Akar Tumbuhan : Jenis-jenis dan Fungsinya Terlengkap

Posted on
5 (100%) 1 vote

Jenis-jenis Akar Tumbuhan dan Fungsinya Terlengkap

Jenis-jenis akar tumbuhan dan fungsinya – Akar adalah bagian terpenting pada tumbuhan karena berperan sebagai tempat penyimpanan dan penyerapan air serta zat hara, untuk memperkuat tumbuhan dan juga sebagai alat pernapasan. Maka dari itu, akar mempunyai macam/ jenis bentuk yang berbeda-beda. Secara umum akar berada di bawah permukaan, namun ada sebagian tumbuh di atas permukaan.

Struktur dasar akar ialah rambut dan tudung akar. Rambut akar fungsinya memperlebar kawasan penyerapan air sementara tudung fungsinya melindungi ujung akar agar kokoh saat menembus lapisan tanah. Berikut adalah pembahasan mengenai Jenis-jenis akar tumbuhan dan fungsinya.

1. Akar Tunggang

Akar tunggang ialah akar pada tumbuhan dikotil atau berbiji dua. Akar tunggang termasuk sebuah akar besar/ pokok (primer) memanjang dan jadi pusat. Akar-akar cabang pada (akar samping atau lateral) ukurannya jauh lebih kecil. Akar besar tanaman dikotil seperti mangga, jambu, mawar, melinjo, jeruk, durian, jeruk & kedelai serta tumbuhan yang berakar terbuka ini, adalah ‘kelanjutan’ dari batang tumbuhan berasal dari akar lembaga.

Akar lembaga adalah hasil dari proses perubahan pada bakal akar jadi akar biji mulai dari berembrio/ bertunas. Karena itu, tanaman berbiji dua ini memiliki cara perkembangbiakan yang dikembangbiakkan melewati cangkok/ stek tidak mempunyai akar tunggang, namun akar serabut.

Baca Juga :   Macam Macam Gerak Pada Tumbuhan Beserta Contohnya

Akar tunggang mempunyai subkategorisasi berdasarkan bentuk akar & percabangannya, yaitu akar yang sedikit/ tidak bercabang dan juga akar yang bercabang. Berikut ini klasifikasinya:

a. Akar cabang sedikit/ tidak sama sekali.

Jenis ini tidak memiliki cabang/ hanya minim cabangnya dan bentuknya halus. Fungsinya bukan sebagai penjelajah daerah serapan, namun hanya sebagai tempat dari cadangan makanan. Bentuknya antara lain adalah tombak atau pena, benang serta gasing.

b. Akar yang bercabang.

Akar ini utamanya ada di pohon besar seperti pohon jambu. Akar jenis ini mengerucut panjang yang mempunyai banyak cabang dan berturunan sehingga pohon menjadi kokoh dan dapat menopang batang. Maka dari itu, daerah resapan air & mineral yang dipunya oleh akar lebih luas untuk mencukupi kebutuhan yang tak sedikit.

2. Akar serabut

Akar serabut berbentuk serabut dengan seluruh bagian akar yang menempel di pangkal batang bagian bawah serta ukurannya nampak satu sama lain. Akar jenis ini terdapat pada tumbuhan berbiji satu misalnya tebu, rumput, padi, jagung serta tumbuhan yang berkembangbiak mencangkok. Seluruh bagian akar mempunyai bentuk dan ukuran yang tidak jauh beda dan tidak terdapat satu akar yang lebih menonjol dari yang lain seperti akar tunggang.
Beberapa kategori turunan berdasarkan bentuknya akar serabut adalah sebagai berikut;

a. Benang

Jenis nya berbentuk paling kecil dan ada pada padi.

b. Tambang

Ukurannya lebih besar, kaku dan sifatnya keras seperti akar pohon kelapa.

c. Akar serabut besar

Akar ini terbilang sangat besar, kira-kira seukuran dengan lengan dan sedikit bercabang. Seperti akar pada tumbuhan pandan.

Fungsi Akar

Berdasarkan fungsinya, terdapat sejumlah jenis akar berikut :

a. Akar Tunjang

fungsinya menunjang kokoh dan berdirinya pada sebuah tanaman agar batangnya tak roboh. Akar ini dapat ditemukan yakni dalam tanaman bakau dan juga pandan.

Baca Juga :   Respirasi Tumbuhan : Pengertian, Proses, Manfaat, Jenis, Faktor Pengaruh, dan Zat Penghambatnya Terlengkap 

b. Akar Pelekat

Akar jenis ini bisa ditemui dari tumbuhan sirih dan tumbuhan memanjat lain dimana akarnya berperan sebagai pelekat batang tumbuhan oleh buku-buku batang tumbuhan lain/ pada tembok.

c. Akar Gantung

Tidak sama seperti akar lain yang tumbuh di bagian bawah, akar ini tumbuh dari bagiannya atas batang serta menjalar ke bawah sehingga bentuknya menggantung di udara. Fungsinya menggantung ialah menyerap gas dan juga uap air di udara, namun saat sudah menjalar ke bagian bawah hingga di permukaan tanah, fungsinya ialah menyerap kandungan air/ garam mineral. Contohnya pada tumbuhan beringin.

d. Akar Napas

Akar yang bisa ditemukan dalam tumbuhan kayu api, yakni tumbuh tegak lurus menuju bagian atas sehingga muncul pada permukaan air, mengingat tumbuhan yang mempunyai akar semacam ini adalah tumbuh di air. Fungsinya mengalirkan udara dan kandungan dari dalam air ke bagian atas tumbuhan.

e. Akar Penghisap

Akar ini dipunya oleh tumbuhan parasit dan fungsinya sebagai menyerap air, mineral dan juga zat makanan tumbuhan yang telah ditumpangi.

f. Akar Lutut

Akar lutur mempunyai bentuk yang unik sebab ia tumbuh ke atas dengan membengkok lalu kembali membengkok dan masuk menuju dalam tanah seperti yang ada dalam pohon tanjang. Fungsinya untuk membantu pernafasan tumbuhan.

Untuk penyuburan pada tumbuhan akar, dibutuhkan beberapa jenis hormon pada tumbuhan :

  1. Fungsi hormon sitokinin
  2. Fungsi hormon giberelin
  3. Fungsi hormon auksin
  4. Fungsi hormon asam absisat

Jadi, akar-akar yang di klasifikasi berdasarkan fungsi ini secara umum adalah akar serabut, sebab tidak memiliki akar besar dan juga didapatkan dalam tumbuhan berbiji satu. Klasifikasi dan pembahasan singkat mengenai jenis-jenis akar tumbuhan dan fungsinya di atas cukup menunjukkan bahwa dalam masing-masing tumbuhan mempunyai keunikan baik dalam bentuknya, posisi akarnya, bagaimana dan juga dari mana memperoleh nutrisi dan lain sebagainya.

Baca Juga :   13 Tumbuhan yang Hampir Punah beserta Ciri dan Contohnya lengkap

Namun demikian, tumbuhan-tumbuhan itu mempunyai ‘tugas’ yang sama, yakni untuk memenuhi kebutuhan, secara biologisnya mendapat asupan makanan dan juga oksigen yang lumayan dan akarnya berperan penting dalam hal tersebut. Akar ialah bagian penting dari tumbuhan karena fungsinya mencari kandungan air dan juga makanan, menyimpannya lalu mengalirkan menuju ke seluruh bagian tumbuhan. Dengan bentuk dan juga struktur tumbuhan yang berbeda, akar mempunyai cukup banyak Jenis-jenis akar tumbuhan dan fungsinya.

Baca juga: