Jenis dan Bentuk Bentuk Molekul Terlengkap

Rate this post

Jenis dan Bentuk Bentuk Molekul Terlengkap

Bentuk molekul – Istilah molekul sering kita jumpai dalam pelajaran fisika ataupun kimia dan tidak asing lagi di telinga kita. Molekul merupakan sekumpulan atom yang saling terikat dengan satu dan yang lainnya dengan sangat kuat atau kovalen, mempunyai muatan yang netral dan memiliki susunan tertentu serta cukup stabil. Cabang ilmu yang secara khusus mempelajarinya yaitu, sering disebut dengan kimia molekuler dan fisika molekuler.

Fisika molekuker banyak mempelajari mengenai hukum yang mengatur sifat molekul dan struktur molekul. Sedangkan kimia molekuler lebih menekankan pada hukum yang mengatur interaksi antar setiap molekul. Kedua cabang ilmu tersebut mempunyai peran yang sangat penting untuk bidang pengetahuan. Molekul mempunyai dua jenis yaitu molekul senyawa dan molekul unsur.

Jenis Molekul

1. Molekul Senyawa

Molekul senyawa yaitu molekul yang terbentuk dari beberapa atom atau unsur. Molekul senyawa dapat juga diartikan sebagai penggabungan unsur atau atom dengan jenis yang tidak sama atau berbeda. Contoh dari molekul senyawa yaitu karbondioksida CO2, air (H2O), urea CO(NH2)2. CO2 adalah gabungan antara satu atom karbon dengan dua atom oksigen. H2O yaitu gabungan antara dua atom hidrogen dengan satu atom aksigen. Sedangkan CO(NH2)2 yaitu berasal dari gabungan antara satu satu atom karbon, dua atom nitrogen, satu atom oksigen, dan empat atom hidrogen yang selanjutnya dikenal dengan nama urea.

Baca Juga :  Sintesis Protein : Pengertian, Tahapan dan Prosesnya Terlengkap

2. Molekul Unsur

Molekul unsur adalah molekul yang berasal dari hasil kombinasi atom atau unsur yang sama jenisnya atau satu jenis. Molekul unsur terdiri dari banyak bagian yaitu dwiatom, triatom, tetraatom, dan lain sebagainya berdasakan jumlah unsur yang dimilikinya. Contoh dari molekul unsur yaitu N2 (nitrogen), O2 (oksigen), H2 (hidrogen), P4 (Posfor), dan lain-lain.

Kedua molekul tersebut merupakan jenis-jenis dari molekul yang sering kita jumpai dalam kehidupan, bahkan yang saat ini kita gunakan atau kita hirup yaitu oksigen. Selain memiliki jenis molekul juga mempunyai bentuk yang berbeda antara satu molekul dengan molekul yang lainnya. Bentuk molekul merupakan suatu gambaran geometris yang diciptakan apabila inti atom yang terikat dihubungkan oleh garis lurus, yang berhubungan dengan susunan ruang atom dalam molekul.

Bentuk Molekul

Atom-atom yang saling berkaitan serta membentuk molekul sebenarnya mempunyai bentuk yang banyak ragamnya. Molekul ini berbentuk tiga dimensi yang mempunyai sudut ikatan yang berbeda dengan satu dan yang lainnya dikarenakan adanya tarik menarik antar molekul. Bentuk molekul ini dapat dijelaskan dengan banyak teori salah satunya yaitu dengan teori hibridisasi orbital. Berikut bentuk-bentuk dari molekul, yaitu:

1. Bentuk Molekul Linier

Sudah jelas bahwa bentuk yang pertama ini yaitu seluruh atom yang menyusun molekul linier memiliki susunan dalam gari lurus. Dengan sudut 180 derajat yang mana diproyeksikan oleh atom pusat dengan dua ikatannya. Bentuk ini terjadi dikarenakan atom pusat tidak mempunyai pasangan elektron bebas, serta hanya mempunyai dua ikatan. Contoh molekul yang mempunyai bentuk linier adalah senyawa BeCI2.

2. Bentuk Molekul Segitiga Datar

Pada bentuk molekul yang kedua ini, adaa tiga atom yang terikat ke atom pusat. Dengan membentuk sudut-sudut yang sama antara satu ikatan dengan ikatan lainnya yaitu 120 derajat. Susunan atom membentuk segitiga sama sisi. Contoh molekul yang mempunyai bentuk sgitiga datar yaitu senyawa BCI3.

Baca Juga :  Daur Hidup Lalat dan Faktor yang Mempengaruhinya Terlengkap

3. Bentuk Molekul Tetrahedron

Pada molekul yang berbentuk tetrahedron, ada empat atom yang terikat dengan membentuk bidang-bidang sekutu. Bentuk ini berupa segitiga sama sisi yang saling berhimpit yang akhirnya membentuk sudut sebesar 109,5 derajat. Contoh senyawa yang berbentuk tetrahedron yaitu CH4.

4. Bentuk Molekul Trigonal Bipiramida

Berbeda dengan bentuk molekul yang sebelumnya bentuk molekul trigonal bipiramida merupakan molekul yang mempunyai bentuk dari bidang sekutu gabungan limas segitiga yang berhimpitan. Dalam molekul bentuk ini terdapat lima atom yang utama, dngan membentuk sudut 120 derajat setiap ikatan yang ada dibidang segitiga. Sedangkan terdapat sudut 9 derajat untuk dua ikatan yang terdapat pada dua ikatan diposisi vertikal. Contoh dari molekul ini yaitu senyawa PCI5.

5. Bentuk Molekul Oktahedron

Bentuk yang kelima ini yaitu berasal dari dua limas dengan alas segi empat, yang mana alasnya saling berhimpitan satu dengan yang lainnya. Maka dari itu terbentuk bidang segitiga berjumlah delapan. Dalam molekul bentuk ini ada enam atom yang terikat ke atom pusat dengan sudut ikatan 90 derajat. Contoh molekul dengan bentuk oktahedron yaitu senyawa SF6.

Meramalkan Bentuk Molekul

Selain dengan metode penghitungan, bentuk-bentuk dari molekul dapat kita ramalkan dengan beberapa langkah sebagai berikut.
1. Harus mengetahui terlebih dahulu valensi elektron pada atom-atom tersebut
2. Langkah selanjutnya yaitu menggambar rumus titik elektron
3. Selanjutnya kita jumlahkan seluruh elektron berpasangan dari senyawa, jumlah elektron yang ada di sekitar atom pusat dapat dijadikan acuan untuk menentukan bentuk dasar dari molekul.
4. Kemudian menjumplahkan pasangan elektron yang dapat digunakan untuk menentukan bentuk yang sebenarnya dari senyawa. Apabila ada pasangan elektron bebas akan terjadi gaya tolak menolak lebih besar, dapat dikatakan bahwa sudut yang dibentuk lebih besar.

Baca Juga :  Penyakit Infeksi HIV/AIDS : Pengertian, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya di Rumah

Nah, itulah beberapa penjelasaan mengenai Bentuk Molekul yang dapat kami paparkan. Jadi, bentuk molekul merupakan suatu gambaran geometris yang diciptakan apabila inti atom yang terikat dihubungkan oleh garis lurus, yang berhubungan dengan susunan ruang atom dalam molekul. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan dapat bermanfaat.

Baca juga:

/* */