15 Tumbuhan yang Hidup di Lingkungan Lembab Beserta Gambarnya Lengkap

5 (100%) 1 vote[s]

Tumbuhan yang Hidup di Lingkungan Lembab Beserta Gambarnya

15 tumbuhan yang hidup di lingkungan lembab – disekitar kita, ada berbagai macam klasifikasi tumbuhan yang pasti mempunyai berbagai spesies dan juga karakteristik yang berbeda-beda. Salah satunya kelompok tersebut adalah tumbuhan yang bisa hidup di lingkungan lembab. Tumbuhan ini biasa dikenal dengan istilah higrofit, dan inilah ke 15 tumbuhan yang hidup di lingkungan lembab.

1. Azolla pinnata

Azolla pinata ialah jenis tanaman paku yang kadang hidup di area lembab dan bisa pula dipermukaan air. Tumbuhan ini bisa berkembang dengan vegetative. Cirinya adalah batangnya menyabang-nyabang dan mengambang di air, sementara akarya menembus ke dalam air serta daunnya tumbuh menyelang-nyeling dalam batangnya.

2. Paku sarang burung

Paku sarang adalah jenis tumbuhan yang terpopuler dipakai guna tanaman hias dan masuk dalam kategori dedaunan/ tanpa bunga. Cirinya adalah bagian-bagian daun warnanya hijau akan mengubah menjadi kuning saat terkena paparan sinar matahari secara langsung. Jadi, tidak heran bila tumbuhan sarang paku tersebut bisa berkembang dengan maksimal di lingkungan lembab dan tidak terpapar cahaya matahari langsung.

3. Simbar menjangan

Simbar menjangan dikenal dengan sebutan tumbuhan paku tanduk rusa, sebab bentuknya menyerupai tanduk rusa. Tumbuhan tersebut hidupnya menempel pada tumbuhan lain dengan kokok, tetapi tumbuhan ini tidak mempunyai peran sebagai tumuhan parasite. Batangnya tumbuhan ini lunak tetapi paling sulit jika dipotong.

Baca Juga :  Asam Jawa : Klasifikasi, Deskripsi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Terlengkap

4. Paku ekor kuda

Tumbuhan paku ekor kuda mempunyai struktur yang mirip ekor kuda di bagian ujung batangnya/ cabangnya. Cirinya pada tumbuhan ini antara lain dinding batangnya yang paling keras sebab terkandung silica yang kadang dipakai menjadi bahan ampelas. Tetapi, struktur batangnya tersebut adalah suatu susunan sporofil yang menyusun kerucut. Nah, terkadang tumbuhan paku ekor kuda tersebut dipakai menjadi tanaman hias mengingat unik sekali bentuknya.

5. Semanggi

Tumbuhan semanggi ini terkadang hidup di air dan mempunyai bentuk morfologi khas jadi mudah untuk dikenali. Bentuknya daun tumbuhan ini paying dan menyusun dari 4 buah anak secara berhadapan. Ciri umum tumbuhan semanggi berkembangbiak dengan spora, ada bagian daun yang bertugas melakukan fotosintesis, mempunyai pembuluh akut xylem dan floem, serta tidak menghasilkan bunga.

6. Paku kawat

Paku kawat memiliki struktur seperti kawat, bentuknya sangat unik sehingga tanaman ini dipakai menjadi tanaman hias di sekitar rumah ataupun bisa dipakai menjadi hiasan dalam karangan bunga. Ciri tumbuhan ini mempunyai (akar, daun dan batang sejati), tumbuhnya secara tegak menjulang keatas, bentuk daunnya mirip jarum dan tumbuhan ini mempunyai rizoma horizontal.

7. Suplir

Tumbuhan yang hidup dilingkungan lembab berikutnya suplir. Ciri umum suplir hidupnya menggerombol, mempunyai struktur lengkap (akr, batang daun), bagian akar tipenya menyerabut dan mempunyai batang dengan bercabang banyak serta mempunyai daun makrofil.

8. Paku resam

Tumbuhan paku resam pada umumnya mempunyai ukuran lumayan besar dan sering dijumpai di daerah tebing pengunungan. Meskipun sering dianggap menjadi tanaman gulma mauoun tumbuhan liar, ternyata tumbuhan resam tersebut mempunyai banyak sekali manfaat untuk lingkungan di sekitarnya. Tumbuhan ini juga kerap dipakai menjadi tanaman hias disekeliling rumah.

Baca Juga :  Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Tumbuhan : Pengertian Beserta Faktornya Terlengkap

9. Kemunting

Ciri-ciri tumbuhan kemunting diantaranya berbentuk oval, mempunyai bunga tunggal, mempunyai buah berbentuk lonjong dan tumbuhan ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatannya manusia, seperti memperlancar peredaran darah manusia dan berbagai penyakit lainnya.

10. Daun ungu

Daun ungu adalah tumbuhan yang kadang tumbuh di papua dan polinesia tersebut mempunyai sebutan sendiri dikalangan masyarakat Indonesia. Cirinya berbatang kayu, beruas, daunnya ungu dan permukaannya licin. Tumbuhan ini mempunyai karakteristik majemuk keluar pada ujung batang. Dan ternyata daun ini mempunyai banyak sekali khasiatnya bagi tubuh manusia.

11. Lumut hati

Lumut ini tumbuh dan berkembang di daerah lembab. Ia mempunyai bentuk khas dan mempunyai lekukan-lekukan menyerupai hati yang terdiri atas 2 lobus, sama halnya pada hati hewan. Pertumbuhan lumut hati ini masih terbatas ketika fase sporofit sebab belum mempunyai jaringan maristematik.

12. Lumut tanduk

Tumbuhan lumut tanduk sebenarnya mempunyai kemiripan pada lumut hati, tetapi sporofit tumbuhan ini berbentuk memanjang yang tumbuh layaknya tanduk gametofit. Untuk perkembangbiakannya paling mirip dengan cara membentuk anteridium & arkegonium mengumpul dam sisi atas talus. Tumbuhan tanduk kadang tumbuh di pinggir selokan, sungai dan ditepi jalan basah serta lembab.

13. Lumut daun

Tumbuhan lumut daun dikenal dengan sebutan lumut sejati. Hanya saja yang membedakan dengan lumut lainnya ialah sebuah fakta bahwa pada daunnya bisa tumbuh dari pusat tengah bagian lumut itu. Lumut ini mempunyai kemampuan menyerap air yang luar biasa.

14. Dedalu

Tumbuhan dedalu ini dasarnya adalah tumbuhan parasite yang dapat hidup dengan menumpang pada batang tumbuhan lainnya sebab bagian akar tumbuhan dedalu tersebut akan masuk dalam batang tumbuhan lainnya dan bisa menyerap makanan yang dipunyai tumbuhan lain itu.

Baca Juga :  Kultur Jaringan : Pengertian, Keunggulan, Tahapan, dan Teknik Terlengkap

15. Bakau

Tumbuhan bakau adalah tumbuhan yang terkadang tumbuh di rawa-rawa dan juga di lingkungan dengan kadar garam tinggi dan terendam air ataupun lumpur. Tumbuhan bakau tersebut secara visual paling mudah dikenal sebab tumbuhan tersebut mempunyai ciri mencolok, yakni adanya akar tunjang dengan menyembul bagian batang bawah. Nah, fungsi pada akar bakau tersebut pada dasarnya guna memperkokoh cengkeram pohon supaya tidak rebah dan menjadi alat pernapasan.

Nah, sekarang kalian sudah mengetahui bukan tumbuhan apa saja yang hidup di lingkungan lembab. Semoga daftar ke 15 tumbuhan yang hidup di lingkungan lembab ini dapat menambah wawasan kalian guna memperlajari ilmu alam lebih lanjut!

Baca juga:

/* */