6 Jaringan Penyokong Pada Hewan Beserta Gambarnya Terlengkap

5 (100%) 1 vote[s]

Jaringan Penyokong Pada Hewan Beserta Gambarnya

Jaringan penyokong pada hewan beserta gambarnya – jaringan yang menopang tubuh ini dikenal dengan jaringan penyokong atau jaringan penunjang. Jaringan ini paling mudah dikenali, sebab ciri khasnya sel sel penyusun pada jaringan ini tergolong jaringan penyokong yang mempunyai susunan kurang rapat. Akibatnya menciptakan celah di antara sel sel penyusunnya. Celah inilah yang membentuk sebuah substansi sebagai klasifikasi jenis jenis kelompok jaringan. Berikut ini adalah penjelasan tentang jaringan penyokong pada hewan beserta gambarnya.

Jaringan Penyokong Hewan

Jaringan penyokong hewan terdiri atas 6 bagian, yakni :
1. Jaringan darah
2. Jaringan getah bening (limfe)
3. Jaringan tulang
4. Jaringan ikat
5. Jaringan lemak
6. Jaringan tulang rawan
Penjelasannya dibawah ini :

1. Jaringan Darah

Darah merupakan bagian penting dalam siklus kehidupan sel pada tubuh hewan maupun makhluk hidup lainnya. Darah inilah yang akan membawa oksigen serta sari pati makanan yang berfungis untuk tubuh hewan melalui pembuluh darah. Sebab jaringan darah ini mempunyai peran istimewa maka tidak digolongkan dalam jaringan ikat walaupun sumbernya dari sel mosedorm sama.

Menurut substansialnya, jaringan darah ini merupakan bagian jaringan penyongkong yang bentuknya air (cairan). Komponen jaringan darah terdiri atas plasma darah, sel-sel darah dan keeping darah (trombosit).
Plasma berperan menyebarkan nutrisi makanan di seluruh penjuruh tubuh, mengangkut hormone membuat zat sisa/ limbah menuju luar tubuh dan mengangkut hormone dll. keeping darah membantu serta mempercepar dari pembekuan darah. Sel darah ini ada dua, yakni sel darah putih dan sel darah merah, tugasnya untuk sel darah putih menjadi penangkal dari gangguan bakteri/ benda asing sementara sel darah merah akan mengedarkan oksigen menuju ke seluruh tubuh.

Baca Juga :  11 Hewan Paling Lambat Di Dunia "Tidak di Sangka No 2"

2. Jaringan Getah Bening (Limfe)

Jaringan getah bening atau dikenal dengan jaringan limfosit tersebut menyebar di seluruh penjuru tubuh lewat pembuluh limfe. Bagian utama pada jaringan getah bening yakni limfosit. Sumbernya limfe/ getah bening ini adalah komponen ketika darah sedang mengalir keluar lewat pembuluh darah atau keluar dari darah tersebut sendiri. Komponen penyusun paling banyak dari jaringan getah benin tersebut yakni tersusun dari cairan (air). Dalam cairan ini mengandung banyak garam garam, zat asam lemak, serta glukosa.
Tugas utama jaringan ini membawa air menuju dalam jaringan, lemak, garam mineral, protein dan sejumlah zat lainnya ke sistem pembuluh darah hingga menyebar di seluruh penjuru tubuh hewan.

3. Jairngan Tulang

Tulang mempunyai fungsi paling penting untuk hewan. Berkat jaringan tulang, maka organ organ bagian dalam jadi bisa terlindung terhadap ancaman dari luar. Tulang pun menjadi tempat menempelnya sejumlah otot terdalam pada tubuh hewan. Artinya, bahwa jaringan tulang ini diklasifikasikan jadi dua golongan yakni tulang spons dan tulang keras.

4. Jaringan Ikat

Komponen utama dari penyusunan jaringan ikat yakni sel-sel, serabut serta mempunyai cairan ekstra seluler. Tugas jaringan ini menghubungkan maupun menyatukan beragam jenis jaringan yang membentuk organ dan juga dari organ inilah maka dibentuk sistem organ. Jaringan ikat dapat menyelimuti organ organ bagian dalam tubuh hwan dan sekaligus untuk melindungi jaringan.
Menurut klasifikasinya, fungsi dan struktur jaringan ikat dikelompokkan menjadi :

  1. Jaringan ikat padat, jaringan ini memang bentuknya dari serabut kolagen pada dengan warna putih. Keberadaannya ada di fasia, tendon, selaput urat, ligament serta selaput pembungkus otot.
  2. Jaringan ikat longgar, jaringan ini ada di dekatnya organ organ, saraf, serta pembuluh darah. Tugas pentingnya yakni menyelimuti sejumlah organ dalam tubuh, pembuluh darah dan syaraf. Komponen penyusun khusu jaringan ikat ini terdiri atas sel sel yang tidak bisa rapat dan matriks. Mattriks dibentuk oleh jaringan ikat longgar mempunyai kandungan serabut lentur dan kolagen.
Baca Juga :  Sistem Reproduksi Hewan Invertebrata dan Susunan Fungsionalnya Terlengkap

5. Jaringan Tulang Rawan

Jaringan tulang rawan ada perbedaannya antara jaringan tulang rawan orang deasa dengan jaringan tulang anak anak. Untuk anak anak sumbernya jaringan ialah mesenkim (embrional). Sementara usia dewasa sumbernya dari perikondrium atau selaput tulang rawan. Porikondrium ini ada banyak sekali kandungan yang terdapat di sejumlah sel yang membentuk tulang rawan atau kondroblas. Tugas utama pada jaringan tersebut yakni mendung rangka tubuh hewan.

Berdasarkan dari klasifikasinya, jaringan kartilago ini dibedakan jadi 3 kelompok, yakni :

  1. Kartilago elastic, komponen warnya penyusun utamanya (matriks) yakni mempunyai kemiripan dengan dominan warna kuning. Jaringan kartilago ada di laring, epiglottis, pembuluh eustakius, dan daun telingan hewan.
  2. Kartilago fibrosa, komponen warnanya yakni hitam (gelap). Letaknya ada di kartilago fibrosa diligamen khusus ditulang, tautan antara tulang di kemaluan kiri dan kanan., ruas tulang belakang serta daerah sendi tulang pinggang. Tugasnya menjadi penguat serta memberikan perlindugan untuk tubuh hewan.
  3. Kartilago hialin, warna penyusun komponenn utama yakni biru bening. Letaknya di cabang batang tenggorokan, cincin tulang rawan, ujung tulang rusuk, dll. tugasnya memudahkan proses pertumbuhan pipa dan memudahkan hewan bernafas.

6. Jaringan Lemak

Dalam dunia dari kedoteran hewan, jaringan lemak disebut dengan jaringan adipose. Lokasinya ada menyebar di seluruh penjuru tubuh hewan. Tugasnya pada jaringan lemak tersebut ialah supaya mendapat cadangan makanan, sehingga lemak yang diperoleh dari makanan akan disimpan di dalam tubuh.

Nah, itu tadi adalah penjelasan tentang jaringan penyokong pada hewan beserta gambarnya. Jadi, jaringan penyokong hewan ini dibagi menjadi enam bagian, dan dari keenam bagian ini mempunyai fungsi dan tugas sendiri guna mengatur dan menjaga keseimbangan hidup tubuh hewan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Sistem Peredaran Darah Reptil : Pengertian dan Fungsinya Lengkap

Baca juga:

/* */