Kamus Biologi : Istilah Seputar Ruang Lingkup Biologi

5 (100%) 1 vote[s]

Kamus Biologi : Istilah Seputar Ruang Lingkup Biologi

Kamus biologi : istilah seputar ruang lingkup biologi – di dalam dunia biologi, terdapat istilah yang perlu dimengerti. Berikut ini istilah-istilah dalam biologi yang biasa dipakai berhubungan dengan pokok bahasan mengenai Kamus biologi : istilah seputar ruang lingkup biologi.

Istilah Seputar Ruang Lingkup Biologi

1. Abiotik : merupakan lingkungan yang terdiri dari benda tidak hidup misalnya air, tanah, unsur hara, kelembaban, suhu, pH dan iklim.
2. Antibiotik : sebuah senyawa yang dihasilkan dari mikroorganisme yang bisa menghambat pertumbuhan mikroorganisme lain.
3. Biologi terapan : penerapan hukum-hukum serta prinsip-prinsip biologi menuju ke dalam kehidupan manusia supaya bermanfaat.
4. Bioma : adalah kumpulan spesies (khususnya tumbuhan) yang mendiami khusus di bumi yang dicirikan vegetasi khusus yang cenderung dan langsung kelihatan jelas di tempat itu.
5. Biosfer : bagian bumi serta atmosfer tempat dari organisme hidup.
6. Biotik : lingkungan yang terdiri dari makhluk hidup misalnya konsumen, produsen dan dekomposer/ pengurai.
7. Bioteknologi : pemanfaatan sel-sel hidup/ mikroorganisme dalam industrian dan juga teknologi guna menghasilkan jasa dan barang, seperti obat-obatan, menguraikan limbah dan bahan kimia.
8. Botani : cabang biologi dengan mempelajari dunia tumbuhan.
9. Ekosistem : sebuah pengeruhan air yang dikarenakan oleh berkembang secara pesatna algae/ ganggang serta eceng gondok di perairan yang sudah tercemar oleh nitrat.
10. Gen : bagian khusus dalam untai DNA yang bisa mengkodekan protein fungsional di dalam sel.
11. Genetika : cabang biologi dengan mengkaji hukum-hukum serta mekanisme pewarisan sifat dari satu generasi menuju ke generasi selanjutnya.
12. Individu : satuan makhluk hidup tunggal dengan tubuh yang tersusun dari berbagai sistem organ yang saling berkaitan.
13. Jaringan : kumpulan sejumlah sel yang berbentuk sama guna menjalankan fungsi khusus.
14. Komunitas : kumpulan sejumlah jenis populasi dengan hidup bersama di sebuah habitat khusus yang saling berinteraksi maupun saling mempengaruhi serta mencapai keseimbangan lewat sebuah jaring – jaring makanan.
15. Organ : kumpulan sejumlah macam jaringan yang dapat menjalankan fungsi khusus.
16. Organisme : organisme yang sel sel ini mengandung gen sisipan transgenik terhadap organisme lain yang bertujuan khusus.
17. Pengurai : bakteri, jamur serta sejumlah protozoa yang bertugas di dalam proses pembusukan organisme mati sebagai materi anorganik.
18. Populasi : kumpulan beberapa individu dari sejenis satu spesies yang dengan bersama menempati sebuah habitat.
19. Produsen : tumbuhan hijau yang memakai bahan – bahan anorganik guna menghasilkan bahan – bahan organik yang dibantu dengan energi sinar matahari serta energi kimia.
20. Species : organisme yang bisa menjalankan perkawinan secara bersama serta menghasilkan keturunan yang fertil.
21. Saproba : organisme yang hidup di bahan bahan sisa hewan serta tumbuhan yang busuk atau materi organik.
22. Suksesi ekologis : perkembangan ekosistem menuju ke kedewasaan serta keseimbangan.
23. Taksikologi : cabang biologi dengan mengkaji racun/ toksik.
24. Vegetasi : kehidupan tumbuh – tumbuhan yang berkaitan erat dengan bioma atau iklim.

Baca Juga :  Sistem Sirkulasi pada Manusia : darah, pembuluh darah, dan transfusi darah

Pengertian Biologi

Biologi merupakan sebuah hal yang paling penting untuk kehidupan manusia. Hal ini sudah dibuktikan bahwa dengan wajibnya manusia dalam memperdalam ilmu biologi. Pengertian biologi sendiri sebenarnya luas sekali. Apalagi terdapat banyak para ahli memberikan pendapatnya tentang apa yang dimaksud dengan ilmu biologi.

1. Pengertian biologi menurut bahasa

Kata asal biologi yakni bahasa yunani yang tersusun atas dua suku kata yakni logos dan bios. Masing-masing kata tersebut mempunyai arti berbeda. Bios berarti hidup sementara logos berarti ilmu pengetahuan. Hidup ini artinya sebuah sifat yang hidup. Jadi apapun yang sifatnya hidup masuk dalam kajian biologi.
Benda hidup digolongan 3 macam, yakni manusia, hewan dan juga tumbuhan. Maksudnya ialah ilmu dengan mempelajari mengenai ketiga hal tersebut.

Mencari ati kata biologi khusus yang tidak tuntas bila tidak merujuk dalam KBBI maupun kamus besar bahasa indonesia. Berdasarkan KBBI ini biologi mempunyai arti kondisi serta karakteristik makhluk hidup.
Disinilah maka bisa disimpulkan bahwa biologi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai makhluk hidup dengan detail mulai kondisinya sampai sifatnya. Guna melengkapi pemahaman ini maka kita ketahui pendapat dari beberapa para ahli dibawah ini.

2. Pengertian Biologi Menurut Para Ahli

a. Oman karmana

Menurut oman karmana biologi ialah cabang ilmu yang dapat menunjang ilmu lainnya di dalam memecah sebuah masalah dari kehidupan ini.

b. Fiktor ferdinand P

Fiktor ferdinand serta moekti ariwibowo pun emmberikan pendapatnya mengenai apa yang sebenarnya dimaksud dengan biologi. Berdasarkan pendapat mereka ialah ilmu yang mempelajari mengenai makhluk hidup serta mempunyai cabang cabang lagi. Contohnya ini ialah ilmu yang mempelajari tentag hewan.

c. R. Firmansyah

R. Firmansyah memberikan suatu pikirannya bila biologi merupakan ilmu dengan mempelajari mengenai kehidupan. Pendapat tersebut memang tak dapat dirubah sebab memang sangat erat dengan kehidupan.

Baca Juga :  Pengertian dan Manfaat Hemoglobin dalam Sel Darah Merah

d. Nugroho dan sumardi

Menurut nugroho serta sumadi, bilogi merupakan cabang ilmu dengan mempelajari mengenai makhluk hidup yang berasal dari jutaan tahun lalu.

e. Bagod sujudi dan laila

Menurut pendapatnya ialah cabang ilmu sain dengan membahas mengenai makhluk hidup.

Nah, itulah ulasan mengenai kamus biologi : istilah seputar ruang lingkup biologi. Di era modern saat ini, ilmu biologi terjadi perkembangan yang paling pesat. Perkembangan ilmu biologi yang pasti berdampak positif untuk manusia. Manusia dapat mempunyai kehidupan yang lebih baik melalui penelitian dalam bidang biologi. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

/* */