Jenis Jenis Anemia : Gejala, Penyebab dan Pengobatannya Lengkap

5 (100%) 1 vote[s]

Jenis Jenis Anemia : Gejala, Penyebab dan Pengobatannya Lengkap

Jenis jenis anemia – anemia merupakan suatu keadaan pada saat tubuh mengalami kekurangan sel darah yang didalamya mengandung hemoglobin guna menyebarkan oksigen menuju ke seluruh organ tubuh. Dengan keadaan tersebut, maka si paseien kadang akan merasakan letih dan juga lelah, jadi tidak bisa mengerjakan kegiatan dengan normal. Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang jenis jenis anemia secara lengkap.

Gejala Anemia

Anemia bisa dikenali dari sejumlah gejala berikut ini :

  1. Badan terasa lemas dan juga cepat lelah
  2. Kulit tampak pucat atau kekuningan
  3. Detak jantung menjadi tidak teratur
  4. Napasnya pendek
  5. Berkunang kunang dan pusing
  6. Nyeri dada
  7. Kaki dan tangan terasa dingin
  8. Sakit kepala
  9. Sulit untuk konsentrasi
  10. Insomnia
  11. Kaki kram

Pada mulanya, gejala anemia kerap kali tidak dirasa oleh pasien. Gejala anemia akn menjadi semkain terasa bila kondisinya pasien semakin parah. Konsultasikan hal tersebut dengan dokter sehingga bisa mendapat penanganan yang tepat.

Penyebab Anemia

Anemia dialami ketika tubuh kekurangan sel darah merah sehat dengan kandungan hemoglobin. Ada sekitar 400 keadaan yang dapat menyebabkan terjadinya anemia seseorang yang dibagi menjadi 3 kelompok, yakni :

  1. Tubuh kurang mencukupi produksi sel darah merah.
  2. Mengalami pendarahan yang mengakibatkan tubuh kehilangan darah yang lebih cepat daripada kemampuan tubuh guna memproduksi darah.
  3. Kelainan pada reaksi tubuh caranya dengan menghancurkan sel darah merah sehat.
Baca Juga :  5 Perbedaan Pembelahan Mitosis Dan Meiosis Terlengkap

Jenis Jenis Anemia

Berikut ini akan dijelaskan secara singkat tentang jenis jenis anemia menurut penyebabnuya, antara lain :

1. Anemia akibat dari kekurangan zat besi.

Anemia yang jenis tersebut adalah yang sangat umum dialmai di seluruh dunia. Kekurangan zat besi ini bisa mengakibatkan tubuh terjadi anemia yang dikarenakan sumsum tulang memerlukan zat besi guna membuat sel darah.

Anemia bisa dialami pada perempuan yang sedang hamil yang tidak mengonsumsi sebuah suplemen penambah zat besi. Anemia pun bisa dialami pada pendarahan haid banyak, kanker, organ luka dan juga pemakaian obat pereda dari rasa nyeri misalnya aspirin. Gejala gejala ini secara umum yang di alami pasien anemia adalah :

  • Mempunyai nafsu makan pada benda benda aneh yang mirip kertas, es atau cat (dikenal sebagai pica)
  • Mulut rasanya kering dan juga pecah dibagian sudutnya
  • Kuku yang melengkung mengarah keatas (koilonychias)

2. Anemia akibat dari kekurangan vitamin

Selain memerlukan zat besi, tubuh pun memerlukan vitamin B12 dan juga asam folat guna membuat sel darah merah. Kekurangan dari dua unsur nutrisi ini yang bisa mengakibatkan tubuh tidak bisa memproduksi sel darah merah sehat dengan jumlah yang cukup jadi mengalami anemia.

Dalam sejumlah kasus, ada pasien anemia akibat dari lambung yang tidak bisa menyerap vitamin B12 terahadap makanan yang dicerna. Keadaan ini disebut dengan anemia pernisiosa. Gejala gejala yang pada umumnya terjadi oleh pasien anemia dari kekurangan vitamin B12 dan juga asam folat ialah :

  • Rasa menglenyer dan geli di bagian kaki dan tangan
  • Sulit berjalan
  • Terjadi kekakuan di kaki dan tangan
  • Terjadi demensia

3. Anemia akibat penyakit kronis.

Beberapa penyakit bisa mengakibatkan anemia sebab terjadinya gangguan di proses pembentukan dan juga penghancuran pada sel darah merah. Contoh contoh dari penyakit ini ialah AIDS/ HIV, rheumatoid arthritis, kanker, penyakit crohn, penyakit ginjal dan penyakit peradangan kronis. Gejala gejala yang bisa muncul dalam kasus anemia akibat dari penyakit kronis antara lain :

  • Warna kulit dan mata menjadi kekuning kuningan
  • Warna urine yang berubah akan menjadi merah atau kecoklatan
  • Borok pada kaki
  • Gejala batu empedu
  • Terlambatnya perkembangan pada anak
Baca Juga :  Piramida Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Terlengkap

4. Anemia plastic

Anemia plastic ialah keadaan yang langka dialami, tetapi akan membahayakan hidup pasien. Pada anemia plastic ini, tubuh tidak dapat memproduksi sel darah merah secara optimal. Anemia plastic bisa dikarenakan oleh infeksi, penyakit autoimun, efek samping obat, maupun paparan dari zat kimia.

5. Anemia akibat dari penyakit sumsung tulang

Sejumlah penyakit misalnya seperti leukemia maupun mielofibriosis bisa menganggu produksi pada sel darah merah di bagian sumsum tulang dan juga memicu anemia. Gejala yang akan ditimbulkan ini bervariasi tergantung dari ringan sampai berbahayanya.

6. Anemia hemolitik ( sickle cell anemia )

Anemia ini sifatnya genetis dan diakibatkan oleh bentuk hemoglobin yang tak normal jadi mengakibatkan sel darah merah ini bentuknya mirip bulan sabit, tidak bulat bikonkaf misalnya sel darah merah. Sel darah ini bentuknya sabit mempunyai waktu hidup yang lebih pendek daripada sel darah merah normal.

Gejala yang terjadi oleh pasien anemia sel sabit diantaranya :

  • Kelelahan
  • Mudah terjangkit infeksi
  • Nyeri tajam di bagian sendi dan juga perkembangan pada anak
  • Anemia jenis lain yang diakibatkan oleh thalassemia maupun penyakit malaria

Sejumlah faktor yang bisa meningkatkan risiko munculnya anemia untuk diri seseorang ialah :

  • Kekurangan zat besi dan vitamin
  • Gangguan penercanaan dalam usus
  • Menstruasi
  • Mengandung
  • Penyakit kronis
  • Riwayat anemia di keluarga
  • Usia

Pengobatan Anemia

Pengobatan pada anemia ini bermacam-macam, salah satunya yakni Anemia dari kekurangan zat besi, dengan cara memperbanyak konsumsi makanan banyak zat besi dan suplemen penambah dari zat besi. Lalu Anemia akibat penyakit kronis, dengan tranfusi darah/ injeksi eritropoitein.

Demikianlah pembahasan tentang jenis jenis anemia. Penyakit diatas dapat dicegah dengan cara salah satunya memperbanyak makanan yang kaya akan zat besi, asam folat, vitamin B12 dan vitamin C. Semoga ulasan ini dapat menjadi referensi kalian. Terimakasih.

Baca Juga :  13 Bunga Paling Indah di Dunia beserta Gambarnya Terlengkap

Baca juga: