Jenis – jenis Kucing Terpopuler di Indonesia

Posted on
5 (100%) 1 vote

Jenis – jenis Kucing Terpopuler di Indonesia

Jenis kucing – ada sejumlah jenis kucing terpopuler yang ada di Indonesia karena banyaknya peminat oleh pecinta kucing indonesia, jenis kucing ini lumayan dekat dengan manusia sebagai kucing peliharaan yang menemani pemilik kucing, maka dari itu kucing-kucing jenis ini memang lebih sering dirumah ketimbang diluar rumah.
Pandangan orang awam/ yang baru mengenal kucing, hewan khususnya adalah kucing ini dapat dipelihara cenderung memiliki bulu yang indah serta lebat. Bahkan untuk orang awam sendiri dapat menyebut sejumlah jenis kucing yang pernah ia lihat. Pada artikel ini akan membahas sejumlah jenis kucing terpopuler di Indonesia.

Jenis-Jenis Kucing Terpopuler yang ada di Indonesia

1. Kucing Persia

Urutan pertama ini kucing Persia, yang sangat populer di Indonesia. Pecinta kucing sudah jelas tahu mengenai jenis kucing persia ini sebab kucing persia mempunyai bulu yang panjang dengan wajah yang bulat namun pendek.
Ciri khas lain pada kucing persia yakni pada bulunya yang tebal. Kucing persia ini dapat hidup di lingkungan terbuka serta tidak harus dimasukkan kedalam kandang. Namun kamu pasti tidak mau kucing kesayangan terlantar apalagi hingga kekurangan asupan makanan yang bisa membuat kucing peliharaan jenis persia sakit jika tidak dijaga di dalam kandang.

Baca Juga :   Daur Hidup Kupu-Kupu dan Penjelasannya Terlengkap

2. Kucing Anggora

Urutan kucing terpopuler kedua yaitu kucing anggora, memang kucing anggora lumayan familiar di telinga orang Indonesia. Kucing Anggora berasal dari negara Turki dan merupakan salah satu kucing ras alami lumayan tua. Ciri-ciri kucing anggora dapat dilihat dari bulunya yang cukup panjang serta lebat menggembung. Tidak hanya itu, kucing anggora memiliki badan yang cukup ramping tetapi untuk ukuran badan pasti lebih besar dari kucing persia sebab kucing anggora bulunya panjang-panjang menutupi dari ukuran badan sebenarnya.

Untuk kamu yang awam dan ingin memelihara kucing, saya sarankan untuk memelihara kucing jenis anggora. Sebab lebih penurut dan tidak hanya itu, kucing anggora senang bermain dan energik. Apalagi waktu bermain dengan anak-anak, kucing anggora tidak akan melukai anak-anak sebab kelembutanya. Tetapi kucing anggora Turki tergolong dalam hewan peliharaan dengan harga yang lumayan mahal. Maka dari itu bila ingin memelihara kucing anggora di rumah, siap-siap menguras dompet kalian, alternatif lain yakni kucing persia bila tidak bisa memelihara kucing angora.

3. Kucing Maine Coon

Kucing dengan nama kucing salju sebab bulu yang sangat tebal dan juga anti air ini adalah kucing maine coon. Kucing Maine Coon mempunyai ketahanan tubuh kuat dan bisa beradaptasi dengan cepat pada cuaca yang ekstrim sekalipun. Kucing maine coon berasalal dari Maine, Amerika Serikat dan termasuk nenek moyang dari ras anggora.
Kepribadiannya aktif dan sangat senang ada di dekat pemiliknya. Dia lebih suka tidur, dan hargany dibandrol harga 4-5 juta ntuk umuran 3 bulan. Kucing ini dapat memiliki tubuh raksasa dan merupakan jenis kucing yang bertubuh besar. Umur 6 bulan kucing maine coon ukuran tubunya sama dengan umur 1 tahun pada kucing lain.

Baca Juga :   6 Pengelompokan Hewan Beserta Contohnya lengkap

4. Kucing Kampung

(Kucing domestic) atau kucing asli indonesia sering disebut kucing kampong. Kucing jawa ini sangat sering di temukan di lingkungan jawa. Tidak hanya dipelihara, jenis kucing ini merupakan kucing liar dan bisa beradaptasi dengan baik meskipun tidak dipelihara oleh manusia. Untuk daya tahan tubuhnya tidak diragukan lagi sudah pasti lebih baik dari kucing Persia dan anggora karena biasa hidup bebas dimanapun.

5. Kucing Persia Himalaya

Kucing persia Himalaya asalnya dari persilangan antara jenis kucing Siamese dengan kucing Persia. Perkawinan silang ini dilakukan guna mendapatkan kucing seperti persia tetapi memiliki corak bulu Siamese. Ciri khas kucing persia himalaya yaitu dengan muka yang comong/ hitam di sekitar mukanya serta warna putih bulu di badanya, atau setengah coklat.

Karakteristik kucing himalaya ini mempunyai tubuh besar, gemuk, bulat serta padat. Namun kaki kucing persia himalaya ini pendek seperti kucing persia, sementara kepribadian kucing himalaya ini tidak senang bermalas-malasan, senang diajak bermain serta cukup aktif. Selain itu kepribadian lainya antara lain komunikatif, tenang dan cerdas.

6. Kucing Exotic Shorthair

Kucing persilangan antara kucing persia dengan kucing ASH ini lumayan populer di kalangan masyarakat Indonesia. Ciri-cirinya yaitu ada pada bagian kepala terlihat bulat dengan hidung pesek dan hampir mirip dengan kucing persia. Untuk bulunya cukup lebat dan lembut menyerupai selimut.
Meskipun terlihat seperti kucing persia, tetapi kucing exotic shorthair mempunyai kepribadian yang beda yaitu lincah, anggun serta aktif. Apabila kamu menyukai bermain dengan hewan peliharaan, coba untuk memelihara kucing Exotic Shorthair karena bersifat yang suka bermain, pendiam tetapi keinginan tahunya yang membuatmu semakin gemas dan sayang pada kucing lucu ras Exotic Shorthair.

Baca Juga :   10 Jenis Jenis Kelinci Hias Didunia Dan Gambarnya Terlengkap

7. Kucing Russian Blue

Kucing russian blue mempunyai nama sebelum diganti yakni kucing Russian Shorthair dan diganti jadi Russian Blue sejak tahun 1934. Karakteristik kucing ini yaitu memiliki ukuran tubuh medium, berbulu pendek, serta struktur tulang yang bagus dengan warna bulu yang kebiruan dengan nuansa silver dari setiap ujung bulu, jadi terlihat bersinar.
Kepribadian kucing ini sedikit pemalu, apalagi bila bertemu dengan orang asing. Tetapi kucing ini sangat setia pada pemiliknya dan kucing ini sangat cerdas juga mandiri.

Nahh, sudah tau kan jenis kucing terpopuler yang ada di Indonesia, apakah kamu ingin memelihara salah satu kucing diatas? Sudah tentu sangat ingin memeliharanya bukan? Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian khususnya yang masih awam pada kucing, artikel ini menjadi salah satu media merekomondasinya.

Baca juga: