jenis bahan organik diproses untuk bisa menghasilkan biogas. Tetapi hanya bahan organik padat dan cair homogen, seperti kotoran urin hewan ternak yang cocok untuk sistem biogas.

Diperkirakan ada tiga jenis bahan baku untuk dikembangkan sebagai bahan baku biogas di Indonesia, antara lain kotoran hewan dan manusia, sampah organik, dan limbah cair.

  • Biogas dari Limbah Peternakan
  • Biogas dari Limbah Sayur Pasar
    – Limbah Kol
    – Limbah Sawi
    – Limbah Daun Kembang Kol
    – Limbah Jagung

Manfaat Biogas

Manfaat energi biogas yaitu dapat menghasilkan gas metan. Dimana gas metan tersebut digunakansebagai pengganti bahan bakar khususnya minyak tanah dan dapat dipergunakan untuk memasak.
Biogas dapat digunakan sebagai pembangkit energi listrik. Manfaatdari energi biogas yang sangat penting yaitu dapat mengurangi ketergantungan terhadap pemakaian bahan bakar minyak bumi yang tidak bisa diperbaharui.

Limbah biogas adalah kotoran ternak yang telah hilang gasnya (slurry). Kotoran ternak merupakan pupuk organik yang sangat kaya akan unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tanaman, nilai kalori dari satu meter kubik biogas yaitu sekitar 6.000 watt per jam, dimana setara dengan setengah liter minyak diesel. Maka dari itu, biogas memang lebih baik digunakan sebagai bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan sebagai pengganti minyak tanah, Liquefied Petroleum Gas (LPG), butana, batubara, maupun bahan lain yang berasal dari fosil.

Baca Juga :  15 Jenis - Jenis Terumbu Karang di Indonesia Terlengkap

Kelebihan Biogas Dilingkungan Masyarakat

  • Biogas mampu mengurangi jumlah sampah hal ini karena adanya alih fungsi sampah yang dapat digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan biogas dan juga tidak mencemari lingkungan.
  • Memberikan berbagai alternatif pilihan sumber energi yang tentunya tidak merusak lingkungan sehingga biogas menjadi solusi bahan bakar murah dan terjangkau.
  • Tidak mengeluarkan asap atau polusi udara.
  • Pengolahan sampah organik yang dapat digunakan untuk pakan ternak sehingga dapat mengurangi pengeluaran atau belanja untuk membeli pakan ternak.
  • Mengurangi penggunaan bahan bakar lain misalnya kayu bakar,gas,minyak tanah,oleh rumah tangga atau komunitas.
  • Menjadi sebuah metode pengolahan sampah ( raw waste ) yang baik dan mampu mengurangi pembuangan sampah dilingkungan ( air / sungai ).
  • Meningkatkan kualitas udara karena mengurangi asap dan jumlah karbondioksida ( CO2 ) akibat pembakaran bahan bakar kayu.
  • Secara ekonomis,murah dalam instalansi serta menjadi investasi yang menguntungkan dalam jangka panjang.
  • Dapat mengurangi bahaya efek rumah kaca dikarenakan biogas bersifat ramah lingkungan.
  • Bisa menjadi sebuah metode untuk pengolahan limbah.
  • Proses pembakaran yang tidak mengeluarkan asap.
  • Bisa mengurangi penggunaan dari bahan bakar fosil meliputi minyak bumi, batu bara dan juga gas alam.

Di Indonesia sendiri nilai potensial pemanfaatan biogas diprediksi akan terus mengalami peningkatan. Hal itu dikarenakan adanya jumlah bahan baku biogas yang terus meningkat dan rasio energi biogas dan energi minyak bumi yang menjanjikan.

Keunggulan biogas

  1. Bahan bakar pengganti minyak tanah untuk keperluan memasak.
  2. Diguanakan sebagai pengganti bahan bakar minyak pada pembangkit tenaga listrik
  3. Bahan bakar kendaran bermotor.
  4. Sebagai bahan untuk memproduksi biogas.
  5. Digunakan pada oven dan lampu rumah kaca, meningkatkan konsentrasi karbondioksida dalam rumah kaca yang dapat digunakan dalam proses fotosintesis.
Baca Juga :  Hama dan Penyakit Pada Tumbuhan : Pengertian, Jenis dan Contoh Serta Cara Mengatasinya Paling Ampuh

Demikianlah penjelasan tentang Kelebihan Biogas, semoga artikel kali ini bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga:

/* */