Iris : Pengertian, Bagian-Bagian Dan Fungsinya Terlengkap

Posted on

Pengertian Iris, Bagian-Bagian dan Fungsinya

Iris : Bagian-Bagian Dan Fungsinya – Salah satu bagian tubuh yang penting bagi kita adalah mata. Mata merupakan organ penglihatan yang dapat mendeteksi cahaya kemudian mengubahnya menjadi impuls elektrokimia yang ditransfer pada sel saraf. Anda dapat melihat birunya langit, hijaunya dedaunan, dan lain sebagainya itu disebabkan karena mata anda berfungsi dengan baik. Pada umumnya orang berpendapat bahwa fungsi mata yaitu untuk melihat.

iris mata
iris mata

Akan tetapi jika dipelajari lebih mendalam, maka fungsi mata tidak hanya itu saja melainkan juga sebagai ekspresi emosi yang kita rasakan. Bahkan seseorang yang dapat menilai karakter orang lain dari ciri fisik atau gerak-gerik tubuh, pasti bagian mata yang dapat mengekpresikannya.

Mata tersusun dari berbagai macam bagian atau organ lainnya. Salah satu komponen atau organ penyusun mata adalah iris. Iris merupakan salah satu bagian yang terbilang cukup penting dari komponen mata. Berbentuk seperti cincin yang mengelilingi bulatan kecil yang memiliki warna lebih gelap ditengahnya. Iris adalah bagian dari mata yang memiliki pigmen. Kita sering menjumoai orang yang memiliki mata berwarna coklat atau biru. Orang yang mempunyai mata berwarna coklat biasanya memiliki pigmen yang lebih banyak. Sedangkan orang dengan mata biru atau ringan memiliki pigmen yang sedikit. Berikut beberapa penjelasan mengenai Iris: Bagian-Bagian Dan Fungsinya.

Baca Juga :   Sel Astrosit Pada Otak Manusia : Pengertian, Fungsi, Macam - Macam dan Bagiannya Lengkap

Bagian-bagian iris

Berikut ini beberapa bagian dari iris mata yang perlu anda ketahui.

  • Jaringan ikat
  • Serat otot polos

Fungsi iris

Berikut ini beberapa uraian mengenai penjelasan fungsi iris mata.

  1. Salah satu organ mata yang memiliki fungsi untuk mengendalikan atau mengontrol jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata. Hal ini juga sama ketika mata mendapatkan cahaya dari aperture pada kamera.
  2. Bagian dari dalam mata yang memiliki fungsi sebagai penentu warna pada mata. Terdapat pigmen pada iris mata yang bertugas untuk menentukan warna mata seseorang. Sehingga banyak dari kita memiliki warna mata yang berbeda-beda.
  3. Berfungsi sebagai penghalang yang membagi ruang posterior kecil dengan anterior yang lebih besar.
    Iris mata terletak tepat di depan mata dalam wadah anterior yang berada diantara kristal dan kornea mata. Terdapat beberapa kasus yang mungkin jarang kita jumpai ketika seseorang memiliki cacat iris atau rusak iris kongenital.

Masalah Yang Kerap Terjadi Pada Iris

Ketika hal tersebut terjadi mengakibatkan iris tidak dapat berfungsi dengan benar. Iris mata juga bisa mengalami masalah, misalnya terjadi pada komponen yang mengelilinginya seperti uvea dan retina yang menjadi sakit atau terinfeksi. Berikut ini beberapa masalah yang mungkin terjadi pada iris mata.

  1. Iris mengalami peradangan yang mengakibatkan penglihatan menjadi kabur serta sensitif terhadap cahaya, ini telah menjadi masalah umum pada iris mata yang sebagian orang pernah mengalaminya.
  2. Iridosiklitis yang dapat mempengaruhi iris mata dan tubuh siliaris, masalah ini dapat diobati dengan antibiotik. Akan tetapi jika tidak ada pemeriksaan awal maka dapat menyebabkan buta permanen atau pengurangan penglihatan.
  3. Masalah yang selanjutnya dapat terjadi akan tetapi jarang dialami oleh beberapa orang yaitu Aniridia. Aniridia merupakan penyakit bawaan yang mana iris mata kurang berkembang dan terkadang hanya tepi kecilnya yang berkembang. Pada umumnya masalah ini dimulai selama kehamilan yang disebabkan oleh cacat genetik.
  4. Iris koloboma merupakan masalah iris mata yang disebabkan karena cacat genetik atau kecelakaan yang mana terjadi ketika iris memiliki lubang. Hal ini biasanya membuat pupil mata memiliki bentuk yang berbeda.
  5. Selanjutnya masalah yangtermasuk dari trauma mata yang merusak iris dari bentuk lain kecelakaan. Hal ini termasuk kecelakaan yang merusak iris termasuk ketika mata ditusuk dengan menggunakan benda tajam dan pukulan keras atau bisa juga terkena percikan kembang api.
Baca Juga :   Logam Berat Pada Manusia : Pengertian, Jenis, Manfaat dan Cara Mengindarinya lengkap

Anatomi mata yang saling berhubungan satu sama lain yaitu iris mata dan pupil. Kedua anatomi ini saling berhubungan ketika mata menerima cahaya. Ketika kornea mata menerima cahaya pupil berfungsi sebagai penentu jumlah cahaya yang akan masuk ke dalam mata. Kemudian bukaan pupil akan berubah sering dengan cahaya yang diterimanya. Apabila mata menerima cahaya yang lebih terang, maka pupil akan menyempin untuk mencegah cahaya yang lebih kuat masuk ke bagian dalam mata, sedangkan apabila dalam keadaan gelap pupil akan melebar serta akan menerima banyak cahaya. Nah, pelebaran dan penyempitan dari pupil inilah yang dipengaruhi oleh iris.

Cara Menjaga Iris Agar Tetap Sehat

Agar anda terhindar dari masalah iris mata dan untuk menjaga mata anda agar tetap sehat, maka menjaga kesehatan mata sangat disarankan. Rutin periksa ke dokter dan mengkonsumsi makanan yang sehat, seperti buah dan sayuran yang bermanfaat untuk mata dapat meminimalisir masalah yang akan timbul pada mata. Selain itu, anda juga dapat melakukan beberapa tips atau cara untuk menjaga mata anda agar tetap sehat.

  1. Usahakan jangan membaca ditempat yang cahayanya kurang atau cahaya redup.
  2. Melihat tablet atau PC dalam waktu yang lama juga akan mengakibatkan mata anda lelah, untuk itu sesering mungkin usahakan untuk mengakhirinya beberapa saat agar mata dapat sedikit beristirahat.
  3. Jangan secara langsung melihat cahaya yang terlalu erang, karena dapat merusak mata.
  4. Menggunakan kaca pelindung ketika berada diwilayah yang berdebu, berasap, atau di sekitar daerah yang terkontaminasi dengan bahan kimia.

Nah, itulah beberapa uraian penjelasan mengenai Iris: Bagian-Bagian Dan Fungsinya. Dari sini kita dapat mengetahui betapa pentingnya salah satu organ tubuh ini yaitu mata sebagai organ penglihatan yang memiliki peran cukup penting. Semoga dapat bermanfaat.

Baca Juga :   Organ Reproduksi Laki Laki : Pengertian, Fungsi, Bagian - bagiannya Lengkap

Baca juga: