Jenis/ Macam Zat Makanan Sehat Yang Dibutuhkan Tubuh

5 (100%) 1 vote[s]

Jenis/ Macam Zat Makanan Sehat Yang Dibutuhkan Tubuh

Jenis/ macam zat makanan sehat yang dibutuhkan tubuh – manusia membutuhkan zat makanan guna keperluan tubuhnya. Hal ini bertujuan agar energi manusia semakin kuat. Nah kali ini admin akan membahas seputar jenis/ macam zat makanan sehat yang dibutuhkan tubuh.

Berikut ini daftar dari beberapa zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh, diantaranya :

1. Protein

Ada dua jenis dalam protein, yakni :

  • Asam amino esensial, ialah asam amino yang tidak bisa disintesis tubuh yakni leusin, isoleusin, metionin, fenilananin, valin dan triptofan.
  • Asam amino tidak esensial, ialah asam amino yang bisa diseintesis dalam tubuh. Seperti alanin, glutamat dan aspartat dsb.

Jadi, protein ini berperan menjadi pertumbuhan serta perbaikan sel. Didalam tubuh kita memecah sebuah protein jadi beberapa macam asam amino lalu diserap oleh sejumlah sel dalam tubuh guna kebutuhan pertumbuhan dan metabolismenya.

Berapa banyak protein yang diperlukan dalan setiap harinya ?

Tubuh memerlukan 0, 8 gr protein pada setiap 1kg berat tubuh seseorang. Sehingga protein yang diperlukan ini kurang lebih 44 g dalam setia. Akibat p hari serta 36 gr untuk wanita. Sebagai acuannya, 36-44 gram protein yang setara dengan 1-2 dada ayam.

Baca Juga :  Kesehatan : Pengertian, Jenis, dan Usaha Menjaga Kesehatan Terlengkap

Lantas bagaimana bila kita ini kelebihan protein?

Nah, banyak sekali terjadi sebuah kasus yang mana kita kerap menjumpai bahwa mengkonsumsi protein yang lebih. Akibatnya bila kelebihn ialah asam urat, berat badan menjadi semakin naik, kolestrol meningkat, akan terjadi gangguan ginjal serta meningkatkan risiko penyakit kanker.

Untuk mencegahnya maka kalian cukup memastikan dengan 1 porsi makanan ini kita hanya ada 1-2 macam sumber protein misalnya ayam, kalian bisa menggantinya dengan ikan maupun dengan menggunakan nabati kacang- kacangan, tempe, biji-bijian serta sayuran hijau.

Kesimpulannya jadi, Kebutuhan dari tubuh besarnya 1 gram/ kg dengan BB/ harinya. Apabila berlebihan maka akan dibuang dalam bentuk urea atau nitrogen balans. Kekurangannya dari zat ini maka akan mengakibatkan hongeroedem dan kwashiokor.

2. Lemak atau lipid

Lemak ialah sumber protein energi yang kaya membantu penyerapa vitamin A, D, E serta K dan juga untuk pembentukan hormon dari dalam tubuh. Sumber lemak yang terbaik ialah alpukat, sayur hijau, kacang – kacangan dan juga buah – buahan.

Apa yang terjadi bila kelebihan zat lemak ini? Antara lain :

  • Meningkatnya risiko kanker
  • Sembelit
  • Obesitas
  • Kerusakan dinding otak dan arteri
  • Kolestrol yang tinggi

Lantas berapa banyak yang diperlukan oleh tubuh?

Rata rata untuk orang yang dewasa ini seharusaya mengonsumsi dengan 30% lemak, 40% karbihidrat dan 30% protein. Lemak ini dikonsumsi seharusnya dengan mengandung omega 3 serta minyak nabati. Dengan menggunakan acuan 1, 599 kalori dalam setiap harinya maka 30% dari lemak ini setara dengan 450 kalori maupun dengan 3 sendok olive oil maupun 6 sendok makan selai kacang dalam setiap harinya.
Sehingga bisa disimpulkan bahwa kita membutuhkan pelarut sejumlah vitamin, guna melindungi jaringan tubuh serta penghasil dari energi yang besarnya 9 kalori/ gram. Kebutuhannya ini 0, 5 – 1 gram/ kg dari BB/ hari.

Baca Juga :  Selulosa : Pengertian, Jenis, Struktur, Sifat dan Manfaatnya  Terlengkap

3. Karbohidrat

Karbohidra ialah penghasil dari eenergi 4 kalori dalam per gram nya. Kelebihan dari karbohudrat akan disimpan di dalam bentuk lemak.
Karbohidrat ialah sumber energi khusus untuk tubuh. Tubuh dapat mengubah gula sederhana serta pati kompleks sebagai glukosa guna dipakai sebagai sumber energi sel dalam tubuh. Kelebihan dari karbohidrat ini akan menaikkan berat badan sebab disimpan oleh bagian tubuh dalam wujud lemak.

Lantas bagaimakah caranya supaya kita tidak kelebihan karbohidrat ini?

Gantilah dengan mengonsumsi nasi putih, roti, kue sebagai gandum/ oatmeal, quinoa, sorghum, wortel, beet serta kacang – kacangan yang seratnya ini lebih tinggi serta penuh dengan vitamin dan meineral. Sumber dari karbohidrat yang seratnya tinggi membuat kalian lebih kenyang serta penuh nutrisi.
Lantas berapa banyak adari karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh?
Kalian disarankan untuk mengonsumsi 40% kalori kita yang sumbernya dari karbohidrat. Kadnag, wanita indonesia berat badannya serta kegiatan normalnya ini hanya memerlukan 1.500 kal/ hari yang acuannya yakni 40% kita memerlukan 600 kal/ hari teradap karbohidrat atau yang setara dengan 3 porsi nasi putih/ perharinya.

4. Mineral

Mineral pun sangat berperan penting guna perrtumbuhan serta proses metabolisme di dalam sel tubuh kita, yakni muulai dari rambut kulitm tulang sampai dengan sel darah memerlukan miner dalam sehari – harinya. Mineral pun akan meningkatkan fungsinya saraf serta dapat membantu mengubah makanan sebagai energi.

Lantas bagaimana bila kita kekurang mineral ini?

Seseorang yang mineral mengalami kekurangan maka bsia mengakibatkan proses dari metabolismenya dalam tubuh menjad terganggu serta timbul beberapa masalah kesehatan misalnya anemia, osteoporosis, kulit kering, mudah lelah dan rambut rondok serta keseimbangan hormonal akan bermasalah.

Baca Juga :  Jamur : Pengertian, Ciri Ciri, Cara Hidup dan Kegunaannya Terlengkap

Berapa banyak harusnya kita mengonsumsi mineral ini dalam per harinya?

Menurut jumlah dari yang diperlukan oleh tubuh, maka minerla bisa dibagi menjadi 2 (dua), yakni mineral minor dan mayor.
Mineral mayor secara umum ialah yang diperluan tubuh 100 mg/ hari atau bahkan lebih. Seperti fosfor, kalsium, kalium dan magnesium.

Sementara dengan mineral minor ialah sering dikenal sebagai mineral yang diperlukan dengan jumlah kecil. Seperti vanadium, tembaga, boron, mangan, zink, besi, dan lain-lain.

Jadi, itu tadi adalah ulasan mengenai jenis/ macam zat makanan sehat yang dibutuhkan tubuh. Penuhilah asupan gizi tubuh kalian yang sesuai dengan standar kesehatan gizi normalnya. Sehingga kalian akan mendapatkan tubuh yang sehat selalu. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

/* */